BERITA KUNJUNGAN INDUSTRI SMKS Al Mamun Raih Pengalaman Langsung di Industri Game melalui Kunjungan Industri ke GAMELAB

SMKS Al Mamun Raih Pengalaman Langsung di Industri Game melalui Kunjungan Industri ke GAMELAB

Oleh Vincentius Dimas | Senin, 10 Juni 2024

SMKS Al Mamun Raih Pengalaman Langsung di Industri Game melalui Kunjungan Industri ke GAMELAB

SMKS Al Mamun Kunjungan Industri ke PT. Educa Sisfomedia Indonesia. Lewat kegiatan ini, mereka memperoleh pengetahuan baru melalui seminar industri, berdiskusi dengan expert industri, serta eksplorasi karya Educa dan GAMELAB.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Di era modern ini, kemajuan teknologi dan pergeseran industri bagaikan ombak yang tak henti-hentinya bergerak dengan kecepatan tinggi. Untuk mengarungi ombak perubahan ini, Kunjungan Industri menjadi perahu penyelamat bagi para siswa SMK dalam memperbarui pengetahuan dan menyesuaikan diri dengan kebutuhan industri terkini. Tak hanya itu, kegiatan ini juga membuka gerbang peluang bagi mereka untuk menjalin koneksi dengan para profesional di bidang keahlian mereka, bagaikan menyapa para navigator handal yang siap membimbing mereka menuju arah yang tepat.

Menyadari pentingnya pengetahuan dan teknologi terkini dalam industri kreatif dan digital, SMKS Al Mamun berlayar ke GAMELAB pada tanggal 10 Juni 2024. Para siswa kompetensi keahlian RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) menjadi awak kapal yang antusias dalam pelayaran ini. Tujuannya tak lain untuk mendapatkan pengalaman langsung dalam dunia industri kreatif dan digital, mempelajari proses pengembangan game yang seru, serta memperluas wawasan dan pengetahuan mereka tentang teknologi terbaru yang digunakan dalam industri tersebut.

Seminar Industri

Setibanya di GAMELAB, antusiasme para siswa SMKS Al Mamun langsung meledak saat mereka mengikuti Seminar Industri yang dipandu oleh Kak Nia yang energik. Seminar ini dirancang untuk membekali para siswa dengan pengetahuan mendalam tentang seluk beluk industri game dan animasi, khususnya di PT Educa Sisfomedia Indonesia. Di sesi ini, Kak Nia dengan penuh semangat, menjabarkan visi, misi, dan budaya kerja perusahaan serta kebutuhan dan keterampilan yang dicari dalam industri yang dinamis ini.

Lebih dalam lagi, Kak Nia juga mengajak para siswa menjelajahi konsep dan proses produksi terbaru yang diterapkan dalam industri game dan animasi. Selain itu, beliau juga membagikan studi kasus yang menarik, memberikan gambaran nyata tentang berbagai tantangan, dan pencapaian yang dihadapi industri kreatif ini. Melalui kisah-kisah inspiratif tersebut, Kak Nia berharap para siswa SMKS Al Mamun dapat membuka mata mereka terhadap peluang dan prospek yang menjanjikan di dunia game dan animasi.

Dok. Tim GAMELAB: Seminar bersama Kak Nia - Gamelab.ID

Diskusi bersama Expert Trainer

Setelah mengikuti seminar, para peserta Kunjungan Industri di GAMELAB mengikuti sesi diskusi daring yang dipandu oleh Kak Candra, seorang expert trainer. Sesi ini memberikan kesempatan emas bagi para siswa SMKS Al Mamun untuk mendalami dunia industri game dan animasi. Selain itu, Kak Candra juga menjelaskan secara rinci setiap langkah dalam proses produksi, mulai dari tahap perencanaan hingga peluncuran produk akhir.

Proses produksi tersebut dibagi menjadi lima tahap utama: perencanaan, desain, pengkodean, pengujian, dan peluncuran produk. Melalui sesi inilah, para peserta diharapkan dapat memahami fokus utama industri dalam menciptakan produk game dan animasi. Lalu, mereka juga mendapatkan pengetahuan praktis yang dapat diterapkan dalam mengejar karier di bidang pilihan mereka.

Dok. Tim GAMELAB: Diskusi bersama Expert Trainer - Gamelab.ID

Explorasi Karya Educa dan GAMELAB

Tibalah puncak acara Kunjungan Industri di GAMELAB yang dinanti-nantikan, yaitu sesi Eksplorasi Karya Game VR dan Animasi. Momen istimewa ini mengantarkan para siswa SMKS Al Mamun pada petualangan seru di dunia virtual reality (VR) yang memukau. Karya-karya Educa Studio menjadi gerbang menuju dimensi digital yang penuh keajaiban, membuka mata mereka terhadap potensi luar biasa dari teknologi VR. Tak hanya itu, mereka juga dimanjakan dengan berbagai hasil karya animasi yang dihasilkan oleh para peserta Program Magang/PKL dan Kelas Industri di GAMELAB.

Sesi eksplorasi ini bagaikan wahana hiburan yang tak terlupakan, menghadirkan pengalaman bermain yang imersif dan membangkitkan rasa takjub para peserta. Lebih dari itu, sesi ini menjadi wadah untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang keterampilan dan inovasi yang mendasari industri animasi dan game. Selain itu, siswa SMKS Al Mamun juga diajak untuk menyelami proses kreatif di balik layar, mengamati detail-detail rumit, dan mengagumi kualitas karya yang dihasilkan oleh para profesional di industri.

Dok. Tim GAMELAB: Eksplorasi Karya Industri - Gamelab.ID

Tentang SMKS Al Mamun

SMKS Al Mamun adalah sebuah sekolah kejuruan yang memiliki visi untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, beragama, mandiri, profesional, sehat, kreatif, inovatif, produktif, sadar lingkungan, taat hukum, dan bermoral mulia. Misi sekolah ini adalah untuk mengembangkan lembaga pendidikan yang inovatif, representatif, dan adaptif yang terbuka terhadap hal-hal baru dan bermanfaat. Sekolah ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas siswanya agar menjadi profesional di bidangnya masing-masing.

Dok. Tim GAMELAB: SMKS Al Mamun - Gamelab.ID

Baca Juga : SMK Miftahul Huda Siap Hadapi Industri Masa Depan dengan Kunjungan ke Gamelab Indonesia

Tentang PT. Educa Sisfomedia Indonesia

Selama 13 tahun berkarya, PT. Educa Sisfomedia Indonesia telah memantapkan posisinya sebagai pelopor dalam bidang pendidikan dan teknologi digital di Tanah Air. Kegigihan dan inovasi kami telah menghasilkan tiga unit bisnis utama yang saling bersinergi: Educa Studio, GAMELAB, dan Educa Academy. Semangat kami bersatu padu di bawah satu visi yang mulia yakni memajukan sektor pendidikan Indonesia melalui pemanfaatan teknologi digital yang canggih dan relevan.

GAMELAB membuka gerbangnya lebar-lebar bagi para generasi muda untuk menjelajahi dunia kreatif melalui berbagai program yang ditawarkan, seperti magang, pelatihan prakerja, kelas industri, program Teacher Factory (TeFa), Uji Kompetensi Keahlian (UKK), dan Bootcamp. Di sisi lain, Educa Studio menghadirkan keceriaan dan pembelajaran bagi anak-anak melalui game edukatif dan animasi kreatif seperti Marbel (Mari Belajar), Kabi (Kisah Teladan Nabi), Kolak (Lagu Anak Indonesia), dan Riri Cerita Anak Interaktif. Tak lupa, Educa Academy hadir untuk membekali para pendidik dengan pelatihan dan pengembangan kompetensi yang dibutuhkan untuk mencetak generasi penerus bangsa yang gemilang.

Mari bersama-sama kita wujudkan mimpi membangun generasi muda Indonesia yang kreatif, inovatif, dan siap menjadi pemimpin masa depan. Kunjungan Industri ke GAMELAB adalah kesempatan emas untuk membuka pintu gerbang peluang bagi para siswa SMK. Hubungi kami sekarang juga untuk informasi lebih lanjut, dan jadilah generasi muda hebat yang siap mengantarkan Indonesia menuju masa depan yang gemilang!


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Senin, 10 Juni 2024

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI