BERITA PROGRAMMING Trik Mudah Menjalankan File PHP di Web Browser Pada Mac OS

Trik Mudah Menjalankan File PHP di Web Browser Pada Mac OS

Trik Mudah Menjalankan File PHP di Web Browser Pada Mac OS

Pada tutorial kali ini kita akan menjalankan file PHP khusus untuk pengguna Mac OS

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Bahasa PHP adalah Bahasa yang tidak pernah ada matinya dan selalu eksis sepanjang zaman walau digempur dengan teknologi pendatang baru. PHP adalah salah satu bahasa pemrograman script server-side yang didesain untuk pengembangan web saat ini . Selain itu, PHP juga bisa digunakan sebagai bahasa pemrograman umum. PHP di kembangkan pada tahun 1995 oleh Rasmus Lerdorf, dan sekarang dikelola oleh The PHP Group. Situs resmi PHP beralamat di http://www.php.net. PHP disebut bahasa pemrograman server side karena PHP diproses pada komputer server. Hal ini berbeda dibandingkan dengan bahasa pemrograman client-side seperti JavaScript yang diproses pada web browser (client).

Selanjutnya untuk menjalankan file php di web browser atau membuka file php di browser ada beberapa cara yang bisa kita lakukan. Sebelumnya yang harus kita ketahui,  Mengapa menjalankan file php harus via browser? karena file php bersifat server-side executed. Sehingga untuk menjalankan file php tidak semudah html, kita membutuhkan web server agar file php dapat di eksekusi. Dan bisa dibuka di browser seperti mozilla firefox, chrome, internet explorer, dan lain sejenisnya. Tutorial menjalankan file php ini pun dilakukan live via web server localhost.

Namun untuk menjalankan file php di web browser hanya dapat dilakukan setelah selesai kita install dan aktifkan web server xampp. Jika web server localhost telah dijalankan, maka selanjutnya file php juga dapat dieksekusi. Cara menjalankan file php di web browser dengan server localhost xampp adalah sebagai berikut :

1. Membuat folder direktori web di dalam htdocs

Untuk pengguna Mac yang menggunakan xampp sebagai web server localhost, agar dapat membuka file php di web browser. Maka perlu meletakan file php di dalam sebuah folder direktori web di htdocs, dengan cara masuk ke folder xampp (lokasi folder xampp secara default di Mac OS terletak di Applications/XAMPP/xamppfiles/htdocs). Kemudian masuk ke folder htdocs, buat sebuah folder dengan nama "tutorial", seperti gambar di bawah ini.

Cara menjalankan file php di web browsercara menjalankan file php di web browser

Teman-teman dapat menyimpan banyak proyek aplikasi web di dalam folder htdocs tersebut, buat saja folder baru tentunya dengan nama yang beda untuk proyek yang berbeda pula.

2. Membuat file PHP

Setelah folder direktori web telah siap, selanjutnya adalah membuat file php yang akan dibuka di web browser. Sehingga tutorial cara menjalankan file php di web browser ini dapat dilanjutkan. Silahkan ketik kode di bawah ini, kemudain simpan di dalam folder htdocs/tutorial/ dan beri nama index.php.

Simpan sebagai index.php

Baca Juga : Apa Saja Perbedaan Front End dan Back End?

3. Menjalankan file PHP

Untuk menjalankan file php, silahkan buka web browser seperti mozilla firefox, chrome, internet explorer atau web browser lain. Kemudian ketik url http://localhost/tutorial/ lalu enter, jika semua sudah benar maka akan tampil seperti gambar di bawah ini.

cara menjalankan file php di web browser

Jika tampil seperti gambar di atas, yaitu teks "Halo dunia..." pada web browser, maka kita semua telah berhasil menjalankan atau membuka file php di web browser. Dan harus segera naik kelas ke level pemrograman php selanjutnya yang tidak terlalu sulit juga.

Sekian penjelasan sederhana tentang bagaimana cara menjalankan file php di web browser atau membuka file php di browser. Kritik dan saran yang membangun dari teman-teman sangat dibutuhkan.


Muhammad Hasan

Muhammad Hasan

Kamis, 8 April 2021

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI