BERITA SMK Kerjasama Kelas Industri SMKN 1 Jombang dan Gamelab Indonesia

Kerjasama Kelas Industri SMKN 1 Jombang dan Gamelab Indonesia


#kelas industri #smk #kerjasama
Kerjasama Kelas Industri SMKN 1 Jombang dan Gamelab Indonesia

Kabar baik dan kabar gembira, SMK Negeri 1 Jombang sepakat bekerjasama dengan Gamelab Indonesia untuk pembentukan kelas industri di bidang ilustrasi digital.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Kerja sama adalah bentuk persekutuan antara kedua belah pihak untuk membentuk ikatan kerjasama atas dasar kesepakatan, saling membutuhkan dan saling menguntungkan. Bersyukur, kami umumkan kerjasama pembentukan dan pelaksanaan kelas industri antara Gamelab Indonesia dan SMK Negeri 1 Jombang.

Apa itu Kelas Industri SMK?

Kelas Industri adalah sebuah kelas khusus yang dibentuk oleh SMK dan Industri secara bersama-sama. Tujuannya adalah untuk mencapai poin-poin sebagai berikut: 

  • Sinkronisasi kurikulum industri di dalam kurikulum SMK
  • Sekolah menjalankan kurikulum berbasis industri
  • Pelatihan dan magang guru sekolah di industri
  • Peserta kelas industri mendapatkan materi dari industri
  • Peserta kelas industri mendapatkan bimbingan dari pelaku industri
  • Peserta kelas industri melakukan praktek kerja lapangan (PKL) di industri 
  • Job matching dengan industri sehingga mempercepat serapan lulusan

SMK Negeri 1 Jombang menjadi SMK pertama di Jawa Timur yang bekerjasama membentuk kelas industri bersama Gamelab Indonesia. 

Kelas Industri Digital Ilustration

Sesuai dengan kesepakatan bersama, kelas industri Gamelab di SMK Negeri 1 Jombang fokus pada kompetensi keahlian Multimedia yang berkonsentrasi pada profesi ilustrasi digital. Pengalaman perusahaan induk Gamelab yaitu PT Educa Sisfomedia Indonesia (Educa Studio) yang bergerak di bidang komik, games dan animasi akan sangat bermanfaat untuk mengarahkan para peserta kelas industri untuk menjadi ilustrator yang handal sebelum lulus. 

Bapak Kepala Sekolah Drs. Supriyadi, M.Kes dan Ibu Lin Mulyati, S.Kom selaku ketua jurusan Multimedia menyambut dan mendukung penuh kerjasama ini. Sekolah, tim manajemen dan tim pengajar siap untuk melaksanakan komitmen bersama. Menghasilkan lulusan yang unggul, dengan kompetensi siap kerja. 

Begitu juga dengan direktur Educa Studio, Bapak Andi Taru sangat bahagia dan menyambut dengan sangat baik kerjasama ini. Karena selama ini, dunia kerja dan industri juga merasa kesulitan untuk mendapatkan talenta yang siap kerja. Berharap, kelas industri Gamelab ini bisa memberikan solusi mendekatkan dunia pendidikan dan dunia industri.

Mengenal SMK Negeri 1 Jombang

Tampak depan SMK Negeri 1 Jombang

Pada tahun 1964 SMEA swasta Karya dinegerikan menjadi SMEA Negeri Jombang, inilah cikal bakal berdirinya SMK Negeri 1 Jombang. Kemudian SMEA Negeri berubah status menjadi SMEA Pembina selama lima tahun (1977 s.d. 1982) sebelum kembali menjadi SMEA Negeri Jombang. Pada 1995 berubah nama menjadi SMK Negeri 1 Jombang, saat itu dengan tiga program keahlian; Akuntansi, Manajemen Bisnis, dan Sekretaris. Benar-benar sebuah proses panjang menjadi SMK Negeri 1 Jombang.

Pada tahun 2005 SMK Negeri 1 Jombang memasuki babak baru dalam komitmennya menyelenggarakan layanan pendidikan yang bermutu. Komitmen untuk menerapkan standar mutu ISO 9001:2000 dimulai pada tahun ini. Hasilnya, pada tahun 2006 SMK Negeri 1 Jombang tersertifikasi ISO 9001:2000 dari lembaga URS London. Sekolah ini terus berbenah, hingga pada tahun 2007 sekolah menuju sekolah bertaraf internasional (SBI).

Kompetensi Keahlian yang Tersedia

  • Akuntansi dan Keuangan Lembaga
  • Multimedia
  • Bisnis Daring dan Pemasaran
  • Perbankan dan Keuangan Mikro
  • Perhotelan
  • Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran

Bagi kamu yang berdomisili di Jombang dan sekitarnya, SMK Negeri 1 Jombang bisa menjadi salah satu SMK yang dipertimbangkan. Selain karena kualitas sekolahnya, SMK Negeri 1 Jombang juga sudah memiliki kelas industri.

Mengenal Gamelab Indonesia

Program Kelas Industri Gamelab Indonesia

Merupakan divisi Educa Studio yang fokus pada riset dan pengembangan skill. Berdiri di bawah naungan PT Educa Sisfomedia Indonesia, memiliki kantor pusat di Salatiga, Jawa Tengah. Gamelab saat ini melalui teknologi yang terus dikembangkan untuk membantu mempermudah aktivitas seperti kelas industri, magang (PKL), pelatihan dan penyaluran tenaga kerja (job matching).  Gamelab telah bekerjasama dengan puluhan SMK dan Perguruan Tinggi vokasi dari Sabang sampai Merauke. Link lengkap penjelasan tentang kelas industri gamelab: https://www.gamelab.id/kelas-industri 

Adapun Educa Studio sebagai perusahaan induk lebih fokus pada bidang industri kreatif seperti pembuatan games, komik, animasi dan teknologi seperti aplikasi, website, AR/VR, Machine Learning dan Blockchain. Beberapa brand terkenal dari Educa Studio adalah Marbel, RIRI, Kolak, KABI, Gamelab dan Emak Matic.


Sumber

https://smkn1jombang.sch.id/

https://www.gamelab.id/kelas-industri

https://www.educastudio.com  

 

 


Andi Taru

Andi Taru

Senin, 22 Maret 2021