GAMELAB melakukan monitoring, evaluasi, dan visitasi ke SMK Muhammadiyah Randublatung pada 21 Januari 2025. Sekolah tersebut merupakan SMK binaan GAMELAB yang menjalankan Program Kelas Industri Game Developer dengan metode pembelajaran ToT (Training of Trainers). Tentu, langkah ini merupakan strategi penting dalam mempererat hubungan antara pendidikan vokasi dan industri yang terus berkembang. Serta menjadi kunci dalam memastikan lulusan siap menghadapi tantangan di dunia kerja yang semakin kompetitif.
Evaluasi Perkembangan Kelas Industri Game Developer
Kunjungan ini bertujuan untuk mengevaluasi perkembangan Kelas Industri Game Developer di SMK Muhammadiyah Randublatung. GAMELAB meninjau sejauh mana program pembelajaran berbasis industri telah diimplementasikan serta mengevaluasi hasil dari pembelajaran kurikulum industri yang telah diterapkan. Dalam sesi evaluasi, dilakukan diskusi dengan guru mengenai efektivitas metode pembelajaran ToT yang telah diterapkan. Dengan adanya evaluasi ini, GAMELAB memastikan bahwa materi dan metode yang digunakan tetap relevan dengan perkembangan industri game saat ini.
Selain itu, GAMELAB juga mengidentifikasi kendala yang dihadapi oleh siswa dan tenaga pengajar dalam menjalankan program ini. Dengan memahami tantangan yang ada, GAMELAB dapat memberikan solusi yang tepat guna meningkatkan kualitas pembelajaran. Hal ini bertujuan agar lulusan Kelas Industri memiliki keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan industri game yang terus berkembang. Proses evaluasi ini juga menjadi kesempatan untuk melihat sejauh mana kesiapan siswa dalam mengembangkan proyek game yang inovatif dan aplikatif.
Evaluasi ini juga mencakup peninjauan terhadap infrastruktur dan fasilitas yang digunakan dalam pembelajaran. GAMELAB memastikan bahwa perangkat keras dan lunak yang tersedia di sekolah dapat menunjang pembelajaran berbasis industri. Jika ditemukan kekurangan, GAMELAB akan memberikan rekomendasi untuk perbaikan atau peningkatan fasilitas agar pembelajaran lebih optimal.
Penguatan Sinergi antara Sekolah dan Industri
Monitoring dan visitasi ini juga menjadi ajang penguatan hubungan antara SMK Muhammadiyah Randublatung dan GAMELAB sebagai SMK Binaan Gamelab. GAMELAB menekankan pentingnya kolaborasi yang erat agar sekolah dapat terus mengikuti perkembangan teknologi dan tren industri game yang dinamis. Dengan adanya kunjungan langsung ini, GAMELAB dapat memberikan rekomendasi dan pembaruan terkait pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning) yang lebih aplikatif.
Selain itu, sekolah mendapatkan wawasan mengenai peluang magang dan kerja sama lainnya yang dapat membantu siswa memperoleh pengalaman langsung di dunia industri. Dengan menjembatani dunia pendidikan dan industri, GAMELAB berharap siswa tidak hanya mendapatkan teori tetapi juga praktik yang mendukung kesiapan mereka dalam dunia kerja. Program magang ini menjadi jembatan bagi siswa untuk mendapatkan pemahaman lebih dalam mengenai proses produksi game di industri sebenarnya.
Tidak hanya itu, GAMELAB juga membuka peluang bagi guru untuk meningkatkan kompetensi mereka melalui pelatihan dan workshop yang diselenggarakan secara berkala. Dengan demikian, tenaga pengajar dapat selalu memperbarui pengetahuan dan keterampilan mereka agar selaras dengan kebutuhan industri.
Dampak Positif bagi Siswa dan Guru
Kegiatan monitoring dan evaluasi ini memberikan dampak positif bagi siswa dan guru SMK Muhammadiyah Randublatung. Siswa mendapatkan motivasi lebih dalam mengembangkan keterampilan mereka, terutama dengan masukan langsung dari praktisi industri. Mereka juga dapat memahami ekspektasi dunia kerja dan bagaimana cara menyesuaikan keterampilan mereka agar lebih kompetitif.
Bagi guru, kegiatan ini menjadi kesempatan untuk meningkatkan kapasitas dalam mengajar sesuai dengan standar industri. Dengan adanya pelatihan dan pembaruan kurikulum yang relevan, guru dapat memberikan materi yang lebih aplikatif dan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Hal ini juga mendukung visi sekolah dalam mencetak lulusan yang kompeten dan siap terjun ke industri game.
Selain itu, kunjungan ini memberikan dorongan moral bagi siswa dan guru dalam terus mengembangkan keterampilan dan meningkatkan kualitas belajar. GAMELAB juga memberikan masukan dan strategi kepada sekolah untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, seperti integrasi teknologi dalam kelas dan pemanfaatan platform e-learning untuk menunjang proses belajar mengajar.
Tentang SMK Muhammadiyah Randublatung
SMK Muhammadiyah Randublatung adalah sekolah kejuruan yang berkomitmen mencetak lulusan berkualitas dan siap kerja, khususnya di bidang teknologi dan industri kreatif. Dengan berbagai program keahlian yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja, sekolah ini terus berinovasi melalui kerja sama dengan industri, termasuk melalui Kelas Industri Game Developer bersama GAMELAB. Melalui pendekatan pembelajaran berbasis praktik dan teknologi, SMK Muhammadiyah Randublatung membekali siswanya dengan keterampilan yang relevan untuk menghadapi tantangan industri modern.
Baca Juga : SMK Ngeri 1 Gempol Meningkatkan Keterampilan Siswa dan Guru dengan Kelas Industri ToT bersama GAMELAB
Tentang PT. Educa Sisfomedia Indonesia
PT. Educa Sisfomedia Indonesia telah menjalani 13 tahun perjalanan di dunia pendidikan dan teknologi digital. Dengan fokus pada inovasi dan solusi terbaik, perusahaan ini memiliki tiga unit bisnis utama: Educa Studio, GAMELAB, dan Educa Academy.
GAMELAB menawarkan berbagai program, seperti magang, pelatihan prakerja, Kelas Industri, Teacher Factory (TeFa), Uji Kompetensi Keahlian (UKK), hingga Bootcamp. Sementara itu, Educa Studio mendukung pembelajaran dan hiburan anak-anak dengan produk kreatif seperti Marbel (Mari Belajar), Kabi (Kisah Inspiratif Nabi), Kolak (Lagu Anak Indonesia), dan Riri Cerita Anak Interaktif. Lalu, Educa Academy berfokus pada pelatihan profesional untuk guru, membantu mereka mengembangkan kompetensi demi mencetak generasi unggul.
Mari cetak lulusan SMK yang berkompeten dan memiliki keterampilan yang relevan dengan kondisi industri terkini. Hubungi MinLab sekarang untuk info pendaftaran Kelas Industri di sini.