BERITA SMK Jurusan SMK Teknik Bisnis Konstruksi Dan Properti

Jurusan SMK Teknik Bisnis Konstruksi Dan Properti


#jurusan #SMK #Vokasi
Jurusan SMK Teknik Bisnis Konstruksi Dan Properti

Teknik Bisnis Konstruksi dan Properti mempelajari ilmu tentang konstruksi bangunan dan furniture perkayuan, pengukuran tanah, rancangan anggaran biaya (RAB) konstruksi bangunan, laporan pelaksaan konstruksi bangunan, perencanaan bisnis konstruksi dan prop

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, desain, coding, 3D artwork, art dan illustrasi dan digital music hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Apa itu Teknik Bisnis Konstruksi dan Properti?

Secara umum program keahlian Bisnis Konstruksi dan Properti mempelajari ilmu tentang konstruksi bangunan dan furniture perkayuan, pengukuran tanah, rancangan anggaran biaya (RAB) konstruksi bangunan, laporan pelaksaan konstruksi bangunan, perencanaan bisnis konstruksi dan properti, pelaksanaan dan pengawasan konstruksi, dan lainnya.

Tujuan Kompetensi Keahlian Teknik Bisnis Konstruksi dan Properti secara umum mengacu pada isi Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu.

Kompetensi

Praktek Teknik Bisnis Konstruksi dan Properti

Kompetensi Keahlian Bisnis Konstruksi dan Properti merupakan suatu jurusan di SMK yang spesifik mempelajari konstruksi gedung, sanitasi, dan perawatan. Jurusan Bisnis Konstruksi dan Properti merupakan ilmu yang mempelajari dan mengembangkan pengetahuan yang berkaitan dengan teknik sipil.

Secara khusus tujuan Kompetensi Keahlian Teknik Bisnis Konstruksi Dan Properti adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan, dan sikap agar kompeten:

  • Menerapkan ilmu statika dan tegangan, untuk mengenal besaran vektor, system satuan, hukum newton, membuat diagram gaya , serta menerapkan teori tegangan pada konstruksi bangunan , sebagai media analisis bentuk dalam rangka pengembangan imajinasi.
  • Mengidentifikasi ilmu bangunan gedung, merupakan pendekatan yang sangat metodologis untuk menguasai struktur dasar suatu bentuk. Ilmu Gedung Bangunan merupakan suatu ilmu yang membahas dan mendeskripsikan bagian-bagian bangunan gedung, menjelaskan macam-macam pekerjaan batu bata, menjelaskan dasar-dasar plambing, menentukan jenis pondasi yang tepat untuk bangunan sesuai dengan jenis tanahnya, menjelaskan macam-macam sambungan serta menerapkan macam-macam konstruksi pintu dan jendela.
  • Memahami bahan bangunan, merupakan pendekatan untuk mengembangkan berbagai bahan bangunan pada suatu benda (bangunan gedung), serta memahami berbagai kelebihan dan kelemahan berbagai bahan bangunan yang sering dipakai dalam membangunan rumah atau bangunan gedung lainnya.
  • Menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja (K3), merupakan bentuk pelatihan dasar yang harus dikembangkan dan dibiasakan sebagai modal dasar dalam bekerja.

Kompetensi Keahlian Teknik Bisnis Konstruksi Dan Properti
Standar kompetensi yang digunakan sebagai acuan pengembangan kurikulum ini adalah Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) pada Keahlian Teknik Bisnis Konstruksi Dan Properti. Standar kompetensi dan level kualifikasi keahlian Teknik Bisnis Konstruksi Dan Properti dapat digambarkan sebagai berikut :

  • Menghitung konstruksi bangunan gedung sederhana sesuai dengan tata aturan dalam perhitungan konstruksi bangunan
  • Membuat gambar pelaksanaan konstruksi
  • Menyusun Rencana Anggaran Biaya (RAB) konstruksi ,meliputi mengindentifikasi jenis bahan konstruksi, melakukan analisa satuan bahan dan upah kerja, Serta menghitung RAB kontruksi gedung, bangunan air, jalan dan jembatan
  • Managemen Konstruksi
  • Pekerjaan Pengukuran Konstruksi
  • Membuat gambar pelaksanaan konstruksi
  • Menyusun Rencana Anggaran Biaya (RAB) konstruksi
  • Menggunakan peralatan tangan dan mekanik listrik pada konstruksi batu dan beton
  • Melaksanakan pemeriksaan bahan bangunan
  • Melaksanakan pekerjaan perancah dan scafolding
  • Melaksanakan pekerjaan pembesian
  • Melaksanakan pengecoran beton
  • Melaksanakan pekerjaan finishing bangunan
  • Melaksanakan pekerjaan beton pracetak
  • Melaksanakan pekerjaan jalan

Mengapa Memilih Jurusan Ini?

Semakin berkembangnya industri properti dan konstruksi bangunan maupun infrastruktur, kebutuhan akan tenaga yang memiliki kompetensi dan pemahaman dalam bisnis properti sehingga dengan masuk jurusan ini di SMK, kamu akan disiapkan menjadi lulusan yang ahli dalam bisnis properti yang semakin dibutuhkan di dunia kerja.

Mata Pelajaran

Di Jurusan Bisnis Konstruksi dan Properti, siswa akan mempelajari beberapa materi pelajaran, diantaranya adalah: Gambar Teknik, Mekanika Teknik, Dasar-dasar Konstruksi Bangunan, Dasar-dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah, Perencanaan Bisnis Konstruksi dan Properti, Pelaksanaan dan Pengawasan Konstruksi dan Properti, Estimasi Biaya Konstruksi dan Properti, Pengelolaan Bisnis Konstruksi dan Properti dan juga Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Maka jangan heran kalau siswa Bisnis Konstruksi dan Properti jago menggambar Bangunan Gedung dan merancang jembatan.

Prospek

SMK Jurusan Bisnis Konstruksi dan Properti memiliki peluang kerja yang sangat luas, baik sektor pemerintah maupun swasta. Pada sektor pemerintah, lulusan SMK Bisnis Konstruksi dan Properti dapat bekerja di Dinas Pekerjaan Umum, Kementerian Lingkungan Hidup, BPPT, LIPI, BAPEDALDA, dan instansi pemerintah lainya). Sedangkan di sektor swasta, lulusan Bisnis Konstruksi dan Properti dapat bekerja di Konsultan Teknik Sipil, Kontraktor, dan juga Perusahaan Pengembang Pemukiman (Perumahan).

Program Studi Kuliah yang Sesuai

  • Teknik Sipil
  • Teknik Ekonomi Konstruksi (Quantity Survey)
  • Ekonomi Bisnis
  • Teknik Konstruksi Gedung

Berbekal pendidikan selama 3 tahun, SMK Jurusan Bisnis Konstruksi dan Properti akan membekali siswa dengan pengetahuan ataupun keterampilan tentang  bisnis konstruksi dan properti. Peluang kerja untuk para lulusan SMK Jurusan Bisnis Konstruksi dan Properti pun juga sangat bervariasi. Nah, dengan slogan "SMK Bisa!", siswa SMK dipersiapkan agar kapabel, kompetitif dan siap kerja. Siswa SMK tidak hanya disuguhkan teori, akan tetapi juga praktik lapangan sesuai dengan bidang kejuruannya.

Kami dari GAMELAB memiliki berbagai program kerja sama dengan SMK seperti pelatihan guru, pelatihan siap kerja, magang, kelas industri, dan job matching. Adapun kami telah bekerja sama dengan lebih dari 30 SMK di seluruh Indonesia. Silakan jika SMK Anda berminat untuk kerjasama dengan kami, email ke support@gamelab.id atau WhatsApp ke Tim Gamelab Indonesia.


Source:

https://www.smkn1-bpn.sch.id/read/1126/teknik-konstruksi-dan-properti

https://www.smkn1sgs.sch.id/teknik-bisnis-konstruksi-dan-properti/

https://rencanamu.id/cari-jurusan-sma-smk/bisnis-konstruksi-dan-properti

https://www.wasito.info/2019/11/mata-pelajaran-smk-jurusan-bisnis-properti.html

Sumber gambar:

http://smkn2palopo.sch.id/halaman/profil-kompetensi-keahlian-bisnis-konstruksi-dan-properti

 


Eva Cristyani Br tarigan

Eva Cristyani Br tarigan

Rabu, 7 April 2021