BERITA MAGANG Belajar 3D Creation Dengan Sebuah Impinan Untuk Diajarkan

Belajar 3D Creation Dengan Sebuah Impinan Untuk Diajarkan


Belajar 3D Creation Dengan  Sebuah Impinan Untuk Diajarkan

Saya bernama Muid Sidik atau sering anak-anak SMK saya memangil nama saya dengan sebuatan Pak Muid atau bahkan yang tidak familiar dengan nama saya mereka menyebutnya dengan panggilan bapak Desain Grafis sesuai dengan mata pelajaran yang saya ambil serta

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY harga lebih murah, bisa belajar kapan saja dan di mana saja. Kelas ditulis oleh professional dari industri berkolaborasi dengan praktisi pendidikan. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Awal mula bagaimana bisa magang di GAMELAB

Saya mengenal GAMELAB sebetulnya sudah semenjak saya mengikuti program direktorat SMK yaitu KKSI, saat itu saya sebagai pembimbing anak-anak dalam tema KKSI “Animasi 2D untuk Game Edukasi” yang saat itu trainer kami dari GAMELAB bernama Bapak Sony dan Bapak Andi, dan saat itu juga pola pembelajaran GAMELAB sangat bagus sekali kami diajarkan tentang bagaimana membuat game di aplikasi konstruk dari tahap awal sampai akhir.

Namun kenapa saat ini mengikuti pembelajaran 3D Creation hal ini dikarenakan SMK kami membuka jurusan baru yakni jurusan Multimedia, yang didalamya terdapat mata pelajaran animasi 2D dan animasi 3D, namun belum mendapatkan guru yang mempuni di bidang animasi 3D. oleh karena itu kepala sekolah merekomendasikan saya untuk mengikuti pelatihan ini, dan ketika saya berkonsultasi dengan pihak GAMELAB bahwa disana terdapat program magang guru dengan materi pembelajaran 3D Creation serta pengalaman saya mengikuti KKSI yang di bimbing langsung oleh GAMELAB sangat bagus pengajaranya maka saya memilih GAMELAB sebagai pilihan dari program magang guru ini.

Apa saja yang dilakukan keseharian magang di GAMELAB sebagai guru?

Setiap harinya saya harus melakukan absensi pagi dan sore, dalam proses belajar di game lab ini, lumayan sangat seru karena peserta mendapatkan modul serta bimbingan trainer secara langsung dan yang paling menantang dalam pembelajaran ini adalah adanya laporan KP harian yang mengharuskan kita bisa selalu disiplin dalam pembelajaran, meski terkadang segalanya dirasa agak sulit dikarenakan pekerjaan di sekolah selain mengajar juga menjadi conten creator serta mempromosikan sekolah di sekolah-sekolah mengah pertama yang ada di sekitarnya belum lagi pekerjan rumah yang mengharuskan selesai tepat waktu dan lain-lain.

Terkadang mengharuskan saya mengerjakan project dimalam hari sehabis solat tarawih dikarenakan magang saya pada kali ini bertempatan di bulan puasa ramadhan, namun alhamdulillahnya modul yang diberikan melalui LMS sangat bermanfaat juga. Karena bisa diakses 24 jam, sehingga bisa saya cicil di malam hari selain memahami tentang teori yang di berikan kemudian bisa dipraktekan meski tak jarang juga youtobe tutorial menjadi pemandu dalam mempraktekan selaian dari bimbingan trainer yang baik hati dari GAMELAB.

Apa yang paling berkesan dari program magang online GAMELAB?

Membagi waktu dan disiplin waktu. Karena sambil mengajar dan kesibukan-kesibukan lainnya, saya dituntut untuk menyelesaikan beberapa kegiatan yang sudah diprogramkan oleh tim GAMELAB. Pagi laporan, siang mengajar terkadang mengurusi penerimaan peserta didik baru, terkadang mengerjakan project desain sekolah dan di rumah kemudian di sela-sela saya menyicil proyek (tugas), malam harinya belajar melalui LMS. Terkadang kalau berhasil mengerjakan senang namun kalau sebentar-sebentar revisi agak  pusing juga sebab terkadang belum terlalu memahami nama-nama istilah di aplikasi blender. Hahaha

Menurut saya apa yang membuat program GAMELAB ini dapat meningkatkan skill?

Ada beberapa yang saya lihat bagus di pembelajaran ini

1. Adanya laporan harian yang mengharuskan peserta disiplin dalam mengikuti magang guru ini
2. Bimbingan langsung dari trainer
3. Praktek langsung dalam tugas dan studi kasus yang diberikan
4. Materi yang disediakan bagus

Studi kasus apa yang diberikan?

Studi kasus yang saya kerjakan adalah membuat 3D Creation transportasi yakni kapal layar, dimana dalam tugas ini saya diminta untuk membuat kapal layar, mulai dari modelling, UV mapping, texturing, riggin, animating serta exsport untuk keperluan game. Meski beberapa kali revisi namun trainer selalu sabar membimbing dalam penyelesaian studi kasus ini.

Saya menjadi tahu ternyata standard produksi di Industri cukup ketat. Pengerjaan tidak boleh sembarangan dan harus sesuai dengan standard minimal kualitas yang telah ada di perusahaan. Terlebih saya diberikan tugas sampai pembuatan animasinya.

Pesan apa yang ingin disampaikan kepada publik?

Berhentilah mengeluh untuk mendapatkan sesuatu, tetap berusaha meski hari ini belum maksimal, sebab belajar yang bertujuan untuk mengajarkan segalanya akan dimudahkan.


 


Muid Sidik

Muid Sidik

Selasa, 11 Mei 2021

PROGRAM GAMELAB.ID