BERITA SALES & MARKETING Apa Itu Infografis dan Jenis-Jenisnya

Apa Itu Infografis dan Jenis-Jenisnya


#Infografis #marketing
Apa Itu Infografis dan Jenis-Jenisnya

Infografis adalah representasi visual dari informasi dan data. Infografis ini dapat membantu informasi dan data yang sebelumnya sulit dipahami menjadi mudah dipahami.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY harga lebih murah, bisa belajar kapan saja dan di mana saja. Kelas ditulis oleh professional dari industri berkolaborasi dengan praktisi pendidikan. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Apa Itu Infografis

Infografis adalah representasi visual dari informasi dan data. Infografis ini dapat membantu informasi dan data yang sebelumnya sulit dipahami menjadi mudah dipahami. Ini juga merupakan alat yang hebat untuk pemasaran karena kebanyakan orang cenderung lebih mengingat apa yang mereka lihat daripada apa yang mereka baca. Hal ini karena informasi yang ditangkap secara visual akan diproses langsung oleh otak. Berbeda dengan informasi via teks yang diproses secara linear (dari awal hingga akhir). Sehingga banyak yang menggunakannya sebagai strategi pemasaran konten.

Manfaat Infografis

  • Infografis dapat menarik perhatian audiens
  • Infografis mudah untuk di pahami audiens
  • Infografis mudah untuk di bagikan
  • Infografis meningkatkan trafik penjualan produk
  • Infografis dapat meningkatkan reputasi suatu brand
  • Infografis dapat menunjukkan keahlian pembuatnya

Jenis-Jenis Infografis

Infografis Timeline

Infografis timeline merupakan media paling sederhana untuk menampilkan informasi dalam urutan kronologis seperti peristiwa sejarah atau perkembangan ide dari waktu ke waktu. Menceritakannya secara berurutan melalui media membuatnya dapat diakses dan mudah digunakan banyak orang.

Infografis Perbandingan

Infografis perbandingan adalah infografis yang membandingkan dua hal atau lebih dalam format visual. Infografis ini dapat diatur secara berdampingan ataupun berisi beberapa kolom informasi. Hal yang biasanya dibandingkan adalah menyoroti keunggulan suatu produk atau perusahaan dibandingkan dengan yang lain seperti; harga, layanan pelanggan, dan sebagainya. Ini juga memungkinkan audiens memahami dengan cepat apa yang dibandingkan sehingga dapat memengaruhi keputusan pembelian.

Infografis Proses

Infografis proses terbilang mirip dengan infografis timeline. Namun perbedaannya infografis timeline lebih menyoroti titik waktu sedangkan infografis proses lebih mengutamakan teks untuk memaparkan aktivitas langkah demi langkah. Dalam pembuatannya dapat dilakukan dengan menyederhanakan kalimat serta memberikan penomoran sehingga memperjelas langkah dan prosesnya menjadi mudah untuk diikuti.

Infografis Geografis

Infografis geografis adalah infografis yang menggunakan bagan peta sebagai fokus visualnya. Infografis dalam bentuk peta dengan ikon dan warna ini ideal untuk membandingkan statistik regional dan dunia seperti kepadatan populasi, tingkat pendapatan, tingkat kemiskinan, aktivitas bisnis dan lainnya.

Infografis Berbasis Daftar atau Informasi

Tidak semua ide paling baik direpresentasikan dengan statistik namun ada yang perlu disampaikan dengan narasi. Jenis infografis ini mengikuti struktur standar berupa informasi dalam teks. Teks tersebut bisa dalam kalimat pendek atau sebagai paragraf sepenuhnya. Meskipun mengutamakan memberikan informasi yang berupa teks. Namun elemen visual seperti; ikon, warna dinamis, dan lainnya juga masih memainkan peranan penting.

Infografis Statistik

Infografis statistik menggabungkan diagram dan grafik yang berbeda ke dalamnya untuk menampilkan berbagai statistik. Infografis ini bisa digunakan untuk memvisualisasikan hasil survei dan menyajikan data dari berbagai sumber. Hal ini karena layout dan visualnya akan membantu menjelaskan narasi data yang ditampilkan kepada para audiens.

Infografis Hierarki

Infografis hierarki mengatur informasi menurut tingkatan. Contoh yang paling sering terlihat dalam bentuk piramida seperti hierarki kebutuhan Maslow. Fungsi utama dari tipe visual ini adalah untuk membandingkan tingkatan yang berbeda dan menunjukkan hubungan di antara tingkatan tersebut.

Infografis Flowchart

Infografis flowchart adalah jenis infografis yang mewakili alur kerja dan proses dengan pendekatan langkah demi langkah utuk menyelesaikan tugas. Infografis ini menunjukkan urutan, langkah, dan prosedur menjadi isyarat visual yang mudah dipahami. Elemen visualnya terdiri dari garis, titik atau panah. Infografis ini dapat berfungsi dengan baik di media sosial, karena bisa mendorong audiens untuk menjawab pertanyaan dan memilih di antara beberapa opsi.


Sumber:

https://visme.co/blog/types-of-infographics/

https://venngage.com/blog/9-types-of-infographic-template/

https://glints.com/id/lowongan/jenis-infografis/


Naufal Mubarik

Naufal Mubarik

Jumat, 15 Januari 2021