BERITA TIPS MAGANG & KARIER Petunjuk Menulis Artikel di Gamelab

Petunjuk Menulis Artikel di Gamelab

Oleh Andi Taru | Rabu, 23 Desember 2020

Petunjuk Menulis Artikel di Gamelab

Artikel ini berisi tentang tata-cara menulis yang baik di website Gamelab Indonesia

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Halo teman-teman, kali ini saya akan menuliskan tips dan aturan-aturan penulisan artikel di Gamelab Indonesia. Hal ini perlu kami sosialisasikan dengan baik agar kalian bisa membuat artikel yang bermanfaat dan berkualitas. Dengan membuat artikel yang bermanfaat dan berkualitas, maka kalian telah maju 1 langkah ke depan.

Do's and Don'ts

Perhatikan, hal-hal yang harus kalian lakukan sebelum menulis: 

  • Buat tulisan yang sesuai dengan program yang sedang kamu ikuti di Gamelab
  • Carilah referensi sebanyak-banyaknya untuk memperkaya dan memperdalam konten
  • Buatlah kerangka artikel terlebih dahulu (headings dan sub-headings), baru dilengkapi

Perhatikan, hal-hal yang harus kalian hindari dalam penulisan: 

  • Jangan pernah PLAGIAT! Ini penting ya, sangat dilarang!
  • Jangan copycat artikel lain, jadikan referensi bukan copycat
  • Jangan menggunakan gambar komersial tanpa ijin dan sumber

Apa Itu Artikel di Gamelab?

Artikel atau berita atau blog atau news adalah fitur yang diberikan oleh Gamelab agar membernya dapat menulis dan berkarya secara aktif. Kami memang memberikan ruang bagi member untuk berkreasi. Ini juga memiliki tujuan agar member gamelab dapat berkembang dari sisi literasi terutama bidang tulis menulis. 

Tuliskan hal-hal yang berhubungan dengan bidang yang kalian geluti. Tulislah hal-hal yang bermanfaat dan positif. Bisa berupa tutorial, tips dan trik, pengalaman magang di gamelab, pengalaman mengikuti program prakerja di gamelab atau bisa juga pengalaman positif lainnya ketika mengikuti program gamelab.

Apa Saja yang Perlu Saya Isi?

Berikut adalah penjelasan lengkap untuk setiap bagiannya: 

1. Judul

Buatlah judul yang tidak terlalu panjang, tetapi tetap jelas dan menarik orang untuk membaca. 

2. Slug

Untuk membuat slug, cukup copy paste judul ke dalam kolom ini. Otomatis slug akan terformat oleh sistem. 

3. Short Content

Isikan deskripsi konten secara ringkas dengan maksimal 255 karakter.

4. Content

Isi konten sesuai dengan kerangka yang telah dibuat sebelumnya di word atau google docs. Pastikan sebelum Heading pertama, tambahkan 1 paragraf sebagai pembukaan. Start With Why, mengapa topik tersebut penting dan tujuan pembahasannya apa saja.

Nah, aturannya adalah gunakan Heading-2 sebagai sub judul setiap topik. Sedangkan jika di bawahnya masih ada sub-sub judul lagi, silakan gunakan Heading-3, kemudian jika ada sub sub sub judul lagi cukup di bold.

Tambahkan gambar-gambar jika diperlukan agar artikel semakin jelas dan menarik. Ingat, gambar ukurannya tidak boleh terlalu besar. Maksimal 100 kb dan kalau bisa formatnya JPG. Adapun, kalian perlu menambahkan keterangan sumber gambar dan keterangan gambar di Image Description.

Terakhir, tambahkan sumber referensi di akhir artikel. Ini penting untuk menghargai artikel-artikel yang menjadi inspirator kalian. 

5. Publish Time

Isikan dengan tanggal dan jam hari ini kalian menulis. Contoh: 2020-12-23 08:00:00 => ini artinya artikel ditulis pada 23 Desember 2020 pukul 08.00 WIB. 

6. Tags

Tulis maksimal 3 (tiga) tags. Semuanya huruf kecil dan dipisahkan dengan koma. Adapun tags hanya terdiri dari 1 kata saja dan merupakan kategori besar dari artikel.

7. Keywords

Keywords isi dengan frasa kata bagaimana orang mencari artikel ini. Misalnya saja kalian menulis tutorial tentang Blender 3, kalian bisa mengisi keywords berupa: tutorial blender, tips modelling di blender, tips rigging pada blender dan seterusnya. Isikan keywords maksimal 3 - 5 saja cukup. Dan kalau bingung, ada baiknya tanyakan ke admin untuk meminta bantuan. 

8. Category

Pilih kategori yang telah disediakan yang sesuai dengan kategori artikel kalian, mintalah ijin dengan admin apabila ingin menambahkan. Hal ini agar kategori berita tidak terlalu banyak. 

9. Share Image

Siapkan gambar dengan ukuran 1.200 x 630 pixel, format boleh JPG atau PNG, ukuran maksimal adalah 100 kb. Pastikan gambar sudah dicompress dan visual sesuai dengan isi konten artikel. Sebagai tips, kalian bisa menggunakan software seperti PNGYU untuk melakukan kompresi file PNG. 

Baca Juga : Mau Bisnis Laku? Analisis SWOT Dulu, Baru Deh Buka Gerai!

Apa Artikel yang Disetujui Oleh Admin? 

Berikut adalah artikel-artikel yang akan disetujui oleh admin: 

  • Tidak plagiat! Kami tidak akan menyetui artikel yang plagiasi. Baik itu mengambil sebagian apalagi keseluruhan. Semua harus ditulis oleh kalian sendiri. Plagiasi akan menyebabkan teman-teman melanggar hukum, jadi berhati-hatilah dan seriuslah dalam menulis.
  • Konten minimal 600 kata. Artikel yang terlalu pendek tidak akan kami terima, pastikan artikel cukup jelas dan detail sehingga pembaca mendapatkan manfaatnya.
  • Kualitas gambar dan kerangka artikel yang runut. Artikel yang baik memiliki kerangka yang runut dan pemilihan bahasa yang baik. 

Selamat menulis, semangat!


Andi Taru

Andi Taru

Rabu, 23 Desember 2020

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI