BERITA SMK SMKN 1 Pasirkuda Berkomitmen Cetak Lulusan Kompeten Lewat UKK OTKP bersama GAMELAB

SMKN 1 Pasirkuda Berkomitmen Cetak Lulusan Kompeten Lewat UKK OTKP bersama GAMELAB

Oleh Vincentius Dimas | Senin, 3 Juni 2024

SMKN 1 Pasirkuda Berkomitmen Cetak Lulusan Kompeten Lewat UKK OTKP bersama GAMELAB

SMKN 1 Pasirkuda dan GAMELAB bekerja sama untuk mengadakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) OTKP. Mari ketahui lebih lanjut apa itu UKK dalam artikel berikut.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Di era globalisasi yang kompetitif, dunia kerja menuntut tenaga kerja yang terampil dan kompeten sesuai dengan bidangnya. SMK sebagai sekolah yang berfokus pada pendidikan vokasi dituntut untuk menghasilkan lulusan yang siap kerja dan mampu memenuhi kebutuhan industri. Dalam hal ini, Uji Kompetensi Keahlian (UKK) bersama industri menjadi langkah strategis untuk memastikan kualitas lulusan SMK.

Menanggapi hal tersebut, SMKN 1 Pasirkuta menunjukkan langkah tepat dengan menyelenggarakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Otomotif Kendaraan Ringan dan Berat (OTKP) bersama GAMELAB pada tanggal 16 - 19 April 2024. Kolaborasi ini merupakan wujud nyata komitmen SMKN 1 Pasirkuta dalam mempersiapkan lulusannya menjadi tenaga kerja yang kompeten dan siap bersaing di dunia kerja. Mari simak pentingnya UKK dan benefitnya bersama GAMELAB!

Mengenal UKK

Di Indonesia, Uji Kompetensi Keahlian (UKK) merupakan komponen penting dalam sistem pendidikan SMK. UKK berfungsi sebagai alat ukur kualitas pendidikan dan tingkat kompetensi yang diperoleh siswa selama masa belajar di SMK. Biasanya, UKK dilaksanakan di kelas 12, di akhir masa studi, dan menjadi salah satu syarat kelulusan bagi siswa SMK.

Bentuk UKK sendiri adalah ujian praktik kejuruan yang wajib diikuti oleh semua siswa SMK. Dalam ujian ini, siswa akan dihadapkan pada berbagai situasi dan tugas yang relevan dengan bidang keahlian mereka. Tujuannya adalah untuk mengukur kemampuan dan keterampilan yang telah mereka pelajari selama masa pendidikan, serta menilai kesiapan mereka untuk terjun ke dunia kerja.

Dok. Istimewa: UKK OTKP - Gamelab.ID

Benefit UKK bersama GAMELAB

Kerja sama antara sekolah dan industri menjadi kunci utama dalam pendidikan masa kini untuk mencetak lulusan yang siap kerja dan kompeten. UKK yang diiringi dengan kolaborasi ini memberikan banyak manfaat signifikan bagi siswa, sekolah, dan industri. Berikut beberapa benefitnya:

Manfaat bagi Siswa

  • Penilaian Kemampuan: UKK membantu peserta didik memahami dan mengukur tingkat penguasaan mereka dalam bidang keahlian tertentu.
  • Sertifikat Nasional: Peserta didik yang berhasil lulus UKK akan mendapatkan sertifikat kompetensi nasional yang diakui secara resmi, sebagai bukti nyata kemampuan mereka.
  • Sertifikasi Cepat: UKK mempercepat proses sertifikasi kompetensi, memungkinkan peserta didik memperoleh sertifikat lebih cepat dibandingkan metode lain.

Manfaat bagi Sekolah

  • Meningkatkan Kualitas Lulusan: UKK membantu sekolah meningkatkan kualitas lulusannya dengan memastikan kompetensi mereka sesuai standar dan kebutuhan industri.
  • Memperkuat Jalinan Industri: UKK memperkuat hubungan sekolah dengan dunia usaha dan industri, membuka peluang magang dan penempatan kerja bagi para peserta didik.

Keunggulan UKK dengan GAMELAB

  • Materi UKK Relevan: Materi UKK disusun berdasarkan skema sertifikasi terbaru, memastikan kemampuan peserta didik sesuai standar dan kebutuhan industri.
  • Ujian Berbasis Komputer: Ujian UKK dilakukan secara online melalui sistem manajemen pembelajaran (LMS) GAMELAB, menjadikan proses UKK lebih efisien, modern, dan mudah diakses.

Dok. Istimewa: Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran - Gamelab.ID

Tentang SMKN 1 Pasirkuda

SMKN 1 Pasirkuda adalah sekolah menengah kejuruan negeri yang terletak di Cianjur. Sekolah ini berkomitmen untuk memberikan pendidikan vokasi berkualitas tinggi bagi para siswanya, dan memiliki keyakinan kuat bahwa melalui kerja sama yang erat dengan berbagai industri dapat memberikan pengalaman praktis serta pengetahuan terkini yang relevan. Dengan begitu, para siswa tidak hanya unggul dalam bidang yang mereka pelajari, tetapi juga siap untuk langsung terjun ke dunia kerja dengan keterampilan dan kompetensi yang dibutuhkan oleh industri saat ini.

Dok. Istimewa: SMKN 1 Pasirkuda - Gamelab.ID

Baca Juga : Meningkatkan Kualitas Lulusan, SMK Negeri 4 Rejang Lebong UKK MPLB bersama Gamelab Indonesia

Menjadi SMK Binaan GAMELAB

GAMELAB telah menunjukkan dedikasinya sebagai mitra terpercaya dalam mencetak talenta industri unggul sejak tahun 2011. Dedikasi ini dibuktikan dengan kerja sama strategis yang telah terjalin dengan berbagai pihak, seperti pemerintah, sektor swasta, dan lebih dari 500 SMK dan perguruan tinggi. Bagi sekolah yang tertarik untuk bergabung dengan program SMK Binaan GAMELAB, berikut beberapa ketentuan mengenai kompetensi keahlian yang tersedia:

  • Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim (PPLG)
  • Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
  • Multimedia (MM)
  • Desain Komunikasi Visual (DKV)
  • Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)
  • Bisnis Daring Pemasaran (BDP)
  • Otomatisasi & Tata Kelola Perkantoran (OTKP)
  • Akuntansi Keuangan dan Lembaga (AKL)

Hai para sekolah SMK di seluruh Indonesia! Saatnya kita persiapkan masa depan siswa-siswi dengan lebih baik. Kebutuhan industri terus berkembang dan berubah, sehingga pendidikan dan industri perlu bekerja sama untuk mencapai visi DUDIKA. Hubungi kami di sini untuk informasi lebih lanjut.


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Senin, 3 Juni 2024

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI