BERITA TUTORIAL 5 Aplikasi Pembuat Game Tanpa Coding

5 Aplikasi Pembuat Game Tanpa Coding


5 Aplikasi Pembuat Game Tanpa Coding

Apakah kamu pernah berfikir untuk membuat game sendiri?? Apakah harus jago coding? Semua itu akan terjawab ketika kamu membaca ini.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY harga lebih murah, bisa belajar kapan saja dan di mana saja. Kelas ditulis oleh professional dari industri berkolaborasi dengan praktisi pendidikan. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Apa itu coding?

Coding adalah istilah yang biasa di pakai oleh programmer dan bisa disebut juga sebagai bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman itu di butuhkan oleh sebuah aplikasi terutama game untuk dapat berjalan dengan baik. Coding (bahasa pemrograman) tidak bisa lepas dari sebuah aplikasi, karena berperan penting untuk menerjemahkan maksut dan tujuan kenapa aplikasi tersebut dibuat.

Butuh waktu yang relatif lama untuk belajar coding dari awal (basic) hingga menjadi pandai dan jago untuk membuat codingan yang sempurna dan tepat. Tentunya tidak semua orang bisa tetap bertahan untuk belajar coding hingga mencapai target skill yang di inginkan. Banyak orang-orang yang sudah mulai bosan, jenuh, pusing ketika mereka belajar coding dan menemukan gangguan (trouble)  pada codingan yang dibuatnya.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi untuk kamu yang sudah ingin membuat game tanpa menggunakan coding.

1. GameMaker Studio

Yang pertama ada GameMaker Studio. Game engine dengan basis komunitas dan memiliki store sendiri ini, menjadi rekomendasi yang cocok untuk dicoba. Fitur yang digunakan oleh game engine ini adalah drag and drop, dimana fitur ini akan sangat memudahkan bagi pemula yang ingin membuat game dengan mudah.

2. Construct 2

Hampir sama dengan Gamemaker Studio memiliki fitur drag and drop yang dapat memudahkan pengguna untuk membuat game tanpa coding. Game engine ini menjadi rekomendasi yang tepat untuk digunakan. Game engine ini diperuntukan untuk game dengan grafis pixel art atau game retro seperti zaman dulu.

3. Stencyl

Game engine ini terkenal pada awal tahun 2000-an dan berhasil merilis game berbasis Flash di komputer. Namun, keberadaan Flash yang sudah hilang dan tergantikan oleh HTML5 ber-akibat terancamnya stencyl yang mulai di tinggalkan.

4. Buildbox

Buildbox adalah software yang bisa digunakan untuk membuat game sederhana dengan tampilan interface/antarmuka yang mudah untuk dimengerti. Buildbox memiliki beberapa fitur, antara lain:

  • Game Wizard - Fitur ini memudahkan pengguna untuk membuat setup game 2D dan 3D
  • Brainboxes - Fitur ini berisi file aset untuk drag and drop pada tampilan game yang akan dibuat.
  • Smart Assets  - Aset yang sudah tersedia di smart aset ini sudah mencakup dengan animasi yang tentunya sangat membantu dan memudahkan dalam pembuatan game.
  • Easy Monetization - Fitur ini memudahkan pengguna untuk me monetisasi hasil karya game yang sudah dibuat.

Hasil karya game terkenal yang berhasil di rilis adalah Night Rider, Impact Ball, dan Trump On The Run. Software ini bisa didapatkan dari website resmi buildbox dengan gratis atau berlangganan dengan harga yang berkisar Rp. 700.000,00 saja dengan fitur tambahan yang bisa terbuka, aset yang tidak terbatas, dan berbagai keuntungan lainnya.

5. Unreal Engine 4

Game engine ini telah berhasil merilis game-game terkenal seperti Injustice 2, Borderland 2, Gears of War 4, dllnya. Engine ini mudah digunakan, jika sudah paham bahasa pemrograman C++. Adanya fitur blueprint yang memiliki fungsi sama seperti drag and drop dimana kamu menyusun kode yang disediakan sesuai algoritma yang di inginkan.

Adanya beberapa rekomendasi game engine di atas dapat membantu untuk membuat game tanpa coding. Membuat game sederhana tanpa menggunakan coding dapat menjadi dasar untuk memulai melangkah di dunia Game Development. Kembali ke niat dan tujuan awal kita untuk mau belajar dengan sungguh-sungguh dan tetap Semangat!!

 

Sumber:

https://www.idntimes.com/tech/games/niken-ari-setyowati/game-engine-tanpa-coding-yang-cocok-untuk-pemula-c1c2/5 

https://mymovement.id/articles/cara-membuat-game-sederhana


Adriel Aaron Evano

Adriel Aaron Evano

Jumat, 30 April 2021