BERITA KELAS INDUSTRI Mengenal Kelas Industri di SMK dan IDUKA

Mengenal Kelas Industri di SMK dan IDUKA

Oleh Gamelab.id | Jumat, 18 Desember 2020

Mengenal Kelas Industri di SMK dan IDUKA

Dengan Kelas Industri, akan tercipta SDM dari SMK yang lebih berkualitas dengan adanya kerja sama langsung antara perusahaan ataupun industri.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Sesuai dengan semboyan "SMK Bisa!", lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) digadang-gadang segera masuk ke dunia kerja. Salah satu program untuk menjamin mutu pendidikan siswa adalah dengan adanya Kelas Industri. Untuk tahu lebih jauh tentang Kelas Industri, silakan simak artikel berikut ini

Apa Itu Kelas Industri?

Kelas Industri merupakan program pengadaan kelas khusus dalam lingkungan sekolah. Kelas ini dikelola secara bersama antara sekolah dengan industri. Sekolah diberikan kebebasan untuk mencari rekanan dan bekerja sama dengan industri yang sesuai dengan kompetensi di yang ada di sekolah tersebut. Untuk meningkatkan kualitas SDM yang nantinya harus dihasilkan oleh sekolah, beberapa sekolah ada yang bekerja sama dengan satu atau bahkan lebih dunia industri.

Mengapa Harus Kelas Industri?

Tujuan Kelas Industri ini adalah untuk mencetak SDM dari SMK yang lebih berkualitas dengan bekerja sama langsung dengan perusahaan ataupun industri. Dengan model atau sistem pengelolaan bersama antara pihak industri dan sekolah, akan tercipta iklim belajar yang baru sehingga menjamin mutu pendidikan siswa.

Siapa Saja Peserta Kelas Industri?

Kelas Industri diikuti oleh peserta didik di Sekolah Menengah Kejuruan yang sudah bekerja sama dengan perusahaan atau industri tertentu. Industri atau perusahaan tersebut tentunya harus sesuai dengan kompetensi atau jurusan yang diikuti oleh siswa. 

Kapan Program Kelas Industri Berjalan?

Kelas Industri akan berjalan jika sudah ada kesepakatan kerja sama antara pihak sekolah dengan pihak perusahaan atau industri. Dunia pendidikan sendiri tentu tidak lepas dari kurikulum yang ada di masing-masing sekolah. Untuk menyempurnakan pengembangan kurikulum yang selaras antara dunia pendidikan dan dunia Industri perlu adanya Sinkronisasi Kurikulum. Dengan adanya keselarasan kurikulum antara sekolah dengan dunia industri, harapannya para siswa bisa mendapat bimbingan dan arahan dari dunia industri sehingga memiliki pengetahuan dan keterampilan yang berkualitas. 

Bagaimana Proses Pembelajaran Kelas Industri?

Dari hasil sinkronisasi kurikulum yang telah disepakati sebelumnya, pengadaan kelas industri tentu dibuat agar tidak tidak mengganggu waktu belajar reguler siswa. Karena selain kurikulum dari industri, siswa tersebut masih harus mengikuti kurikulum reguler dari pemerintah, sehingga sebisa mungkin kurikulum dari industri dibuat sebaik mungkin agar tidak bertabrakan dengan kurikulum reguler. Selama mengikuti Kelas Industri, siswa akan diasah pengetahuan dan keterampilannya. Dengan arahan dan bimbingan expert dari dunia industri, tentunya diharapkan siswa juga akan memiliki pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan standard industri.

Kelas Industri di GameLab

Sebagai platform yang bergerak di bidang Education Technology, GameLab Indonesia selalu berkomitmen untuk memberikan kontribusi dalam dunia pendidikan. Salah satu bentuk kontribusi tersebut adalah dengan adanya program Kelas Industri Digital. Nah, berikut ini adalah fitur-fitur yang bisa di akses jika siswa sudah terdaftar di Kelas Industri GameLab :

A. Kelas Maya

Kelas industri digital GameLab menyediakan kurikulum yang berbasis industri. Disusun oleh expert industri sehingga diharapkan siswa yang mengikuti memang benar-benar mendapatkan skill yang dibutuhkan industri. Kurikulum juga akan terus di update sesuai dengan perkembangan pasar dan perkembangan teknologi.

1. Silakan login terlebih dahulu dengan menggunakan akun yang sudah terdaftar di GameLab

 

2. Untuk melihat menu-menu yang ada, silakan klik pada bagian kiri atas.

 

3. Menu Kelas Saya akan berisi kelas yang diikuti. Untuk membuka modul di kelas yang diikuti, klik tombol "Lanjutkan"

 

4. Modul pada kelas kompetensi yang diikuti akan berisi materi, soal-soal latihan, dan quiz yang harus diselesaikan oleh peserta. Jika sudah menyelesaikan modul kompetensi, peserta juga akan mendapat sertifikat sesuai kompetensi yang diikuti.

 

B. Webinar (Pertemuan Tatap Muka)

Kelas industri digital GameLab juga memberikan pembelajaran berbasis tatap muka menggunakan aplikasi seperti zoom atau Google Meet. Pertemuan tatap muka sangat penting dilakukan supaya siswa langsung bisa berinteraksi dengan expert dari industri. 

C. Sertifikat Kompetensi

Bagi siswa peserta kelas industri juga akan memiliki sertifikat ketika menyelesaikan kompetensi tertentu. Tentu untuk mendapatkan sertifikat tidaklah mudah. Siswa harus menyelesaikan materi pelatihan, mengikuti webinar secara rutin dan mampu menyelesaikan tugas akhir sebagai uji kompetensinya.

D. Magang di Industri

Berikutnya para peserta kelas industri juga diwajibkan untuk magang di industri yang sesuai dengan bidang kompetensinya. Magang akan memberikan wawasan yang lebih luas dan lebih riil tentang dunia industri dan dunia kerja. Peserta juga akan mendapatkan bimbingan yang lebih intensif. 

E. Job Matching

Terakhir, para peserta kelas industri SMK dan IDUKA di GAMELAB akan mendapatkan fasilitasi untuk Job Mathing bersama dengan industri yang sesuai dengan kompetensi. Tujuannya adalah agar siswa SMK dapat terserap lebih banyak ke dunia kerja. Program Job Matching tujuannya tidak hanya terserap saja, tetapi juga sesuai dengan kompetensi yang dimiliki oleh peserta kelas.

Baca Juga : Kunjungan Industri SMK Negeri 1 Sumberasih Kabupaten Probolinggo ke Gamelab Indonesia dan Educa Studio

Kerjasama SMK dan IDUKA

Dengan slogan "SMK Bisa!", siswa SMK dipersiapkan agar kapabel, kompetitif dan siap kerja. Siswa SMK tidak hanya disuguhkan teori, akan tetapi juga praktek lapangan sesuai dengan bidang kejuruannya. Salah satu program yang bisa diikuti adalah Program Kelas Industri. Selain Program Kelas Industri untuk SMK, kami dari GAMELAB memiliki berbagai program kerjasama dengan SMK seperti pelatihan guru, pelatihan siap kerja, magang, kelas industri dan job matching. Adapun kami telah bekerja sama dengan lebih dari 30 SMK di seluruh Indonesia. Silakan jika SMK Anda berminat untuk kerjasama dengan kami, email ke support@gamelab.id atau WhatsApp ke https://wa.me/6281232596412


Gamelab.id

Gamelab.id

Jumat, 18 Desember 2020

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI