BERITA SMK Peluang Usaha Yang Menjanjikan Untuk Lulusan SMK

Peluang Usaha Yang Menjanjikan Untuk Lulusan SMK


#smk #bisnis #usaha
Peluang Usaha Yang Menjanjikan Untuk Lulusan SMK

Lulusan SMK harus mulai berfikir kreatif bukan hanya mencari pekerjaan tetapi juga menciptakan peluang dan ide bisnis sendiri. Berikut ini beberapa peluang usaha yang dapat dipertimbangkan oleh lulusan SMK.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY harga lebih murah, bisa belajar kapan saja dan di mana saja. Kelas ditulis oleh professional dari industri berkolaborasi dengan praktisi pendidikan. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Menurut data TPT (Tingkat pendidikan Terbuka) pada Februari 2020, TPT jenjang SMK sebesar 8,49% data ini menurun dari tahun sebelumnya sekitar 8,63%. Namun, data TPT tersebut masih menjadi yang tertinggi jika dibandingkan dengan TPT jenjang pendidikan yang lain. Artinya para lulusan SMK masih kalah bersaing dengan lulusan dari jenjang pendidikan yang lain dalam mencari pekerjaan.

Untuk itu lulusan SMK harus mulai berfikir kreatif bukan hanya mencari pekerjaan tetapi juga menciptakan peluang dan ide bisnis sendiri. Hal ini bisa mereka lakukan karena dalam berbisnis tidak perlu memandang latar pendidikan. Sehingga lulusan SMK memiliki peluang yang sama seperti lulusan jenjang pendidikan lain dalam menciptakan bisnis yang sukses. Berikut ini beberapa peluang usaha yang dapat dipertimbagkan oleh lulusan SMK.

Menjadi Content Creator

Dalam era digital seperti sekarang ini terdapat peluang bisnis baru yaitu sebagai content creator. Profesi menjadi content creator saat ini diminati oleh banyak orang di semua kalangan termasuk para lulusan SMK. Content creator bekerja dengan cara menghasilkan konten di platform online.

Jenis content creator juga beragam seperti blogger yang menulis artikel di suatu blog dan juga vlogger yang membuat video kreatif di Youtube. Konten yang di buatpun biasanya mencakup bidang yang populer diantaranya gaya hidup, travelling, keuangan, teknologi dan lainnya. Untuk menjadi content creator yang sukses hanya perlu tersambung ke internet dan selalu konsisten dalam berkarya membuat konten yang menarik.

Jasa Endorse Media Sosial

Dalam perkembangan media sosial yang pesat ini terdapat peluang bisnis yang sangat menjanjikan yaitu jasa endorse di media sosial. Karena terdapat pemilik bisnis yang fokus untuk memasang iklan kepada influencer di media sosial baik Facebook, Twitter, ataupun Instagram. Untuk melakukannya tidak perlu menjadi selebgram namun dengan 5000 – 10.000 followers sudah bisa membuka jasa endorse.

Agen Jasa Pengiriman

Saat ini telah banyak berkembang pelaku usaha online. Peluang ini dapat dimanfaatkan dengan melakukan bisnis jasa pengiriman yang akan menghubungkan pelaku usaha dengan konsumennya. Usaha agen jasa pengiriman akan mendapatkan keuntungan berupa komisi dari setiap biaya pengiriman yang dilakukan. Bisnis ini bisa dibilang sangat menjanjikan, karena terdapat banyak toko online yang memiliki omset besar sehingga mempengaruhi biaya pengiriman yang juga besar. Usaha ini bisa dilakukan oleh lulusan SMK karena hanya membutuhkan modal kecil dan pelayanan secara baik.

Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner adalah bisnis yang tidak akan pernah redup karena makanan merupakan kebutuhan pokok semua orang. Apapun lulusan jenjang pendidikannya bisa melakukan bisnis kuliner termasuk lulusan SMK khususnya jurusan tata boga. Untuk memulai bisnis kuliner bisa dengan modal yang kecil seperti menjual makanan secara online dan membuka outlet kecil-kecilan. Lalu melakukan inovasi menciptakan konsep kuliner atau tempat yang unik agar usaha tersebut dapat berkembang dan mendapatkan banyak keuntungan. Karena dengan menciptakan keunikan akan menimbulkan rasa penasaran pada calon pembeli.

Mengajar Les Privat

Lulusan SMK memiliki peluang usaha untuk mengajar les privat baik siswa SD atau SMP. Untuk mata pelajaran yang akan diajarkan pilih yang paling dikuasai. Jasa ini bisa dipromosikan lewat media sosial atau memasang brosur di sekitar tempat tinggal. Lakukan pengajaran dengan sabar dan telaten sehingga mudah dipahami oleh para siswa.

Mengelola Toko Online

Belanja online sedang menjadi trend di masyarakat menjadikan tumbuhnya industri e-commerce semakin pesat. Pertumbuhan e-commerce tersebut membuka peluang usaha bagi banyak orang termasuk lulusan SMK. Dalam e-commerce mereka bisa menjual produk tanpa perlu modal yang besar cukup dengan persediaan barang awal yang sedikit untuk dijual. Bahkan bisa tanpa modal hanya perlu tersambung dengan internet dan mendapat keuntungan yaitu dropshipper. Tugas dropshipper hanya menawarkan barang lewat katalog lalu pihak agen penjual yang akan mengirimkan produknya langsung ke konsumen.


Sumber:

folderbisnis.com

infopeluangusaha.org

idntrepreneur.com


Naufal Mubarik

Naufal Mubarik

Kamis, 21 Januari 2021