BERITA WEB PROGRAMMING Cara Menjadi Front-End Developer

Cara Menjadi Front-End Developer


Cara Menjadi Front-End Developer

Artikel ini membahas tentang bagaimana cara menjadi seorang Front-End Web Developer

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Saat ini, untuk mendapatkan berbagai informasi, berkomunikasi , mengeksplor video dan musik, serta melakukan transaksi, sangat mudah dilakukan.  Salah satu perantara dari berbagai kebutuhan tersebut ialah website. Berbagai jenis website seperti, website profil suatu perusahaan, website e-commerce, website edukasi, dll. Untuk mengakses website pun cukup mudah, hanya dengan menggunakan smartphone maupun PC/Laptop yang ada asalkan terhubung ke internet. Tiap-tiap bagian website yang dapat diinteraksi oleh pengguna seperti ketika membuka suatu website kita disambut oleh tampilan utama website, ketika kita log in atau masuk ke website kita disambut halaman baru dengan konten yang berbeda, hal tersebut yang dimaksud dengan Front-End. Bagaimana cara untuk menjadi seorang Front-End Web Developer? 

sebelum membahas hal tersebut, ada baiknya kita terlebih dahulu mengetahui lebih jelas tentang apa itu Front End Web Developer.

Apa Itu Front-End Web Developer?

Secara sederhana, front-end Web developer merupakan seorang ahli yang bertanggung jawab terhadap desain dan implementasi terhadap antarmuka atau interface suatu website. Interface atau antarmuka tersebut dibutuhkan oleh pengguna agar dapat mengakses dan berinteraksi terhadap suatu website. Seorang desainer web hanya berfokus terhadap pembuatan tampilan website dan desain tanpa coding. Sedangkan seorang Front-End Web Developer,  juga berfokus terhadap desain yang dapat bekerja menggunakan coding. Singkatnya, Front-End Web Developer mengimplementasikan suatu desain web ke dalam coding agar desain tersebut bekerja dengan baik. Untuk dapat mengimplementasikan hal tersebut, seorang Front-End Web Developer minimal dapat menggunakan dan memahami dengan baik coding dengan menggunakan CSS, HTML dan Javascript.

Terdapat istilah lain didunia perwebsite-an selain Front-End Developer yaitu, Back-End Developer dan Full Stack Developer.

Singkatnya, seorang Front-End bertanggung jawab terhadap bagian dari suatu website yang dapat dilihat dan diinteraksi oleh pengguna. Seorang Back-End Developer bertanggung jawab terhadap yang berjalan dilatarbelakang suatu website seperti infrastruktur suatu website dan database. Sedangkan seorang Full Stack Developer bertanggung jawab terhadap keseluruhan proses pembuatan website dari awal sampai akhir, ini merupakan gabungan dari Front-End dan Back-End.

Apakah hanya dengan CSS, HTML, dan Javascript saja sudah bisa menjadi seorang Front-End Web Developer? jawabannya iya bisa, hanya saja ketiga hal tersebut belum mampu memenuhi permintaan industri.

Skills Apa Saja yang Dibutuhkan Oleh Seorang Front-End Developer?

  • Dapat menggunakan dengan baik HTML, CSS, Javascript dan jQuery
  • Dapat menggunakan dengan baik dan familiar terhadap software Graphic Design seperti Adobe Illustrator, Adobe XD, dll.
  • Paham dan mengerti tentang SEO
  • Memiliki skill problem solving yang baik
  • Dapat berkomunikasi dengan baik terhadap tim, bos, dan klien
  • Nilai tambahan jika memiliki gelar dibidang komputer

Berapa Gaji Seorang Front-End Web Developer?

Mengutip dari id.indeed.com, rata-rata gaji yang diperoleh seorang Front-End Web Developer di Indonesia sebesar Rp 7.601.737 per bulannya. Angka tersebut hanya hitungan seorang Front-End yang sudah ahli belum terfilter terhdapa seorang junior Front-End Web Developer dan angka tersebut mungkin berbeda ditiap daerah di Indonesia.

Bagaimana Menjadi Seorang Front-End Web Developer?

Langkah-langkah dibawah ini dapat diikuti untuk menjadi seorang Front-End Web Developer : 

  1. Belajar HTML, CSS dan Javascript

Langkah yang paling awal untuk menjadi seorang Front-End Developer ialah belajar HTML, CSS dan Javascript. Hal ini dikarenakan dasar pembuatan suatu website ialah HTML, CSS, dan Javascript.

  1. Rajin membaca buku dan artikel tentang web development dan front-end developer

Dengan rajin membaca buku, artikel maupun video tentang web development front-end, kita menjadi lebih tahu tentang cara kerja suatu website dan seorang front-end.

  1. Selalu latihan

Mulai dengan kerjakan latihan project kecil lalu bertahap ke latihan project yang besar akan semakin meningkatkan kemampuan kamu.

  1. Tingkatkan skill

Tingkatkan skill mu dengan sumber-sumber gratis yang disediakan untuk edukasi seperti freeCodeCamp, Bootsrap, CodeCademy, dll.

  1. Ambil Kursus

Coba ambil kursus berbayar maupun gratis untuk meningkatkan skill sambil mencoba latihan project dan ujian yang disediakan. Biasanya setelah lulus dari kursus tersebut kamu dapat sertifikat loh.

  1. Ikuti kegiatan magang

Setelah dasar-dasar dari Front-End Developer sudah bisa dilakukan, coba ikuti kegiatan magang yang sesuai dengan bidang front-end agar dapat terjun kelapangan dengan project-project dan lingkungan yang terasa lebih nyata. Kamu juga bisa mencoba magang online di Gamelab Indonesia loh. Dengan magang di Gamelab Indonesia, kamu bisa menentukan sendiri mulai magang nya kapan dalam periode tertentu. Selain magang kamu juga merasakan seperti ikut kursus. Kapan lagi magang + kursus + tugas akhir + project yang menarik +sertifikat + waktu dan tempat yang flexible kalau bukan di Gamelab Indonesia.

 

Semoga berhasil dan semangat ya !!

 


Tsinmi Tri Azkiya Waslin

Tsinmi Tri Azkiya Waslin

Jumat, 4 Juni 2021