BERITA WEB PROGRAMMING Alasan Mengapa Codeigniter Masih Digunakan dalam Web Development

Alasan Mengapa Codeigniter Masih Digunakan dalam Web Development

Alasan Mengapa Codeigniter Masih Digunakan dalam Web Development

Codeigniter masih digunakan oleh cukup banyak Web Developer, mengapa demikian?

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Apa itu Codeigniter?

Codeigniter adalah salah satu framework open source yang digunakan dalam pengembangan web  berbahasa pemrograman PHP. Framework ini dikembangkan oleh Rick Ellis pada tahun 2006. Meskipun sudah tergolong teknologi lama Codeigniter  masih menjadi salah satu framework yang dipakai banyak pengembang web, hal ini dikarenakan ciri khasnya yang menggunakan model MVC (model, view, controller) dan sangat memudahkan programmer  dalam membangun web yang bersifat dinamis. Banyak programmer, baik pemula maupun tingkat lanjut, yang menggunakan Codeigniter sebagai senjata andalan dalam mengembangkan aplikasi web. Kelebihan Codeigniter yang mudah dipelajari dokumentasinya, ringan dan cepat juga menjadi daya tarik bagi pengembang web di seluruh dunia.

Kelebihan Codeigniter

Sebuah teknologi banyak digunakan karena memiliki kelebihan dibanding teknologi lain, kelebihan yang dimiliki oleh Codeigniter antara lain :

1. Ringan

Tidak butuh banyak sumber daya untuk menjalankan Codeigniter. Cukup dengan text editor, aplikasi local server dan file Codeigniter, anda sudah bisa menjalankan sebuah aplikasi web secara lokal. File  Codeigniter sendiri berukuran kecil, yaitu hanya sekitar 2 MB, sehingga tidak banyak memakan kapasitas penyimpanan. 

 

2. Dokumentasi yang Luas

Codeigniter mudah dikuasai oleh pengembang web pemula karena dokumentasi, tutorial dan referensi yang sangat banyak tersebar di internet. Lebih banyak bahan pengajaran tentang Codeigniter di mesin pencarian seperti Google dibandingkan framework lain seperti Laravel yang penggunaanya lebih khusus. Pengalaman pribadi penulis, lebih cepat mempelajari Codeigniter dibanding framework lainnya.

 

3. Cepat

Salah satu kelebihan paling menonjol pada Codeigniter adalah kecepatannya dalam menjalankan sebuah web. Hal ini dikarenakan library  tambahan dimuat secara dinamis selama proses request, tergantung dari kebutuhan proses yang diberikan, ini membuat sistem utama dari Codeigniter sangat sederhana dan cukup cepat. Sehingga kita tidak perlu memuat library yang tidak kita butuhkan.

 

4. Keamanan dan XSS Filtering

Cross Site Scripting (XSS) merupakan salah satu jenis serangan kode injeksi (code injection attack). XSS "disuntikkan" oleh peretas melalui kode HTML pada sebuah situs. Untuk mengatasinya, Codeigniter memiliki fasilitas penyaring atau filtering  yang bisa mencegah serangan serupa terjadi kepada situs kita.

 

5. Konfigurasi yang Sederhana

Seorang pengembang web tentu harus melakukan konfigurasi untuk memindahkan sebuah aplikasi web yang berjalan secara lokal ke server online. Keunggulan lainnya Codeigniter adalah konfigurasi yang sederhana. Sebagai contoh, untuk melakukan konfigurasi di CPanel, kita hanya perlu mengubah file database.php, route.php dan config.php agar website kita berjalan secara online.

 

6. Pemrosesan Database

Dibanding framework lain seperti Laravel, Codeigniter memiliki lebih banyak kompatibilitas dengan banyak database.  Codeigniter mendukung MySQL, Microsoft Bi, PostgreySQL dan MongoDB, ORACLE, Microsoft SQL Server oriented, IBM DB2, dan JDBC. Hal ini tentu memudahkan para pengembang web yang harus menangani banyak jenis database. Migrasi antar database pun menjadi lebih mudah dan singkat tanpa perlu berganti framework.

 

7. Tidak Banyak Aturan Coding

Setiap pengembang web memiliki gaya pemrograman yang berbeda sehingga tidak semua menyukai aturan coding yang ketat. Sebagai contoh, dalam Codeigniter  meskipun kita diberikan fitur MVC, namun kita bisa memilih untuk hanya menggunakan salah satu saja, misalkan kita hanya ingin menggunakan Controller  saja. Meskipun tidak cantik secara coding, namun hal ini dimungkinkan jika kita menggunakan Codeigniter.

 

Baca Juga : Peran-peran di dalam Pengembangan Website

Penutup

Sebagai seorang pengembang web kita dihadapkan pada banyak pilihan framework mulai dari yang sederhana hingga yang kompleks. Artikel ini diharapkan bisa membantu untuk pengembang pemula yang sedang belajar bagaimana mengembangkan aplikasi webSemoga membantu teman-teman dalam belajar ya. Terima Kasih.

 

Sumber :

1. https://www.niagahoster.co.id/blog/laravel-vs-codeigniter/

2. https://idcloudhost.com/panduan/mengetahui-fungsi-kelebihan-dan-kekurangan-codeigniter/

 


Unggul Prabowo Norotama

Unggul Prabowo Norotama

Senin, 19 April 2021

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI