BERITA KISAH SUKSES Kisah Sukses Andika Eka Putra Menyelesaikan Game Pertama

Kisah Sukses Andika Eka Putra Menyelesaikan Game Pertama

Kisah Sukses Andika Eka Putra Menyelesaikan Game Pertama

Bagaimana Andika Eka Putra seorang mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika mendapatkan pengalaman menyelesaikan game pertamanya?

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Andika Eka Putra adalah seorang mahasiswa fakultas Teknik Informatika Universitas Bina Sarana Informatika. Mungkin tidak pernah terpikirkan oleh Andika untuk bisa menyelesaikan game pertamanya ketika masih di bangku kuliah. Pengalaman berharga tersebut didapatkan ketika magang. Mari kita simak bagaimana Andika belajar membuat game dan menyelesaikan game pertamanya. 

Kondisi pandemi membuat saya harus mencari perusahaan yang menyediakan magang online

Bagaimana Anda mengetahui GAMELAB dan memutuskan untuk magang di sana?

Saya mulai magang ketika pandemi COVID-19 mulai merebak di Indonesia. Ketika itu, saya tetap harus memenuhi kewajiban saya sebagai mahasiswa yaitu menyelesaikan kegiatan magang. Sempat bingung, karena susah sekali mencari tempat magang secara online. 

Waktu browsing lewat google, ketemulah GAMELAB.ID yang ternyata sudah lama menyediakan magang secara online. Saya juga baru tahu ternyata GAMELAB diciptakan oleh Educa Studio, sebuah perusahaan yang keren dan mendapatkan banyak penghargaan baik nasional maupun internasional. Saya menjadi semakin yakin lagi, ternyata sistem magang online ini sudah berjalan sejak tahun 2018. 

Bagaimana Anda menjalani keseharian selama magang online?

Saya mengambil akademi game programming di GAMELAB. Kemudian saya mendapatkan materi pelatihan salah satu game engine yaitu Phaser JS. Selesai mempelajari game engine Phaser, trainer meminta saya untuk mengerjakan sebuah proyek game yang berbasis Phaser JS juga. 

Setiap hari saya melakukan browsing dan latihan untuk uji coba komponen-komponen yang dibutuhkan. Trainer memberikan studi kasus yang cukup menantang. Walaupun ide gamenya sederhana tetapi ternyata tidak mudah juga proses pembuatan kode programnya. 

Saya diharuskan mengisi kode program hanya di 2 bagian yaitu create dan update. Awalnya saya ragu, ternyata hal tersebut malah membantu saya untuk memahami berbagai komponen penting di dalam sebuah game. Membangun mekanik game yang lengkap dan dapat dimainkan secara utuh oleh pemain.

Senang sekali proyek saya di approve oleh trainer dan menjadi kontribusi positif untuk perusahaan

Game Onet yang dikerjakan Andika untuk Educa Studio

Bagaimana kesan yang kamu rasakan magang di GAMELAB?

Magang di GAMELAB sangat menantang. Walaupun online, trainer sangat responsif di sela-sela pekerjaan mereka. Saya juga mendapatkan peningkatan skill melalui berbagai tahapan. Saya diberikan modul yang lengkap tentang game engine, kemudian saya juga diberikan whatsapp group untuk bisa langsung bertanya jika ada kesulitan. 

Tugas yang diberikan juga sesuai dengan ekspektasi. Saya sempat khawatir apakah saya diminta untuk mengerjakan proyek yang sangat rumit di luar kemampuan saya, atau malah saya hanya diberikan proyek sebagai formalitas. Ternyata tidak, proyek yang diberikan kepada saya sesuai dengan kemampuan dan memberikan banyak pengalaman.

Kebetulan ini adalah pengalaman saya membuat game. Pengalaman ini berkesan sekali karena saya bisa menyelesaikan game pertama saya dengan baik. 

Apa pesan-pesan kamu untuk pemula di bidang games?

Terus berusaha, jangan mudah menyerah, perkuat jaringan sesama programmer, terus berinovasi dan terus berkarya. Mungkin ngoding kadang buat kita frustasi, tapi itu merupakan salah satu hal yg harus dinikmati saat ngoding menurut saya. 


Gamelab Indonesia

Gamelab Indonesia

Selasa, 15 Desember 2020

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI