BERITA SMK Mengenal SMK Jurusan Seni Pedalangan

Mengenal SMK Jurusan Seni Pedalangan


#smk #vokasi #pedalangan
Mengenal SMK Jurusan Seni Pedalangan

SMK Jurusan Seni Pedalangan adalah jurusan di SMK yang secara spesifik menghasilkan lulusan Seni Pedalangan tingkat madya atau menengah yang ahli dalam bidang Pewayangan dan Pedalangan.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

SMK Jurusan Seni Pedalangan adalah jurusan di SMK yang secara spesifik menghasilkan lulusan Seni Pedalangan tingkat madya atau menengah yang ahli dalam bidang Pewayangan dan Pedalangan. Jurusan ini mempelajari seni pertunjukan wayang tradisional dan konsep dasar pakeliran (instrumen dalam pementasan wayang). Seorang dalang harus dapat membangun isi dari cerita dan bisa menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan nilai-nilai kekinian. Jurusan ini ditujukan sebagai upaya konservasi dan melestarikan seni tradisional yang mulai terkikis oleh kebudayaan modern.  Untuk mengetahui lebih jauh tentang SMK Jurusan Pedalangan, silakan simak artikel berikut ini.

Apa Saja yang Dipelajari di SMK Jurusan Seni Pedalangan?

SMK Jurusan Seni Pedalangan bertujuan menghasilkan lulusan Seni Pedalangan yang ahli dalam bidangnya dan menguasai ilmu pengetahuan (seniman intelektual). Jurusan ini akan membekali peserta didik dengan ketrampilan, pengetahuan, dan sikap agar kompeten dalam memainkan wayang dan melakukan berbagai vokal wayang sesuai dengan karekternya. Selain itu, siswa juga akan dibekali bagaimana memainkan musik pengiring wayang, menulis naskah cerita wayang, hingga merencanakan dan melaksanakan pentas wayang. Seni pedalangan sendiri merupakan suatu satu kesatuan yang seimbang dan seirama, karena seni pedalangan paling sedikit mengandung tujuh unsur seni yang ada. Adapun tujuh unsur seni tersebut meliputi seni drama, seni lukis atau seni rupa, seni tatah (pahat) atau seni kriya, seni sastra, seni suara, seni tari, seni karawitan. Dengan pendidikan yang ditempuh selama 3 tahun, berikut adalah mata pelajaran yang diajarkan di SMK Jurusan Seni Pedalangan :

A. Muatan Nasional
1. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
3. Bahasa Indonesia
4. Matematika
5. Sejarah Indonesia
6. Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*)

B. Muatan Kewilayahan
1. Seni Budaya
2. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

C. Muatan Peminatan Kejuruan
C1. Dasar Bidang Keahlian
1. Simulasi dan Komunikasi Digital
2. Tinjauan Seni
3. Dasar-dasar Kreativitas

C2. Dasar Program Keahlian
1. Tata Teknis Pentas
2. Pengetahuan Pedalangan
3. Praktik Pedalangan Dasar

C3. Kompetensi Keahlian (Mata Pelajaran Produktif)
1. Vokal Pedalangan
2. Iringan Pedalangan
3. Lakon Pedalangan
4. Praktik Pedalangan
5. Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Bagaimana Prospek Kerja SMK Lulusan Seni Pedalangan?

Bagi sebagian orang Jurusan Seni Pedalangan mungkin masih dianggap sebelah mata oleh sebagian orang, sebab kesenian tradisional sudah banyak ditinggalkan oleh masyarakat, terutama anak muda. Karenanya lulusan prodi ini dianggap tidak memiliki prospek yang bagus. Padahal, lulusan Seni Pendalangan dapat berkarir tidak hanya sebagai dalang, tapi juga sebagai penulis naskah, peneliti, pengamat seni, bahkan sebagai pembawa acara khususnya upacara adat Jawa. Lulusan SMK Jurusan Pedalangan juga memiliki kesempatan yang sangat besar untuk memperkenalkan kesenian wayang di kancah internasional. 

Berbekal pendidikan selama 3 tahun, SMK Jurusan Pedalangan akan membekali siswa dengan pengetahuan ataupun keterampilan untuk menjadi seorang dalang profesional. Nah, dengan slogan "SMK Bisa!", siswa SMK dipersiapkan agar kapabel, kompetitif dan siap kerja. Siswa SMK tidak hanya disuguhkan teori, akan tetapi juga praktik lapangan sesuai dengan bidang kejuruannya. Kami dari GAMELAB memiliki berbagai program kerja sama dengan SMK seperti pelatihan guru, pelatihan siap kerja, magang, kelas industri dan job matching. Adapun kami telah bekerja sama dengan lebih dari 30 SMK di seluruh Indonesia. Silakan jika SMK Anda berminat untuk kerjasama dengan kami, email ke support@gamelab.id atau WhatsApp ke https://wa.me/6281232596412


Sumber : 

https://www.markombur.com/2020/03/mata-pelajaran-jurusan-seni-pedalangan.html

https://www.plengdut.com/2013/02/unsur-unsur-seni-pedalangan.html


Admin Kelas Industri

Admin Kelas Industri

Jumat, 8 Januari 2021