BERITA SMK Kerjasama Kelas Industri SMK Negeri Matesih dan Gamelab Indonesia

Kerjasama Kelas Industri SMK Negeri Matesih dan Gamelab Indonesia


#smk #kelas industri #kerjasama
Kerjasama Kelas Industri SMK Negeri Matesih dan Gamelab Indonesia

Kabar baik dan kabar gembira, SMK Negeri Matesih sepakat bekerjasama dengan Gamelab Indonesia untuk pembentukan kelas industri di bidang ilustrasi digital.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Kerja sama adalah bentuk persekutuan antara kedua belah pihak untuk membentuk ikatan kerjasama atas dasar kesepakatan, saling membutuhkan dan saling menguntungkan. Bersyukur, kami umumkan kerjasama pembentukan dan pelaksanaan kelas industri antara Gamelab Indonesia dan SMK Negeri Matesih.

Sinkronisasi Kurikulum SMK Negeri Matesih dan Educa Studio

Apa itu Kelas Industri SMK?

Kelas Industri adalah sebuah kelas khusus yang dibentuk oleh SMK dan Industri secara bersama-sama. Tujuannya adalah untuk mencapai poin-poin sebagai berikut: 

  • Sinkronisasi kurikulum industri di dalam kurikulum SMK
  • Sekolah menjalankan kurikulum berbasis industri
  • Pelatihan dan magang guru sekolah di industri
  • Peserta kelas industri mendapatkan materi dari industri
  • Peserta kelas industri mendapatkan bimbingan dari pelaku industri
  • Peserta kelas industri melakukan praktek kerja lapangan (PKL) di industri 
  • Industri melakukan rekrutmen tenaga kerja dari lulusan sekolah

Kerjasama antara Gamelab dan SMK Negeri Matesih terbilang istimewa karena SMK Negeri Matesih juga merupakan SMK CoE (Center of Excellence) yang merupakan pusat keunggulan. 

Foto bersama Kepsek SMK Negeri Matesih, Manajemen dan Direktur Gamelab

Kelas Industri Ilustrasi Digital

Sesuai dengan kesepakatan bersama, kelas industri Gamelab di SMK Negeri Matesih berfokus pada kompetensi keahlian Multimedia khususnya pada profesi ilustrasi digital. Dengan pengalaman perusahaan induk Gamelab yaitu PT Educa Sisfomedia Indonesia (Educa Studio) yang sudah 10 tahun lebih berpengalaman di bidang pengembangan media kreatif seperti komik, games dan animasi. 

Lab kelas industri SMK Negeri Matesih

Kepala sekolah SMK Negeri Matesih, Kaprogdi Multimedia Ibu Anita Iskhayati beserta manajemen sekolah dan Direktur Gamelab beserta manajemen telah sepakat dan melakukan sinkronisasi kurikulum. Magang guru juga telah dilaksanakan untuk meningkatkan wawasan keindustrian serta meningkatkan skill guru produktif yang sesuai dengan kompetensi. 

Penandatanganan MoU SMK Negeri Matesih dan Gamelab Indonesia

Mengenal SMK Negeri Matesih

Walau masih terbilang baru, tapi prestasi SMK Negeri Matesih luar biasa. Untuk lebih lengkapnya bisa kita melihat video berikut ini ya: 

Program Keahlian di SMK Negeri Matesih

  1. Multimedia (MM)

    Program keahlian Multimedia di SMK Negeri Matesih adalah Program keahlian pertama sejak berdirinya SMK Negeri Matesih. Multimedia diambil dari kata multi dan media. Multi berarti banyak dan media berarti media atau perantara. Multimedia adalah gabungan dari beberapa unsur yaitu teks, grafik, suara, video dan animasi yang menghasilkan presentasi yang menakjubkan. Multimedia juga mempunyai komunikasi interaktif yang tinggi. Bagi pengguna komputer multimedia dapat diartikan sebagai informasi komputer yang dapat disajikan melalui audio atau video, teks, grafik dan animasi.

  2. Tata Boga (TB)
    Kompetensi keahlian Tata Boga,merupakan salah satu kompetensi yang bergerak untuk pelayanan makanan dan minuman,dimana kompetensi ini berawal dari proses Tata Boga guna mempersiapkan makanan hingga mengemas makanan,kemudian dilanjutkan ke tahap Tata Boga sebagai layanan penjualan produk makanan dan minuman, keahlian ini selain menghasilkan lulusan yang memiliki kualifikasi dan kompetensi sebagai calon tenaga kerja yang unggul dalam bidang Tata Boga.

Keren bukan? Bagi kamu yang berada di Matesih Karanganyar dan sekitarnya, SMK Negeri Matesih bisa menjadi pilihan utama. Segera lakukan pendaftaran dan mengikuti program kelas industri Gamelab di sana ya. 

Mengenal Gamelab Indonesia

Merupakan divisi Educa Studio yang fokus pada riset dan pengembangan skill. Berdiri di bawah naungan PT Educa Sisfomedia Indonesia, memiliki kantor pusat di Salatiga, Jawa Tengah. Gamelab saat ini melalui teknologi yang terus dikembangkan untuk membantu mempermudah aktivitas seperti kelas industri, magang (PKL), pelatihan dan penyaluran tenaga kerja (job matching).  Gamelab telah bekerjasama dengan puluhan SMK dan Perguruan Tinggi vokasi dari Sabang sampai Merauke.

Adapun Educa Studio sebagai perusahaan induk lebih fokus pada bidang industri kreatif seperti pembuatan games, komik, animasi dan teknologi seperti aplikasi, website, AR/VR, Machine Learning dan Blockchain. Beberapa brand terkenal dari Educa Studio adalah Marbel, RIRI, Kolak, KABI, Gamelab dan Emak Matic.


Sumber

https://smknmatesih.sch.id 

https://www.gamelab.id 

https://www.educastudio.com 


Andi Taru

Andi Taru

Senin, 22 Maret 2021