BERITA PROGRAMMING Alasan Mengapa Kamu Harus Beralih Ke Flutter!

Alasan Mengapa Kamu Harus Beralih Ke Flutter!

Oleh Abidzar Ghifari Zandra | Minggu, 11 April 2021

Alasan Mengapa Kamu Harus Beralih Ke Flutter!

Sudah pernah dengar Flutter belum?, kali ini saya akan membahas alasan mengapa kamu perlu mengenal dan beralih ke Flutter.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Apa itu Flutter?

Flutter merupakan framework besutan Google untuk membuat aplikasi secara hybrid, kamu bisa membuat aplikasi Android, iOS, Windows App, MacOS,  Linux bahkan website dalam satu coding base menggunakan bahasa pemrograman Dart. Flutter memang masih baru karena diperkenalkan ke publik pada pertengahan tahun 2017, meski begitu akhir-akhir ini Flutter mengalami peningkatan pengguna yang pesat dan dan terus meningkat setiap tahun, bahkan mengalahkan popularitas React Native yang sudah lebih dulu hadir.

Pada bulan Maret 2021 Google resmi merilis update pada framework Flutter dengan menambahkan fitur Sound Null Safety dan diberi nama Flutter 2, yang kini jauh lebih stabil dan aman dari error null-value. Dengan update yang telah dirilis semakin kuat alasan kamu untuk mulai mempelajari atau beralih ke Flutter 2, lalu memangnya apa sih alasan kamu harus beralih ke Flutter?, berikut alasannya.

Baca Juga : Mengenal Lebih Jauh Tentang Dart

Alasan Beralih Ke Flutter

1. Cross-Platform

Cross PlatformYups, seperti yang sudah saya jelaskan diawal, alasan pertama kamu harus beralih ke Flutter adalah framework ini memungkinkan kamu dapat membangun aplikasi lintas platform  dalam satu bahasa pemrograman, apalagi bagi kamu yang baru terjun dalam dunia programming tentu framework ini harus kamu pelajari, mengapa begitu?,  bayangkan kamu harus memahami lebih dari satu bahasa pemrograman pada environment yang berbeda, kamu harus menguasai Swift untuk membangun aplikasi iOS,  Java untuk membangun aplikasi Android belum lagi bahasa yang digunakan untuk membangun Linux, Windows dan Web dan kini dapat kamu bangunnya dalam koding yang sama menggunakan Flutter. Hmm menarik yaa.

2. Bahasa Dart Yang Beginner-Friendly

Ramah PemulaAlasan kedua menurut saya yaitu bahasa yang digunakan Flutter yaitu dart mudah dipelajari oleh pemula sekalipun, karena bahasa pemrograman dart menggunakan bahasa tingkat tinggi yang dimengerti manusia serta struktur koding yang rapi membuat proses pengembangan aplikasi lebih mudah dan simple. Namun kamu harus sedikit mempelajari bahasa Java dan Kotlin karena Flutter masih memerlukan bahasa tersebut untuk mengakses fitur native.

3.  Material UI Yang Cantik Dan Responsif

Material UI ResponsiveAlasan selanjutnya yaitu Flutter memiliki UI yang ciamik dan setiap widget mendukung Material UI. Didalam Flutter terdapat dua default set widget yaitu MaterialWidget untuk Android dan Cupertino untuk iOS, perlu diketahui keseluruhan pada pengembangan UI Flutter dibangun menggunakan widget seperti widget Container, TextField, OutlinedButton, ListView dan lain sebagainya, semua widget tersebut dapat dikostumisasi, dan tidak hanya itu kamu dapat mengunduh widget tambahan seperti custom Navbar, Fluttericons dan sebagainya  secara gratis di situs pub.dev sehingga tampilan aplikasimu lebih unik dan menarik.

4.  Fitur Hot Reload 

Hot ReloadIni adalah bagian yang paling saya suka, yaitu fitur hot reload yang meng-compile dengan cepat sehingga kamu dapat lansung melihat perubahan yang terjadi ketika mengubah atau menambahkan kode pada user interface  aplikasimu secara realtime. Hal itu sangat memudahkan dalam proses pengembangan aplikasi  menjadi lebih cepat, karena adanya fitur ini kita dapat mengetahui dengan cepat update UI dan dapat lansung memperbaiki bug dan eror apabila ditemukan.

5. Besutan Google

Flutter Created By GoogleYa ini mungkin menjadi faktor pertimbanganmu mulai beralih ke Flutter, karena penciptanya ialah perusahaan raksasa digital yaitu Google, memangnya kenapa?, tentu ini faktor yang penting yang berarti framework Flutter terjamin untuk digunakan jangka panjang karena perusahaan sebesar Google pastinya akan terus meningkatkan dan memberikan update pada produk mereka sendiri sehingga fungsi, fitur dan kemampuan framework Flutter akan lebih baik lagi untuk kedepannya.

 

Bagaimana? apakah kamu tertarik untuk mempelajari atau bahkan mendalami Flutter? 

 


Referensi : 

https://id.wikipedia.org/wiki/Flutter_(perangkat_lunak)

https://www.konsepkoding.com/2020/04/flutter-vs-react-native-vs-native-kelebihan-kekurangan.html

https://belajarflutter.com/apa-itu-flutter/


Abidzar Ghifari Zandra

Abidzar Ghifari Zandra

Minggu, 11 April 2021

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI