BERITA BISNIS DAN MANAJEMEN Mari Mengenal Apa Itu Business Management

Mari Mengenal Apa Itu Business Management


Mari Mengenal Apa Itu Business Management

Memberi pemahaman tentang business management, tujuannya dan manfaatnya bagi dunia bisnis.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Tentang Business Management

Berbicara tentang business management atau dapat diartikan sebagai manajemen bisnis adalah sebuah ilmu yang dapat mmembantu sebuah perusahaan atau market dalam mengelola dan menjalankan bisnisnya secara efektif dan tepat sesuai tujuan dan target.

Mengapa Bisnis Harus DiManagement?

Manajemen bisnis

Sebuah usaha atau bisnis sangat memerlukan perencanaan yang matang dalam mengembangkan produknya. Tanpa pengelolaan yang benar maka bisnis dapat berjalan mundur dan bukannya berjalan maju, bisnis dan usaha memiliki visi serta misi yang sudah ditargetkan maka dari itu perlunya manajemen dalam suatu bisnis karena dengan adanya manajemen maka bisnis bisa berkembang efektif dan dapat mencapai tujuan dan misi yang sudah ditargetkan.

Fungsi Business Management

fungsi bisnis manajemen

Perencanaan (planning)

Perencanaan merupakan fungsin paling utama dan sangat penting dapat dikatakan sebagai dasar sebuah perusahaan yang harus dibangun dengan kokoh. Didalam perencanaan ada tujuan dan misi yang harus ditargetkan atau dicapai kemudia membuat dan merencakan jalan atau cara terbaik demi mencapainya.

Pengorganisasian (organizing)

Setelah rencana sudah ditentukan dengan baik sekarang waktunya menjalankannya, akan tetapi jangan terburu-buru dalam menjalankan karena perusahaan harus menentukan orang-orang yang tepat. Inilah gunanya pengorganisasian dimana didalamnya kita menentukan tugas-tugas yang harus dijalankan dan siapa yang akan bertanggung jawab untuk melaksanakannya.

Pengarahan (directing)

Dalam hal ini orang-orang yang sudah diberi tugas dan tanggung jawab penuh harus diberikan arahan agar rencana perusahaan dapat berjalan dengan efektif dan tujuan dapat dicapai, akan tetapi orang-orang ini juga harus diberi motivasi dalam bekerja. Ada 2 medote pengarahan yang dipakai yaitu influencing dan motivating.

Pengendalian (controlling)

Proses manajemen akan berjalan dengan efektif dan optimal serta mengikuti rencana yang sudah ditentukan jika adanya kontrol atau pengendalian. Kitakan tidak mau orang-orang yang bekerja tidak sesuai keinginan kita. dalam fungsi kontrol ada 4 kegiatan yang dilaksankan yaitu standar prestasi, mengukur prestasi, membandingkan prestasi dan melakukan revisi dan perbaikan.

Unsur-Unsur Business Management 

Manusia (Human)

Dalam memanajemen bisnis maka komponen utama dpaat dikatakan unsur paling penting adalah manusia. Dengan adanya manusia perusahaan dapat menentukan tujuan dan misi mereka, manusia juga adalah unsur utama yang memegang kontrol penuh.

Uang (Money)

Bahan kedua yang paling krusial tentu saja adalah uang karena selain sebagai alat tukar uang juga berfungsi sebagai pengukur nilai. Dengan menghitung jumlah uang yang dihasikan maka perusahaan itu akan mengetahui apakah bisnisnya berkembang atau tidak.

Bahan (Materials)

Salah satu unsur yang dipilih dengan cara hati-hati adalah bahan karena bahan adalah salah satu komponen utama dalam membuat produk perusahaan. Ada 2 jenis yang ada pada bahan yaitu bahan jadi dan bahan yang setengah jadi.

Mesin (Machine)

Unsur ini berbentuk alat-alat yang akan dipakai untuk membuat suatu produk perusahaan. Tentu saja tanpa unsur mesin maka bahan yang sudah disediakan tidak akan menjadi produk perusahaan.

Strategi Bisnis

StrategiStrategi bisnis adalah tindakan perusahaan dalam menentukan kebijakan dan keputusan yang didasarkan pada rencana dan tujuan yang akan dicapai sebuah perusahaan. Perusahaan akan terus membangun keunggulannya dan mengembangkan produknya agar dapat bersaing dalam pangsa pasar. Dengan adanya sebuah strategi bisnis perushaan akan mampu berjalan sesuai tujuannya dan mengidentifikasinya dari segi pasar, pesaing, pelanggan dan aspek lainnya, untuk mencapai keuntungan yang maksimal ada 5 faktor yang harus diperhatikan yaitu :

  1. Kualitas
  2. Target Pasar
  3. Kreativitas dan Inovasi
  4. Promosi
  5. Teknologi

Sumber Referensi : 

https://sleekr.co/blog/mengenal-manajemen-definisi-fungsi-dan-unsur

https://www.jojonomic.com/blog/manajemen-bisnis

https://www.jurnal.id/id/blog/strategi-bisnis-untuk-mencapai-keuntungan-maksimal


Fredryc Joshua Pa'o

Fredryc Joshua Pa'o

Minggu, 25 April 2021