BERITA SMK SMK Jurusan Penataan Karawitan : Kompetensi dan Peluang Kerjanya

SMK Jurusan Penataan Karawitan : Kompetensi dan Peluang Kerjanya


#smk #vokasi #karawitan
SMK Jurusan Penataan Karawitan : Kompetensi dan Peluang Kerjanya

Penataan Karawitan merupakan salah satu Kompetensi Keahlian dari Program Keahlian Seni Karawitan, pada Bidang Keahlian Seni dan Industri Kreatif.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY harga lebih murah, bisa belajar kapan saja dan di mana saja. Kelas ditulis oleh professional dari industri berkolaborasi dengan praktisi pendidikan. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Mengenal SMK Jurusan Penataan Karawitan

Penataan Karawitan merupakan salah satu Kompetensi Keahlian dari Program Keahlian Seni Karawitan, pada Bidang Keahlian Seni dan Industri Kreatif. Berbeda dengan Program Keahlian Seni Karawitan, Program Keahlian Penataan Karawitan ini ditempuh selama 4 tahun. Jika dibadingkan dengan Jurusan Seni Karawitan yang hanya ditempuh 3 tahun, tentunya jurusan ini memiliki materi pembelajaran yang lebih kompleks. Tidak hanya sekedar memainkan perangkat gamelan, siswa juga harus dapat membuat aransemen secara keseluruhan dari kesenian karawitan tersebut. Berikut adalah Mata Pelajaran yang diajarkan pada SMK Jurusan Penataan Karawitan:

A. Muatan Nasional
1. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
3. Bahasa Indonesia
4. Matematika
5. Sejarah Indonesia
6. Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*)

B. Muatan Kewilayahan
1. Seni Budaya
2. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

C. Muatan Peminatan Kejuruan
C1. Dasar Bidang Keahlian
1. Simulasi dan Komunikasi Digital
2. Tinjauan Seni
3. Dasar-dasar Kreativitas

C2. Dasar Program Keahlian
1. Pengetahuan Karawitan
2. Teknik Instrumen Pokok
3. Teknik Karawitan Dasar
4. Titilaras dan Vokal Dasar

C3. Kompetensi Keahlian (Mata Pelajaran Produktif)
1. Praktik Karawitan Daerah Setempat
2. Praktik Karawitan Daerah Lain
3. Vokal Karawitan
4. Penataan Karawitan Iringan
5. Penataan Karawitan Mandiri
6. Penciptaan Karawitan
7. Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Prospek Kerja SMK Jurusan Penataan Karawitan

Lulusan SMK Jurusan Penataan Karawitan dapat menjadi ahli di bidang seni karawitan. Lulusannya dapat menjadi pengrawit, komposer, dan peneliti musik. SMK Jurusan Penataan Karawitan akan membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan, dan sikap agar kompeten sebagai pengrawit tingkat madya, penata musik, paniti gangsa, pelatih karawitan, pengiring/illustrator, bahkan menjadi pesinden/vokalis tingkat madya. Lulusan SMK Jurusan Penataan Karawitan juga memiliki kesempatan yang sangat besar untuk mempopulerkan musik tradisional di kancah internasional. Hal yang membedakan antara Seni Karawitan dengan Penataan Karawitan adalah dalam Penataan Karawitan siswa diajarkan untuk dapat mengaransemen musik karawitan sendiri. 

Berbekal pendidikan selama 4 tahun, SMK Jurusan Penataan Karawitan akan membekali siswa dengan pengetahuan ataupun keterampilan dalam mengaransemen musik karawitan. Nah, dengan slogan "SMK Bisa!", siswa SMK dipersiapkan agar kapabel, kompetitif dan siap kerja. Siswa SMK tidak hanya disuguhkan teori, akan tetapi juga praktik lapangan sesuai dengan bidang kejuruannya. Kami dari GAMELAB memiliki berbagai program kerja sama dengan SMK seperti pelatihan guru, pelatihan siap kerja, magang, kelas industri dan job matching. Adapun kami telah bekerja sama dengan lebih dari 30 SMK di seluruh Indonesia. Silakan jika SMK Anda berminat untuk kerjasama dengan kami, email ke support@gamelab.id atau WhatsApp ke https://wa.me/6281232596412


Sumber :

https://www.markombur.com/2020/03/mata-pelajaran-jurusan-penataan.html

https://rencanamu.id/cari-jurusan/seni/seni-karawitan


Admin Kelas Industri

Admin Kelas Industri

Rabu, 6 Januari 2021