BERITA OTHER Cara Mengupload Berkas ke Google Drive dan Share Secara Publik

Cara Mengupload Berkas ke Google Drive dan Share Secara Publik


Cara Mengupload Berkas ke Google Drive dan Share Secara Publik

Dengan Google Drive, Anda dapat mengunggah (upload), mengunduh (download), melihat, membagikan, dan mengedit berkas menggunakan ruang yang Anda miliki di Google Drive, termasuk ketika Anda menguploadnya ke folder milik orang lain.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY harga lebih murah, bisa belajar kapan saja dan di mana saja. Kelas ditulis oleh professional dari industri berkolaborasi dengan praktisi pendidikan. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Berbagi berkas dokumen dan folder kini semakin cepat dan mudah dengan hadirnya Google Drive. Apalagi, setiap orang pasti memakai minimal satu produk Google. Dengan Google Drive, Anda dapat mengunggah (upload), mengunduh (download), melihat, membagikan, dan mengedit berkas. Berkas tersebut akan menggunakan ruang yang Anda miliki di Google Drive, termasuk ketika menguploadnya ke folder milik orang lain.

Jenis berkas yang bisa diupload ke Google Drive antara lain berkas dokumen, gambar, audio, dan video. Namun, beberapa orang masih kesulitan untuk mengupload berkas ke Google Drive dan membagikannya kepada publik (share public) supaya semua orang bisa mengaksesnya. Berikut merupakan tata caranya:

Cara Mengupload Berkas & Folder

Di komputer, Anda dapat mengupload dengan masuk ke drive.google.com. Anda dapat mengupload file ke drive pribadi maupun drive bersama.

1. Di komputer, buka drive.google.com

2. Klik "Baru" / "New" pada pojok kiri atas

Klik "Baru"3. Pilih "Upload File" atau "Upload Folder"

Klik "Upload File/Upload Folder"4. Pilih file atau folder yang ungin diupload > Selesai


Cara Membagikan Berkas Ke Publik (Share Public)

1. Klik kanan pada file atau folder yang akan dibagikan > Pilih "Dapatkan Link" / "Get Link"

Klik "Dapatkan Link"

2. Klik tombol panah bawah di bagian "Dibatasi" / "Restricted" > Pilih "Siapa saja yang memiliki link" / "Anyone with the link" > Selesai

Mudah bukan cara upload berkas dan membagikannya ke publik di Google Drive? Cara diatas bisa Anda terapkan juga  menggunakan aplikasi Google Drive di ponsel Android dan Iphone/Ipad. Dengan layanan penyimpanan file berbasis internet ini persoalan penyimpanan, pengaksesan dan sharing maupun membuat dan mengedit file dapat dilakukan dengan mudah.


Sumber: drive.google.com 


Dea Vinta Permata Efendi

Dea Vinta Permata Efendi

Senin, 3 Mei 2021