BERITA SMK Kerjasama Kelas Industri SMKN 1 Bangsri dan Gamelab Indonesia

Kerjasama Kelas Industri SMKN 1 Bangsri dan Gamelab Indonesia

Oleh Andi Taru | Senin, 22 Maret 2021

Kerjasama Kelas Industri SMKN 1 Bangsri dan Gamelab Indonesia

Kabar baik dan kabar gembira, Gamelab Indonesia bekerja sama dengan SMK Negeri 1 Bangsri untuk pembentukan kelas industri di bidang pengembangan Web Backend dan pengembangan game.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Kerja sama adalah bentuk persekutuan antara kedua belah pihak untuk membentuk ikatan kerjasama atas dasar kesepakatan, saling membutuhkan dan saling menguntungkan. Bersyukur, kami umumkan kerjasama pembentukan dan pelaksanaan kelas industri antara Gamelab Indonesia dan SMK Negeri 1 Bangsri.

Penandatanganan Kerjasama SMKN 1 Bangsri dan Gamelab Indonesia

Apa itu Kelas Industri SMK?

Kelas Industri adalah sebuah kelas khusus yang dibentuk oleh SMK dan Industri secara bersama-sama. Tujuannya adalah untuk mencapai poin-poin sebagai berikut: 

  • Sinkronisasi kurikulum industri di dalam kurikulum SMK
  • Sekolah menjalankan kurikulum berbasis industri
  • Pelatihan dan magang guru sekolah di industri
  • Peserta kelas industri mendapatkan materi dari industri
  • Peserta kelas industri mendapatkan bimbingan dari pelaku industri
  • Peserta kelas industri melakukan praktek kerja lapangan (PKL) di industri 
  • Industri melakukan rekrutmen tenaga kerja dari lulusan sekolah

Kerjasama antara Gamelab dan SMK Negeri 1 Bangsri terbilang istimewa karena membuka 2 kompetensi khusus dalam 2 kelas industri yang berbeda. Semangat manajemen sekolah, guru pengajar dan siswa-siswi menjadi hal khusus yang menjadikan kerjasama ini bisa berjalan dengan baik sejauh ini. 

Profesi Web Developer

Kelas Industri Web Backend

Kerjasama pertama adalah pembentukan kelas industri untuk jurusan Rekayasan Perangkat Lunak (RPL) untuk kompetensi Web Backend. Kebutuhan pengembangan teknologi informasi terutama di bagian Web Backend terbilang sangat besar. Profesi Web Backend dibutuhkan baik di dalam pengembangan solusi berbasis web, solusi berbasis aplikasi maupun solusi berbasis games.  

Profesi Game Developer

Kelas Industri Game Developer

Kerjasama kedua adalah pembentukan kelas industri untuk jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) untuk kompetensi Game Developer. Peluang industri game sendiri cukup besar, dikutip dari medcom.id bahwa "Industri gaming di Indonesia semakin diakui eksistensinya. Data dari IESPL di 2019 menunjukkan Indonesia menempati peringkat 12 di pasar gaming dunia dengan total pemain game aktif sebanyak 62,1 juta orang. Secara keseluruhan di 2019 industri ini menghasilkan pendapatan sebesar USD1,04 miliar".

Kami berharap dengan adanya kerjasama ini, kebutuhan talent di bidang pengembangan game dapat terpenuhi dengan baik. Dengan adanya pemenuhan kebutuhan tersebut, Gamelab juga berharap industri game di Indonesia menjadi lebih baik lagi. Terlebih sekarang pemerintah juga mendorong dan mendukung industri ini. Baik melalui kementrian maupun asosiasi seperti AGI, CAKRA maupun IESPL. 

Lokasi SMKN 1 Bangsri Jepara

Mengenal SMK Negeri 1 Bangsri

SMK Negeri 1 Bangsri adalah SMK Negeri unggulan yang berada di Kabupaten Jepara. Memiliki visi terwujudnya SMK yang mampu menciptakan tamatan yang cerdas, produktif, kompetitif, bertaqwa, serta berakhlaq mulia. SMK Negeri 1 Bangsri berkomitmen untuk melaksanakan pembelajaran yang bertaraf internasional berbasis keunggulan seni dan budaya. 

Berikut adalah Kompetensi Keahlian yang dimiliki oleh SMK Negeri 1 Bangsri: 

  1. Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
  2. Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM)
  3. Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP)
  4. Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL)
  5. Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP)

Bagi kamu yang berdomisili di wilayah Jepara dan sekitarnya, SMK Negeri 1 Bangsri merupakan pilihan yang tepat. Apalagi jika ingin menjadi IT Developer yang handal karena sudah ada kelas industri Gamelab.

Proses belajar kelas industri Gamelab di SMKN 1 Bangsri

Proses belajar kelas industri di SMKN 1 Bangsri

Baca Juga : Memperkaya Ilmu Digital Accounting, SMK Gema Nusantara Melaksanakan UKK bersama Gamelab Indonesia

Mengenal Gamelab Indonesia

Merupakan divisi Educa Studio yang fokus pada riset dan pengembangan skill. Berdiri di bawah naungan PT Educa Sisfomedia Indonesia, memiliki kantor pusat di Salatiga, Jawa Tengah. Gamelab saat ini melalui teknologi yang terus dikembangkan untuk membantu mempermudah aktivitas seperti kelas industri, magang (PKL), pelatihan dan penyaluran tenaga kerja (job matching).  Gamelab telah bekerjasama dengan puluhan SMK dan Perguruan Tinggi vokasi dari Sabang sampai Merauke.

Adapun Educa Studio sebagai perusahaan induk lebih fokus pada bidang industri kreatif seperti pembuatan games, komik, animasi dan teknologi seperti aplikasi, website, AR/VR, Machine Learning dan Blockchain. Beberapa brand terkenal dari Educa Studio adalah Marbel, RIRI, Kolak, KABI, Gamelab dan Emak Matic.


Sumber: 

https://www.educastudio.com

http://smkn1bangsri.sch.id 


Andi Taru

Andi Taru

Senin, 22 Maret 2021

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI