BERITA SMK Pentingnya Mengenali Minat dan Bakat Bagi Siswa SMK

Pentingnya Mengenali Minat dan Bakat Bagi Siswa SMK


#minat #bakat #smk
Pentingnya Mengenali Minat dan Bakat Bagi Siswa SMK

Kegiatan mengenali diri sangat penting bagi semua orang termasuk bagi siswa SMK. Ini penting untuk dilakukan sebelum siswa SMK membuat keputusan besar dalam berkarir atau melakukan ekplorasi kegiatan.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Mengenali diri sendiri merupakan hal yang penting untuk dilakukan sebelum menentukan suatu keputusan. Karena dengan mengetahui apa yang di suka dan tidak suka maka akan memudahkan mengambil keputusan serta tidak membuat diri sendiri kebingungan dalam merencanakan masa depan.

Walaupun tidak ada jaminan dengan mengenali diri sendiri lalu akan menjadi sukses, karena masih ada variabel lain yang harus dimiliki. Namun, setidaknya ini langkah awal untuk menuju kesuksesan. Hal yang juga penting adalah mengenali diri bisa berlangsung seumur hidup sehingga tidak ada kata cepat atau terlambat dalam proses mengenali diri sendiri.

Kegiatan mengenali diri sangat penting bagi semua orang termasuk bagi siswa SMK. Karena siswa SMK akan merencanakan untuk memasuki dunia perkuliahan atau langsung terjun ke dunia kerja. Ini menjadi penting untuk dilakukan sebelum siswa SMK membuat keputusan besar dalam berkarir atau melakukan eksplorasi kegiatan setelah kelulusan sekolah. Mengenali diri dapat dilakukan dengan mencari tahu apa minat dan bakat yang ada dalam diri sendiri.

Pengertian Minat dan Bakat

Minat adalah aktivitas atau kecenderungan yang dapat membangkitkan perasaan ingin tahu, perhatian, serta dapat menimbulkan perasaan senang. Minat dapat dijadikan kekuatan yang terdapat pada diri seseorang sehingga termotivasi dalam melakukan kegiatan.

Sedangkan bakat adalah kemampuan bawaan yang diberikan oleh tuhan dan merupakan potensi yang harus dikembangkan atau dilatih hingga menjadi keterampilan khusus. Bakat ini bersifat potensial sehingga masih bisa berkembang apabila mendapat stimulus yang tepat.

Manfaat Mengenali Minat dan Bakat

Memudahkan Menentukan Tujuan Yang Ingin Dicapai

Dengan mengetahui minat dan bakat yang dimiliki maka akan mudah dalam menentukan tujuan yang ingin dicapai. Artinya ketika mengetahui minat dan bakat pengembangan kemampuan akan lebih terfokus dan bersifat terarah.

Mengetahui Potensi Diri

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bakat merupakan suatu potensi. Seseorang pasti memiliki banyak potensi namun tentunya hanya sedikit potensi yang menonjol. Maka penting untuk melakukan pengembangan potensi sesuai minat dan tujuan yang ingin dicapai.

Merencanakan Masa Depan

Merencanakan masa depan adalah hal yang sangat penting. Dengan mengetahui minat dan bakat yang dimiliki maka akan membantu merencanakan masa depan.

Menentukan Tugas atau Kegiatan

Dalam menyelesaikan suatu tugas atau kegiatan akan efektif dan maksimal ketika aktivitas yang dilakukan sesuai dengan minat dan bakatnya. Maka dengan mengetahui minat dan bakat dapat membantu memilih kegiatan yang akan dilakukan.

Cara Mengenali Minat dan Bakat Bagi Siswa SMK

Dalam proses mengenali minat dan bakat tentunya harus dibarengi dengan melakukan eksplorasi yang banyak. Karena dengan melakukan eksplorasi siswa tersebut dapat mencoba hal – hal baru yang mungkin dapat menenemukan minatnya. Ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengenali minat dan bakat.

Membuka diri dengan hal – hal yang baru

Para siswa harus membuka diri untuk mencoba atau mencari kegiatan yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Dengan melakukannya diharapkan dapat membantu mengenali minat dan bakat yang dimiliki.

Memperluas pergaulan dan pertemanan

Dengan mengetahui kegiatan ataupun hal baru yang membuat tertarik. Akan lebih seru ketika dapat kenal dengan orang – orang yang melakukan kegiatan yang sama. Sehingga bisa saling bertukar fikiran dan membantu mengenali minat & bakat.

Mengikuti rasa penasaran

Dengan rasa penasaran akan dapat membantu mencari apa yang sebenarnya disenangi saat melakukannya. Artinya rasa penasaran juga membantu dalam mengenali minat dan bakat.

Berkomitmen menjalankannya secara berkelanjutan

Setelah dirasa menemukan minat dan bakat yang dimiliki maka harus berkomitmen untuk menekuni dan mengembangkan. Karena dengan mengembangkan minat dan bakat diharapkan dapat mengubahnya menjadi skill (kemampuan).


Sumber:

investigasi.co.id

tesbakatindonesia.com

rencanamu.id


Naufal Mubarik

Naufal Mubarik

Rabu, 20 Januari 2021