BERITA UMUM Selain Buat Slide PPT, Google Slide Punya Kelebihan Apa Saja? Berikut Jawabannya!

Selain Buat Slide PPT, Google Slide Punya Kelebihan Apa Saja? Berikut Jawabannya!

Oleh Vincentius Dimas | Minggu, 19 Mei 2024

Selain Buat Slide PPT, Google Slide Punya Kelebihan Apa Saja? Berikut Jawabannya!

Siapa bilang Google Slide hanya digunakan untuk membuat slide presentasi saja? Berikut kelebihan lainnya!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Google Slide bukan hanya alat untuk membuat presentasi atau PPT sederhana. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan konten digital yang semakin kompleks, Google Slide menawarkan berbagai fitur yang jauh lebih luas dari sekadar membuat presentasi. Mari simak apa saja kelebihan lainnya dalam artikel berikut!

Baca Juga : Mengintip Dunia Programmer, Apa yang Tidak Dikatakan di Kampus!

7. Kelebihan Google Slide

Google Slide seringkali dipandang sebagai alat utama untuk membuat presentasi slide. Tapi tahukah kamu kalau platform tersebut sebenarnya memiliki kelebihan seperti membuat infografis bahkan kuis interaktif sekalipun? Berikut beberapa kelebihan lainnya:

1. Slide Presentasi Interaktif

Salah satu kelebihan utama Google Slide adalah kemampuannya untuk membuat slide presentasi interaktif. Fitur ini memungkinkan presentasi menjadi lebih menarik dan dinamis. Dengan menambahkan elemen interaktif seperti tautan, animasi, dan transisi, kamu dapat membuat audiens tetap terlibat dan fokus pada materi yang disampaikan. Misalnya, kamu dapat menambahkan tombol navigasi yang memungkinkan audiens berpindah ke slide tertentu sesuai kebutuhan mereka, atau menyertakan video dan audio langsung di dalam slide untuk menambah variasi konten.

2. Kuis Interaktif

Selain untuk presentasi, Google Slide juga bisa digunakan untuk membuat kuis interaktif. Dengan menggunakan fitur tautan dan bentuk (shapes), kamu bisa membuat pilihan ganda, benar/salah, atau jenis soal lainnya yang dapat direspon langsung oleh audiens. Kuis interaktif ini dapat digunakan dalam berbagai situasi, seperti dalam sesi pelatihan, workshop, atau bahkan di dalam kelas untuk menguji pemahaman siswa secara real-time. Kombinasi antara Google Slide dengan Google Forms juga memungkinkan pengumpulan dan analisis data respon dengan lebih efisien.

3. Infografis

Google Slide juga sangat berguna dalam pembuatan infografis. Dengan berbagai pilihan bentuk, ikon, dan alat desain yang tersedia, kamu dapat membuat infografis yang informatif dan menarik tanpa memerlukan software desain grafis yang kompleks. Template yang disediakan Google Slide mempermudah proses pembuatan dengan menyediakan kerangka dasar yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Infografis yang dihasilkan dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti laporan, artikel blog, media sosial, dan lain-lain.

Dok. Istimewa: Google Slide - Gamelab.ID

4. Membuat Kelas Virtual

Dalam era digital ini, kelas virtual menjadi semakin penting. Google Slide memfasilitasi pembuatan kelas virtual yang interaktif dan mudah diakses. Dengan mengintegrasikan Google Slide ke dalam platform pembelajaran seperti Google Classroom, kamu dapat membuat materi pembelajaran yang komprehensif dan menarik. Fitur kolaborasi real-time memungkinkan guru dan siswa untuk berinteraksi secara langsung, memberikan umpan balik, dan mengerjakan tugas bersama-sama. Ini membantu menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan responsif.

5. Aksesibilitas Online

Salah satu keunggulan Google Slide adalah aksesibilitasnya yang tinggi. Karena berbasis web, Google Slide dapat diakses dari mana saja dan kapan saja selama terhubung dengan internet. Ini sangat memudahkan bagi tim yang bekerja secara remote atau bagi individu yang sering bepergian. Selain itu, Google Slide kompatibel dengan berbagai perangkat, termasuk komputer, tablet, dan smartphone, sehingga memudahkan pengguna untuk mengedit dan melihat presentasi mereka di perangkat apapun. Fitur kolaborasi juga memungkinkan beberapa pengguna untuk bekerja pada dokumen yang sama secara bersamaan, meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

6. Penyimpanan Otomatis

Google Slide memiliki fitur penyimpanan otomatis yang sangat berguna. Setiap perubahan yang kamu buat akan disimpan secara otomatis di Google Drive, sehingga kamu tidak perlu khawatir kehilangan pekerjaan akibat lupa menyimpan atau gangguan teknis. Fitur ini memberikan rasa aman dan nyaman, terutama saat bekerja pada proyek penting dengan deadline yang ketat. Selain itu, versi revisi sebelumnya juga dapat diakses, sehingga kamu bisa melacak perubahan dan mengembalikan ke versi sebelumnya jika diperlukan.

7. Template dan Tema

Google Slide menawarkan berbagai template dan tema yang dapat membantu kamu membuat presentasi yang menarik dan profesional dengan cepat. Template ini mencakup berbagai jenis presentasi, mulai dari bisnis, pendidikan, hingga kebutuhan kreatif lainnya. Dengan menggunakan template yang sudah ada, kamu dapat menghemat waktu dan usaha dalam mendesain slide dari awal. Tema yang konsisten juga membantu menjaga keselarasan visual dan branding dalam presentasi kamu, sehingga lebih mudah untuk diikuti dan dipahami oleh audiens.

Sekarang kamu sudah tahu kelebihan yang dimiliki Google Slide, kan? Buat kamu sekarang penerima manfaat Kartu Prakerja dan mempunyai niat belajar lebih mengenai Google presentation, kamu bisa ikuti kelas Membuat Slides Interaktif Menggunakan Google Slides di Gamelab Indonesia. Segera daftar dan dapatkan ilmu praktisnya dari expert trainer Gamelab Indonesia!


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Minggu, 19 Mei 2024

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI