Siswa SMK Gama Cendekia dari jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) melakukan kunjungan industri ke GAMELAB, salah satu unit bisnis PT. Educa Sisfomedia Indonesia pada Jumat, 20 Desember 2024. Kegiatan ini dirancang untuk memberikan pemahaman lebih mendalam kepada siswa tentang dunia industri, khususnya di bidang desain dan teknologi, sekaligus mengenalkan mereka pada teknologi terbaru yang banyak digunakan dalam dunia kerja kreatif.
Mengawali dengan Seminar Industri
Kegiatan pertama dalam kunjungan ini adalah Seminar Industri. Dalam seminar ini, siswa diajak untuk memahami apa itu industri secara luas, termasuk budaya kerja profesional yang diterapkan oleh PT. Educa Sisfomedia Indonesia, perusahaan yang menaungi GAMELAB dan Educa Studio.
Maka, dalam sesi ini, para siswa tidak hanya belajar tentang dinamika industri kreatif tetapi juga mendapat gambaran tentang pentingnya sikap kerja yang disiplin, kolaboratif, dan inovatif. Selain itu, juga dijelaskan bagaimana budaya kerja di perusahaan mereka menjadi kunci keberhasilan dalam menghasilkan produk-produk kreatif, seperti game edukasi dan animasi.
Belajar Langsung dari Expert Trainer
Setelah seminar, siswa mendapatkan kesempatan istimewa untuk berdiskusi langsung dengan expert trainer dari GAMELAB. Di sini trainer akan berbagi pengalaman mengenai kebutuhan keterampilan yang sedang dicari oleh industri saat ini, khususnya di bidang desain komunikasi visual.
Untuk itu, siswa SMK Gama Cendekia akan diperkenalkan dengan software desain seperti CorelDRAW yang banyak digunakan oleh profesional. Dan juga diajarkan teknik-teknik desain yang relevan dengan perkembangan teknologi saat ini. Dengan demikian, sesi ini memotivasi siswa untuk terus mengasah kemampuan mereka agar lebih kompetitif saat memasuki dunia kerja.
Selain itu, diskusi ini juga membahas pentingnya soft skill, seperti kemampuan komunikasi, manajemen waktu, dan pemecahan masalah, yang menjadi nilai tambah dalam dunia kerja. Para siswa diajak untuk berpikir visioner dan berani mengambil langkah kreatif sejak dini.
Mencoba Game Animasi dan Virtual Reality (VR)
Sebagai penutup rangkaian kegiatan, siswa SMK Gama Cendekia diajak untuk mencoba produk-produk kreatif hasil karya Educa Studio dan GAMELAB. Contohnya seperti game animasi dan pengalaman berbasis Virtual Reality (VR) yang mana merupakan hasil karya dari peserta Kelas Industri dan PKL/magang.
Alhasil, kegiatan ini bukan hanya untuk hiburan semata, tetapi juga menjadi pembelajaran yang inspiratif. Karena dengan mencoba langsung produk-produk ini siswa dapat melihat bagaimana konsep desain yang mereka pelajari di sekolah bisa diaplikasikan ke dalam karya nyata. Serta interaksi ini diharapkan mampu memacu semangat siswa untuk mulai berkarya dan menciptakan sesuatu yang inovatif sejak usia muda.
Tentang SMK Gama Cendekia
SMK Gama Cendekia yang terletak di Kota Surabaya merupakan sekolah vokasi unggulan yang berfokus pada pengembangan keterampilan siswa sesuai dengan kebutuhan industri terkini. Dengan fasilitas modern dan kurikulum yang disesuaikan dengan perkembangan dunia kerja, SMK Gama Cendekia berkomitmen untuk mempersiapkan lulusannya agar siap bersaing di pasar kerja global, terutama dalam bidang-bidang yang relevan dengan teknologi dan inovasi masa depan.
Baca Juga : SMKN 1 Simpang Pematang Berkunjung ke GAMELAB untuk Memahami Penggunaan Teknologi Terbaru di Industri
Tentang PT. Educa Sisfomedia Indonesia
PT. Educa Sisfomedia Indonesia memiliki pengalaman selama 13 tahun di bidang pendidikan dan teknologi digital, dengan komitmen menghadirkan solusi dan inovasi terbaik. Melalui tiga unit bisnis utamanya yakni Educa Studio, GAMELAB, dan Educa Academy. Perusahaan ini berbagi visi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan memanfaatkan teknologi digital yang relevan dan terkini.
GAMELAB menawarkan berbagai program seperti magang, pelatihan prakerja, Kelas Industri, Teacher Factory (TeFa), Uji Kompetensi Keahlian (UKK), hingga Bootcamp. Sementara itu, Educa Studio berfokus pada edukasi dan hiburan anak melalui produk seperti game pendidikan dan animasi kreatif, di antaranya Marbel (Mari Belajar), Kabi (Kisah Inspiratif Nabi), Kolak (Lagu Anak Indonesia), dan Riri Cerita Anak Interaktif. Educa Academy berperan meningkatkan kompetensi tenaga pendidik melalui pelatihan profesional yang dirancang untuk mencetak generasi unggul.
Mari bersama-sama kita dapat mewujudkan generasi muda Indonesia yang kreatif, inovatif, dan siap menghadapi masa depan. Oleh karena itu, kunjungan industri ke GAMELAB menjadi langkah strategis bagi siswa SMK untuk membuka peluang dan meraih kesuksesan. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi MinLab melalui tautan di sini.