GAMELAB terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan vokasi melalui program Kelas Industri. Pada 17 Februari 2025, GAMELAB melakukan monitoring, evaluasi, dan visitasi ke SMK Negeri 2 Karanganyar sebagai bagian dari upaya memastikan implementasi program berjalan sesuai dengan standar industri.
SMK Negeri 2 Karanganyar adalah salah satu SMK binaan GAMELAB yang telah mengadopsi program Kelas Industri pada jurusan Rekayasa Perangkat Lunak dengan kompetensi Web Back End. Kunjungan ini bertujuan untuk mengevaluasi progres pembelajaran serta memberikan pendampingan agar program semakin optimal.
Evaluasi Kelas Industri di SMKN 2 Karanganyar
Kelas Industri adalah program unggulan yang menghubungkan pendidikan vokasi dengan kebutuhan industri. Di SMK Negeri 2 Karanganyar, program ini telah diterapkan dalam kurikulum Rekayasa Perangkat Lunak dengan fokus pada pengembangan Web Back End.
GAMELAB sebagai mitra industri tentu secara rutin akan melakukan evaluasi terhadap implementasi program ini guna memastikan efektivitasnya. Evaluasi ini mencakup berbagai aspek, mulai dari kesesuaian materi dengan standar industri, keterampilan teknis siswa, hingga kesiapan tenaga pendidik dalam menyampaikan materi yang relevan.
Dalam proses evaluasinya pun, GAMELAB melakukan asesmen terhadap hasil pembelajaran dan memberikan masukan kepada pihak sekolah terkait perbaikan yang diperlukan. Selain itu, kunjungan ini juga menjadi kesempatan bagi pihak sekolah untuk menyampaikan tantangan yang dihadapi selama pelaksanaan program. Alhasil, dengan adanya monitoring berkala, diharapkan program Kelas Industri di SMKN 2 Karanganyar semakin optimal dan mampu mencetak lulusan yang siap kerja.
Training of Trainers (ToT) untuk Meningkatkan Kualitas Pengajaran
Salah satu metode pembelajaran yang diterapkan dalam program Kelas Industri di SMK Negeri 2 Karanganyar adalah Training of Trainers (ToT). ToT merupakan metode inovatif yang dirancang untuk meningkatkan kompetensi guru agar mampu mengajarkan materi sesuai dengan standar industri. Dalam skema ini, para guru mendapatkan pelatihan dari instruktur industri yang berpengalaman, sehingga mereka dapat menguasai teknologi dan tren terbaru di bidang Web Back End.
Melalui program ToT, guru tidak hanya memperoleh pengetahuan teoritis, tetapi juga keterampilan praktis yang dapat langsung diterapkan dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, para siswa mendapatkan pengalaman belajar yang lebih aplikatif dan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. GAMELAB berkomitmen untuk terus memberikan pendampingan kepada tenaga pendidik agar kualitas pengajaran di Kelas Industri tetap terjaga dan selalu relevan dengan perkembangan industri teknologi.
Masa Depan Kelas Industri di SMK Negeri 2 Karanganyar
Keberhasilan implementasi Kelas Industri di SMK Negeri 2 Karanganyar menjadi bukti bahwa kerja sama antara sekolah dan industri memiliki dampak positif dalam meningkatkan kualitas pendidikan vokasi. Dengan adanya monitoring, evaluasi, serta program ToT, diharapkan tenaga pendidik semakin siap dalam mengajarkan materi berbasis industri, sementara siswa dapat mengembangkan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.
GAMELAB akan terus mendukung SMK Negeri 2 Karanganyar sebagai SMK binaan dengan menghadirkan inovasi dalam metode pembelajaran serta memastikan keterlibatan industri dalam pengembangan kurikulum. Dengan langkah-langkah ini, lulusan dari SMKN 2 Karanganyar diharapkan memiliki daya saing tinggi dan siap menghadapi tantangan di dunia kerja yang semakin kompetitif.
Tentang SMK Negeri 2 Karanganyar
SMK Negeri 2 Karanganyar adalah salah satu sekolah menengah kejuruan yang berkomitmen dalam mencetak lulusan berkualitas dan siap kerja. Dengan berbagai program keahlian yang ditawarkan, sekolah ini terus berinovasi dalam metode pembelajaran agar selaras dengan kebutuhan industri. Sebagai SMK binaan GAMELAB, SMK Negeri 2 Karanganyar mengimplementasikan Kelas Industri pada jurusan Rekayasa Perangkat Lunak, khususnya dalam bidang Web Back End, yang memberikan siswa akses ke pembelajaran berbasis industri dan peluang lebih besar untuk sukses di dunia kerja.
Baca Juga : Kelas Industri GAMELAB di SMK 1 Boyolangu untuk Mempersiapkan Siswa Menghadapi Dunia Kerja
Tentang PT. Educa Sisfomedia Indonesia
PT. Educa Sisfomedia Indonesia telah menjalani 13 tahun perjalanan di dunia pendidikan dan teknologi digital. Dengan fokus pada inovasi dan solusi terbaik, perusahaan ini memiliki tiga unit bisnis utama: Educa Studio, GAMELAB, dan Educa Academy.
GAMELAB menawarkan berbagai program, seperti magang, pelatihan prakerja, Kelas Industri, Teacher Factory (TeFa), Uji Kompetensi Keahlian (UKK), hingga Bootcamp. Sementara itu, Educa Studio mendukung pembelajaran dan hiburan anak-anak dengan produk kreatif seperti Marbel (Mari Belajar), Kabi (Kisah Inspiratif Nabi), Kolak (Lagu Anak Indonesia), dan Riri Cerita Anak Interaktif. Lalu, Educa Academy berfokus pada pelatihan profesional untuk guru, membantu mereka mengembangkan kompetensi demi mencetak generasi unggul.
Mari cetak lulusan SMK yang berkompeten dan memiliki keterampilan yang relevan dengan kondisi industri terkini. Hubungi MinLab sekarang untuk info pendaftaran Kelas Industri di sini.