BERITA SMK Kerja Sama Kelas Industri SMKN 1 Kandeman dan Gamelab Indonesia

Kerja Sama Kelas Industri SMKN 1 Kandeman dan Gamelab Indonesia


#smk #kelas industri #kerjasama
Kerja Sama Kelas Industri SMKN 1 Kandeman dan Gamelab Indonesia

Kabar baik dan kabar gembira, Gamelab Indonesia bekerja sama dengan SMK Negeri 1 Kandeman untuk bidang pengembangan Web. Nantinya, siswa-siswi SMK akan dibimbing untuk menjadi programmer web yang handal.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, desain, coding, 3D artwork, art dan illustrasi dan digital music hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Kerja sama adalah bentuk persekutuan antara kedua belah pihak untuk membentuk ikatan kerjasama atas dasar kesepakatan, saling membutuhkan dan saling menguntungkan. Bersyukur, kami umumkan kerjasama pembentukan dan pelaksanaan kelas industri antara Gamelab Indonesia dan SMK Negeri 1 Kandeman.

Peresmian kerjasama kelas industri Gamelab bersama SMKN 1 Kandeman

Apa itu Kelas Industri SMK?

Kelas Industri adalah sebuah kelas khusus yang dibentuk oleh SMK dan Industri secara bersama-sama. Tujuannya adalah untuk mencapai poin-poin sebagai berikut: 

  • Sinkronisasi kurikulum industri di dalam kurikulum SMK
  • Sekolah menjalankan kurikulum berbasis industri
  • Pelatihan dan magang guru sekolah di industri
  • Peserta kelas industri mendapatkan materi dari industri
  • Peserta kelas industri mendapatkan bimbingan dari pelaku industri
  • Peserta kelas industri melakukan praktek kerja lapangan (PKL) di industri 
  • Industri melakukan rekrutmen tenaga kerja dari lulusan sekolah

Siswa SMK N 1 Kandeman sedang berada di kelas industri Gamelab

Kelas Industri Web Developer

Sesuai dengan kesepakatan, kelas industri Gamelab di SMK Negeri 1 Kandeman berfokus pada pelatihan jalur pembelajaran web developer, yang artinya peserta diarahkan untuk menjadi Web Developer yang handal. Ini tidak lepas dari perusahaan induk Gamelab yaitu Educa Studio, perusahaan pengembangan teknologi yang telah menelurkan lebih dari 300+ games, 100+ animasi dan ratusan website untuk berbagai keperluan baik untuk internal maupun partner.

Peluang industri pengembangan website sangat besar, di mana saat ini hampir semua lini bisnis membutuhkan sentuhan teknologi. Dengan adanya web yang responsif dan dinamis, web juga sekarang dapat diakses dari berbagai perangkat seperti Smart TV maupun Smartphone. Sistem Informasi digital berbasis web juga dibutuh di berbagai bidang untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi maupun akurasi data.

Kami berharap dengan adanya kerjasama ini, kebutuhan talent di bidang pengembangan web dapat terpenuhi dengan baik. Dengan adanya pemenuhan kebutuhan tersebut, Gamelab juga berharap lulusan SMK Negeri 1 Kandeman memiliki kompetensi berbasis industri, siap kerja dan berwirausaha. Sehingga terwujud lulusan SMK yang hebat!

Mengenal SMK Negeri 1 Kandeman

SMK Negeri 1 Kandeman didirikan pada tahun 2003 di kota Batang, Jawa Tengah. Memiliki jurusan-jurusan sebagai berikut: 

  • Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO)
  • Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM)
  • Teknik Pemesinan (TP)
  • Teknik Audio Video (TAV)
  • Teknik Elektronika Industri (TEI)
  • Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL)
  • Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

Direktur Gamelab, Kepala SMKN 1 Kandeman dan Ibu PLT Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah

Mengenal Gamelab Indonesia

Merupakan divisi Educa Studio yang fokus pada riset dan pengembangan skill. Berdiri di bawah naungan PT Educa Sisfomedia Indonesia, memiliki kantor pusat di Salatiga, Jawa Tengah. Gamelab saat ini melalui teknologi yang terus dikembangkan untuk membantu mempermudah aktivitas seperti kelas industri, magang (PKL), pelatihan dan penyaluran tenaga kerja (job matching).  Gamelab telah bekerjasama dengan puluhan SMK dan Perguruan Tinggi vokasi dari Sabang sampai Merauke.

Adapun Educa Studio sebagai perusahaan induk lebih fokus pada bidang industri kreatif seperti pembuatan games, komik, animasi dan teknologi seperti aplikasi, website, AR/VR, Machine Learning dan Blockchain. Beberapa brand terkenal dari Educa Studio adalah Marbel, RIRI, Kolak, KABI, Gamelab dan Emak Matic.


Andi Taru

Andi Taru

Sabtu, 20 Maret 2021