Pada Rabu, 11 Desember 2024, GAMELAB melakukan visitasi ke SMK YPT 2 Purbalingga sebagai salah satu sekolah favorit di Kabupaten Purbalingga, untuk memperkuat kemitraan yang telah terjalin melalui program Kelas Industri. Program ini diikuti oleh siswa Desain Komunikasi Visual (DKV) dengan fokus pengembangan kompetensi sebagai game developer. Dan tentunya, kolaborasi ini menjadi langkah konkret dalam mempersiapkan siswa SMK menghadapi kebutuhan dunia kerja.
Apa yang Dimaksud dengan Kelas Industri?
Kelas Industri adalah program pembelajaran berbasis kemitraan antara SMK dan mitra industri. Di SMK YPT 2 Purbalingga, Kelas Industri GAMELAB dirancang khusus untuk memberikan pengalaman belajar yang selaras dengan standar industri. Kurikulumnya disesuaikan dengan tren dan kebutuhan terkini di dunia kerja, memastikan siswa tidak hanya menguasai teori tetapi juga memiliki keterampilan praktis yang relevan.
Metode pembelajaran yang diterapkan adalah project-based learning. Artinya, siswa belajar dengan mengerjakan proyek-proyek nyata. Dalam konteks kelas DKV ini, siswa berlatih membuat game dari tahap perencanaan hingga peluncuran. Pendekatan ini tidak hanya memberikan pengalaman langsung tetapi juga melatih kemampuan siswa untuk berpikir kritis, bekerja dalam tim, dan menyelesaikan masalah.
Pentingnya Memperoleh Keterampilan Berstandar Industri
Di era kompetisi global seperti sekarang, keterampilan berstandar industri menjadi kunci kesuksesan lulusan SMK. Dengan mengikuti program Kelas Industri, siswa mendapatkan kesempatan untuk belajar langsung dari mitra industri, seperti GAMELAB.
Keterlibatan mitra industri memberikan banyak manfaat. Pertama, siswa mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana industri bekerja. Mereka tidak hanya belajar tentang teknologi, tetapi juga etos kerja, manajemen waktu, dan profesionalisme.
Kedua, program ini membantu siswa mempersiapkan diri untuk sertifikasi yang diakui industri. Sebab sertifikasi ini menjadi nilai tambah ketika siswa melamar pekerjaan atau melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi.
Ketiga, program Kelas Industri membuka peluang jaringan. Melalui kolaborasi dengan mitra seperti GAMELAB, siswa memiliki kesempatan untuk membangun koneksi dengan para profesional di bidangnya, yang bisa menjadi bekal untuk karier mereka di masa depan.
Dampak Positif Mengikuti Kelas Industri GAMELAB
Program Kelas Industri yang diterapkan di SMK YPT 2 Purbalingga memiliki dampak yang sangat positif, terutama bagi siswa DKV yang fokus pada pengembangan game. Berikut beberapa dampaknya:
1. Peningkatan Kompetensi Teknis
Siswa mendapatkan pelatihan langsung tentang pengembangan game, mulai dari desain karakter, animasi, hingga pemrograman. Hal ini membuat mereka memiliki keunggulan kompetitif dibandingkan siswa lain yang hanya belajar teori.
2. Pengalaman Proyek Nyata
Melalui metode project-based learning, siswa berkesempatan membuat game yang bisa dipresentasikan kepada mitra industri atau bahkan dipublikasikan. Ini memberikan rasa bangga sekaligus portofolio yang solid untuk masa depan mereka.
3. Penguatan Soft Skills
Selain keterampilan teknis, siswa juga dilatih untuk bekerja dalam tim, memecahkan masalah, dan berpikir kreatif. Soft skills ini sangat penting di dunia kerja, terutama di industri kreatif seperti pengembangan game.
4. Motivasi untuk Berkembang
Dengan dukungan dari mitra industri, siswa bisa merasa lebih termotivasi untuk terus belajar dan mengasah keterampilan serta mendapatkan inspirasi dari profesional yang telah sukses di bidangnya.
Tentang SMK YPT 2 Purbalingga
SMK YPT 2 Purbalingga adalah salah satu sekolah swasta unggulan di Kabupaten Purbalingga yang dikenal dengan komitmennya dalam mencetak lulusan berkualitas. Dengan program keahlian seperti Desain Komunikasi Visual (DKV), sekolah ini aktif menjalin kemitraan dengan berbagai mitra industri, termasuk GAMELAB, untuk menghadirkan Kelas Industri. Kolaborasi ini bertujuan memberikan pengalaman belajar berbasis proyek serta keterampilan berstandar industri, sehingga siswa siap bersaing di dunia kerja yang terus berkembang.
Baca Juga : Meningkatkan Kompetensi Siswa dan Guru dengan Kelas Industri bersama GAMELAB di SMK Al-Islam Joresan
Tentang PT. Educa Sisfomedia Indonesia
PT. Educa Sisfomedia Indonesia telah menjalani 13 tahun perjalanan di dunia pendidikan dan teknologi digital. Dengan fokus pada inovasi dan solusi terbaik, perusahaan ini memiliki tiga unit bisnis utama: Educa Studio, GAMELAB, dan Educa Academy.
GAMELAB menawarkan berbagai program, seperti magang, pelatihan prakerja, Kelas Industri, Teacher Factory (TeFa), Uji Kompetensi Keahlian (UKK), hingga Bootcamp. Educa Studio mendukung pembelajaran dan hiburan anak-anak dengan produk kreatif seperti Marbel (Mari Belajar), Kabi (Kisah Inspiratif Nabi), Kolak (Lagu Anak Indonesia), dan Riri Cerita Anak Interaktif. Sementara itu, Educa Academy berfokus pada pelatihan profesional untuk guru, membantu mereka mengembangkan kompetensi demi mencetak generasi unggul.
Mari cetak lulusan yang berkompeten dan siap kerja melalui Kelas Industri yang dibina langsung oleh GAMELAB. Info pendaftaran langsung hubungi di sini.