GAMELAB melakukan monitoring, evaluasi, dan visitasi ke SMK Islam Nusantara Comal pada 19 Februari 2025. Kunjungan ini bertujuan untuk memastikan efektivitas pelaksanaan Kelas Industri yang telah diterapkan di sekolah ini. Sebagai SMK Binaan GAMELAB, SMK Islam Nusantara Comal menghadirkan program Kelas Industri yang dirancang khusus bagi siswa kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dengan konsentrasi 3D Animation. Program ini tentu memberikan kesempatan bagi siswa untuk memperluas keterampilan mereka dan meningkatkan peluang kerja di berbagai sektor industri kreatif.
Evaluasi Program Kelas Industri: Memastikan Mutu Pembelajaran
Kelas Industri adalah program yang dirancang untuk mendekatkan dunia pendidikan dengan industri agar siswa memiliki keterampilan yang relevan dengan kebutuhan pasar kerja. Dalam kunjungan, tim GAMELAB melakukan evaluasi terhadap proses pembelajaran yang berlangsung di SMK Islam Nusantara Comal. Evaluasi ini mencakup kualitas pengajaran, kesiapan siswa, serta efektivitas penggunaan Learning Management System (LMS) yang disediakan oleh GAMELAB.
Salah satu fokus utama evaluasi adalah bagaimana siswa TKJ dengan konsentrasi 3D Animation menguasai keterampilan yang diajarkan. Tim GAMELAB juga melakukan diskusi dengan guru dan siswa untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam implementasi Kelas Industri. Setelah itu, hasil evaluasi akan menjadi dasar untuk pengembangan kurikulum yang lebih baik dan penyesuaian metode pembelajaran agar sesuai dengan kebutuhan industri saat ini.
Peran SMK Binaan dalam Meningkatkan Daya Saing Siswa
Sebagai SMK Binaan GAMELAB, SMK Islam Nusantara Comal memiliki keunggulan dalam membekali siswa TKJ dengan keterampilan yang lebih luas. Biasanya, lulusan TKJ lebih banyak menguasai bidang jaringan komputer dan sistem keamanan. Namun, dengan adanya konsentrasi 3D Animation, siswa TKJ di sekolah ini mendapatkan nilai tambah berupa keahlian dalam desain animasi, yang merupakan keterampilan yang sangat dibutuhkan di industri kreatif.
Pendekatan ini memungkinkan siswa untuk memiliki daya saing yang lebih tinggi dibandingkan lulusan TKJ lainnya. Sebab mereka tidak hanya terbatas pada pekerjaan di bidang jaringan dan pemrograman, tetapi juga memiliki kesempatan untuk berkarier di dunia animasi dan multimedia. Dengan demikian, SMK Islam Nusantara Comal menjadi contoh nyata bagaimana Kelas Industri dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan kompetensi siswa.
Peluang Karier bagi Siswa TKJ dengan Konsentrasi 3D Animation
Kombinasi antara keahlian TKJ dan 3D Animation membuka peluang karier yang lebih luas bagi siswa. Artinya, mereka dapat bekerja sebagai animator, desainer grafis, atau bahkan teknisi jaringan yang memiliki pemahaman mendalam tentang industri kreatif. Di sisi lain, beberapa industri juga membutuhkan tenaga ahli dengan kombinasi keterampilan ini antara lain perusahaan game, studio animasi, hingga perusahaan berbasis teknologi yang memanfaatkan visualisasi 3D dalam produknya.
Maka, melalui monitoring dan evaluasi ini, GAMELAB memastikan bahwa program yang diterapkan di SMK Islam Nusantara Comal tetap relevan dengan perkembangan industri. Ditambah, dengan dukungan dari tenaga pengajar yang berpengalaman serta fasilitas pembelajaran yang memadai, lulusan dari program ini diharapkan dapat bersaing di dunia kerja dan memiliki keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan industri saat ini.
Tentang SMK Islam Nusantara Comal
SMK Islam Nusantara Comal merupakan sekolah kejuruan yang berkomitmen dalam mencetak lulusan siap kerja dengan keterampilan sesuai kebutuhan industri. Sebagai SMK Binaan GAMELAB, sekolah ini menerapkan Kelas Industri untuk kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dengan konsentrasi 3D Animation. Dengan program ini, siswa tidak hanya menguasai bidang jaringan komputer tetapi juga memiliki keahlian animasi, yang semakin membuka peluang karier di dunia digital dan industri kreatif.
Baca Juga : Peran Penting GAMELAB dalam Membina SMKN 2 Karanganyar untuk Meningkatkan Kualitas Lulusan
Tentang PT. Educa Sisfomedia Indonesia
PT. Educa Sisfomedia Indonesia telah menjalani 13 tahun perjalanan di dunia pendidikan dan teknologi digital. Dengan fokus pada inovasi dan solusi terbaik, perusahaan ini memiliki tiga unit bisnis utama: Educa Studio, GAMELAB, dan Educa Academy.
GAMELAB menawarkan berbagai program, seperti magang, pelatihan prakerja, Kelas Industri, Teacher Factory (TeFa), Uji Kompetensi Keahlian (UKK), hingga Bootcamp. Sementara itu, Educa Studio mendukung pembelajaran dan hiburan anak-anak dengan produk kreatif seperti Marbel (Mari Belajar), Kabi (Kisah Inspiratif Nabi), Kolak (Lagu Anak Indonesia), dan Riri Cerita Anak Interaktif. Lalu, Educa Academy berfokus pada pelatihan profesional untuk guru, membantu mereka mengembangkan kompetensi demi mencetak generasi unggul.
Mari cetak lulusan SMK yang berkompeten dan memiliki keterampilan yang relevan dengan kondisi industri terkini. Hubungi MinLab sekarang untuk info pendaftaran Kelas Industri di sini.