BERITA SMK SMK Jurusan Desain Komunikasi Visual : Tuangkan Idemu Secara Visual

SMK Jurusan Desain Komunikasi Visual : Tuangkan Idemu Secara Visual

Oleh Gamelab.Id | Jumat, 11 Desember 2020

SMK Jurusan Desain Komunikasi Visual : Tuangkan Idemu Secara Visual

Desain Komunikasi Visual (DKV) merupakan cabang ilmu desain yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif dengan memanfaatkan elemen-elemen visual untuk menyampaikan pesan.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Desain Komunikasi Visual (DKV) merupakan cabang ilmu desain yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif dengan memanfaatkan elemen-elemen visual untuk menyampaikan pesan. Pesan tersebut tentunya disampaikan dengan tujuan tertentu, misalnya untuk menyampaikan informasi atau tujuan persuasi yang dapat mempengaruhi perilaku seseorang. Saat ini DKV tidak hanya ada di jenjang perguruan tinggi. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pun sudah menyediakan Kompetensi Keahlian Desain Komunikasi Visual. Desain Komunikasi Visual (DKV) merupakan salah satu Kompetensi Keahlian dari Program Keahlian Seni Rupa pada Bidang Keahlian: Seni dan Industri Kreatif. Untuk memahami lebih jauh tentang SMK Jurusan Desain Komunikasi Visual, silakan simak artikel ini hingga selesai.

Mengenal SMK Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV)

Pada proses pembelajaran 3 tahun, para siswa SMK Jurusan Desain Komunikasi Visual memfokuskan diri pada keahlian di bidang DKV. Tujuan utama dari SMK adalah agar siswanya bisa cepat bekerja setelah lulus, sehingga penekanan materi pembelajaran lebih kepada keahlian teknis, yaitu membuat sebuah karya desain. Siswa akan difokuskan pada penguasaan sebuah software desain, seperti CorelDraw, Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, dan sebagainya. Berikut adalah beberapa mata pelajaran yang akan diajarkan pada SMK Jurusan Desain Komunikasi Visual :

  • Dasar-dasar Seni Rupa
    Materi pokok mata pelajaran ini adalah membahas mengenai unsur-unsur yang digunakan untuk mewujudkan sebuah karya seni rupa. Unsur-unsur ini diantaranya antara lain adalah titik, garis, bidang, bentuk, ruang, warna, tekstur, dan gelap terang. Titik adalah unsur seni rupa yang paling dasar.
  • Gambar
    Mata pelajaran ini membekali siswa dengan teknik, media, dan alat yang digunakan untuk menggambar sesuai jenis gambar yang dibuat.
  • Sketsa
    Materi pokok pada mata peajaran ini adalah tentang pengertian, jenis, sejarah awal, perkembahan, dan tokoh seniman sketsa.
  • Desain Publikasi
    Desain publikasi akan mempelajari tentang bagaimana merancang hingga membuat konsep karya desain publikasi baik indoor maupun outdoor.  Siswa juga akan dibekali bagaimana mempresentasikan konsep dasar branding dan komunikasi pemasaran dengan desain publikasi, hingga menghitung biaya produksi desain.
  • Komputer Grafis
    Pada mata pelajaran Komputer Grafis siswa akan diajarkan untuk mengolah gambar secara digital dengan bantuan software- software yang ada untuk menghasilkan gambar-gambar yang menarik sesuai imajinatif kreatif para desainer. Siswa akan diajarkan dan dilatih menguasai tools-tools dari sebuah software desain, sehingga siswa bisa segera memahami tools yang akan digunakan dalam membuat sebuah karya desain.
  • Fotografi
    Pada mata pelajaran Fotografi ini siswa akan dikenalkan dengan berbagai macam jenis kamera, teknik penggunaan kamera, hingga mempresentasikan hasil karya fotografi. Siswa juga akan diajarkan bagaimana fotografi bisa menjadi sarana untuk menyampaikan informasi atau pesan sehingga selain menggunakan prinsip dan teknik secara estetika fotografi juga terdapat strategi untuk menyampaikan pesan tersebut.
  • Videografi
    Materi pokok pada mata pelajaran ini adalah bagaimana mempresentasikan konsep dan kegunaan videografi dalam Desain Komunikasi Visual, memahami proses dan teknik videografi hingga mempresentasikan hasil karya videografi. Secara teknis, siswa akan dibekali agar mampu berkarya videografi (membuat scenario iklan/film indie, storyboard, shooting/pengambilan gambar produksi, editing-dubing-pemberian animasi dan melakukan pasca produksi). Selain itu juga membekali peserta didik agar mampu melaksanakan editing video dengan software yang ada misalnya adobe premier,pinnacle dan corel video studio
Baca Juga : Memperkaya Ilmu Digital Accounting, SMK Gema Nusantara Melaksanakan UKK bersama Gamelab Indonesia

Peluang Kerja SMK Jurusan Desain Komunikasi Visual

Dengan bekal pengetahuan dan keterampilan yang sudah didapat, berikut adalah peluang kerja untuk para lulusan SMK Jurusan Desain Komunikasi Visual :

  • Graphic Designer
    Seorang graphic designer bertanggung jawab atas tampilan pada media promosi suatu produk. Tugasnya adalah mulai dari menciptakan ilustrasi, tipografi, fotografi, atau grafis motion baik untuk penerbit maupun media cetak dan elektronik.
  • Videographer
    Serorang videograper bertugas untuk merekam gambar. Selain itu videografer juga bertugas mengarahkan, menyunting video, hingga mengatur suara.
  • Photographer
    Tanggung jawab seorang fotografer adalah mengambil gambar untuk barang yang dicetak atau barang pameran, mengabadikan peristiwa, mengirimkan pesan kepada masyarakat melalui gambar atau objek yang di foto.
  • Advertising
    Advertising menyediakan jasa pembuatan konsep,design percetakan serta penempatan iklan, tergantung dengan jenis usaha advertising. Lulusan Desain Komunikasi Visual sangat tepat untuk bekerja di perusahaan advertising ini.
  • Wirausaha / freelancer
    Lulusan SMK Jurusan Desain Komunikasi Visual tidak harus bekerja di sebuah perusahaan tertentu, mereka bisa berwirausaha dangan menjadi freelancer desain grafis, ilustrator, fotografer, animator, web designer, dan lain-lain.

Berbekal pendidikan selama 3 tahun, SMK Jurusan Desain Komunikasi Visual akan membentuk tenaga profesional di bidangnya. Dengan mempelajari gabungan antara komunikasi dengan unsur estetika, jurusan ini juga tepat untuk mereka yang suka menggambar secara manual atapun menggunakan perangkat lunak desain grafis, fotografi, videografi, serta membuat animasi. SMK Jurusan Desain Komunikasi Visual, tuangkan idemu melalui obyek visual yang menarik.

Nah, dengan slogan "SMK Bisa!", siswa dipersiapkan agar kapabel, kompetitif dan siap kerja. Siswa SMK tidak hanya disuguhkan teori, akan tetapi juga praktek lapangan sesuai dengan bidang kejuruannya. Kami dari GAMELAB memiliki berbagai program kerjasama dengan SMK seperti pelatihan guru, pelatihan siap kerja, magang, kelas industri dan job matching. Adapun kami telah bekerja sama dengan lebih dari 30 SMK di seluruh Indonesia. Silakan jika SMK Anda berminat untuk kerjasama dengan kami, email ke support@gamelab.id atau WhatsApp ke https://wa.me/6281232596412

 

Sumber : 

https://www.blog.pixelninja.id/2018/11/kelebihan-smk-jurusan-dkv-dibanding-s1/

https://www.markombur.com/2020/03/mata-pelajaran-jurusan-desain.html

https://www.rimma.co/wp-content/uploads/2019/05/1-1.jpeg


Gamelab.Id

Gamelab.Id

Jumat, 11 Desember 2020

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI