BERITA SMK Mengenal SMK Jurusan Seni Karawitan

Mengenal SMK Jurusan Seni Karawitan

Oleh Gamelab.Id | Selasa, 5 Januari 2021

Mengenal SMK Jurusan Seni Karawitan

SMK Jurusan Seni Karawitan mempelajari seni musik tradisional atau seni musik daerah khususnya di Jawa, Madura dan Bali.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Indonesia memiliki banyak seni dan budaya. Salah satu kesenian yang dimiliki adalah Seni Karawitan. Seni Karawitan adalah seni suara yang disajikan menggunakan sistem notasi, warna suara, dan ritme. Seni karawitan juga memiliki fungsi dan sifat nada yang mempunyai aturan dalam sajian instrumental, vokal, maupun campuran. Untuk membentuk pribadi yang mandiri, berkualitas, kreatif dan profesional di bidang Seni Karawitan, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) membuka Kompetensi Keahlian Seni Karawitan. Selain itu, Jurusan Seni Karawitan juga ditujukan sebagai upaya konservasi dan melestarikan seni tradisional yang mulai terkikis oleh kebudayaan modern. Untuk tahu lebih jauh tentang SMK Jurusan Seni Karawitan, silakan simak artikel berikut ini. 

Kenapa Memilih SMK Jurusan Seni Karawitan?

Kesenian Karawitan atau yang lebih dikenal dengan permainan musik gamelan dikemas dengan alunan instrumen dan vokal yang indah sehingga siapa saja yang menikmatinya akan mengikuti alunannya. Kesenian karawitan ini merupakan salah satu kesenian klasik yang sangat terkenal di Indonesia terutama di Jawa sebagai salah satu warisan seni dan budaya. Dengan mempelajari Seni Karawitan berarti juga ikut serta dalam melestarikan warisan seni dan budaya. 

Gamelan dalam karawitan merupakan salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dari masyarakat dari dulu hingga sekarang. Hal ini terbukti bahwa masyarakat sekitar terutama masyarakat Jawa dalam kehidupan sehari-hari masih menggunakan alunan gamelan untuk mengiringi acara-acara tertentu salah satunya Kethoprak, Wayang Kulit, Tayub,  dan lain-lain. Artinya bahwa Karawitan tidak hanya digunakan sebagai hiburan saja tetapi juga sebagai sarana untuk mempererat hubungan antar masyarakat. Karawitan merupakan aset budaya yang sudah ada sejak lama sehingga harus dilestarikan agar tidak terkikis oleh budaya modern.

Apa Saja yang Dipelajari dalam Seni Karawitan?

Dalam Seni Karawitan banyak hal yang akan dipelajari. SMK Jurusan Seni Karawitan mempelajari seni musik tradisional atau seni musik daerah khususnya di Jawa, Madura dan Bali. Tapi tidak sebatas belajar seni musik daerah tersebut saja, tapi juga musik-musik daerah lainnya di Indonesia. Di sini juga akan belajar memainkan berbagai instrumen musik tradisional seperti suling, kecapi, rabab, gamelan, dan gendang. Tidak hanya belajar memainkan alat musik, tapi akan dipelajari juga teknik vokal dalam musik tradisional, khususnya “nyinden”. Bahkan akan dipelajari junga bagaimana dapat mengaransemen dan menciptakan karya seni karawitan. Berikut adalah daftar mata pelajaran SMK Jurusan Seni Karawitan.

A. Muatan Nasional
1. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
3. Bahasa Indonesia
4. Matematika
5. Sejarah Indonesia
6. Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*)

B. Muatan Kewilayahan
1. Seni Budaya
2. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

C. Muatan Peminatan Kejuruan
C1. Dasar Bidang Keahlian
1. Simulasi dan Komunikasi Digital
2. Tinjauan Seni
3. Dasar-dasar Kreativitas

C2. Dasar Program Keahlian
1. Pengetahuan Karawitan
2. Teknik Instrumen Pokok
3. Teknik Karawitan Dasar
4. Titilaras dan Vokal Dasar

C3. Kompetensi Keahlian (Mata Pelajaran Produktif)
1. Praktik Vokal
2. Praktik Individu Instrumen Pokok
3. Praktik Karawitan Bersama
4. Praktik Karawitan Iringan
5. Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Baca Juga : SMK Shalatiyah Bitin Meningkatkan Kompetensi Siswa dengan UKK Web Front End & Administrasi bersama Gamelab Indonesia

Bagaimana Prospek Kerja SMK Jurusan Seni Karawitan

Banyak yang memiliki ekspektasi rendah terhadap prospek lulusan prodi ini. Apalagi banyak yang beranggapan untuk jadi sinden tidak perlu sampai sarjana. Namun nyatanya lulusan prodi Seni Karawitan dapat menjadi ahli di bidang seni karawitan. Lulusannya dapat menjadi pengrawit, komposer, dan peneliti musik. SMK Jurusan Seni Karawitan akan membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan, dan sikap agar kompeten sebagai pengrawit tingkat madya, penata musik, paniti gangsa, pelatih karawitan, pengiring/illustrator, bahkan menjadi pesinden/vokalis tingkat madya. Lulusan SMK Jurusan Seni Karawitan juga memiliki kesempatan yang sangat besar untuk mempopulerkan musik tradisional di kancah internasional.

Berbekal pendidikan selama 3 tahun, SMK Jurusan Seni Karawitan akan membekali siswa dengan pengetahuan ataupun keterampilan dalam Seni Karawitan. Peluang kerja untuk para lulusan SMK Jurusan Seni Karawitan pun juga sangat bervariasi. Nah, dengan slogan "SMK Bisa!", siswa SMK dipersiapkan agar kapabel, kompetitif dan siap kerja. Siswa SMK tidak hanya disuguhkan teori, akan tetapi juga praktik lapangan sesuai dengan bidang kejuruannya. Kami dari GAMELAB memiliki berbagai program kerja sama dengan SMK seperti pelatihan guru, pelatihan siap kerja, magang, kelas industri dan job matching. Adapun kami telah bekerja sama dengan lebih dari 30 SMK di seluruh Indonesia. Silakan jika SMK Anda berminat untuk kerjasama dengan kami, email ke support@gamelab.id atau WhatsApp ke https://wa.me/6281232596412


Sumber :

http://umy.community/kenapa-harus-belajar-karawitan/

https://www.markombur.com/2020/03/mata-pelajaran-jurusan-seni-karawitan.html


Gamelab.Id

Gamelab.Id

Selasa, 5 Januari 2021

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI