BERITA GAMING Pengaruh 3D pada Perkembangan Dunia Game

Pengaruh 3D pada Perkembangan Dunia Game


Pengaruh 3D pada Perkembangan Dunia Game

Artikel ini menjelaskan mengenai perubahan dan perkembangan dunia game oleh adanya pengaruh dari penggunaan 3D.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, desain, coding, 3D artwork, art dan illustrasi dan digital music hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Siapa yang tidak mengenal game? Seseorang tentu pernah bermain game minimal sekali dalam hidupnya, seperti game offline ataupun online. Game atau permainan sudah ada sejak dari zaman dulu kala, yang tujuannya tentu saja sebagai media hiburan. Seiring dengan berkembangnya zaman, game mulai mengalami perubahan. Bermulai dari berpindahnya game offline menjadi game online, salah satu contohnya adalah catur. Sebelum adanya internet, catur masih dimainkan secara tatap muka dan tidak dapat dimainkan secara jarak jauh, namun berkat adanya perkembangan teknologi dan internet yang membuat game tersebut dapat dikembangkan menjadi game online, sehingga pemain dapat memainkannya kapan saja, dimana saja dan dengan siapa saja.

#1 Grafik

Terlepas dari hal tersebut, game dibuat dengan tujuan utama yaitu menghibur pemain. Tentu saja untuk membuat hal itu terwujud game harus mempunyai beberapa aspek didalamnya. Seperti cerita, suara, dan tentu saja grafik. Grafik mempunyai peranan yang cukup penting dalam dunia game.

Perkembangan Game Mario

 

Kita ambil contoh seperti game mario, game buatan Nintendo ini telah mengalami perkembangan dari tahun ke tahun. Seperti pada tahun 1985 dimana bentuk mario masih dalam bentuk pixel atau 2D, dan pada tahun 2007 yang dimana bentuk mario sudah terlihat semakin nyata yaitu dalam bentuk 3D.

Perubahan dari desain karakter tersebut merupakan salah satu efek dari berkembangnya teknologi dan juga tuntutan para pemain dari segi gameplay dan juga grafik. Pengaruh 3D membuat seolah-olah karakter, ataupun tempat-tempat yang ada di dalam sebuah game dapat terlihat lebih hidup dan nyata. Hal ini membuat banyak developer game yang membuat game-game dengan grafik yang realistis.

#2 Gameplay

Dampak dari berkembangnya teknologi dan juga penggunaan pada 3D membuat banyak developer mengembangkan game dengan genre atau tema yang berbeda-beda. Contoh dari dampak tersebut adalah game Grand Theft Auto : San Andreas.

Game ikonik besutan Rockstar Games ini merupakan game berbasis open world yang dimana pemain akan menggunakan karakter bernama Carl Johnson (CJ) sebagai pemain utama. Game buatan tahun 2004 ini mengusung tema free roam yang artinya pemain dapat langsung berkelana atau dengan bebas berpergian kemana saja di dunia tersebut tanpa terikat suatu aturan tertentu. Bentuk karakter, bangunan, pohon, jalanan, dan kendaraan yang digunakan pun dikemas dalam bentuk 3D membuat game tersebut terlihat nyata.

Tentu dengan namanya game pasti mempunyai banyak genre atau jenis yang berbeda-beda, selain open world terdapat juga game dengan genre First Person Shooter (FPS) dan Third Person Shooter (TPS). Game dengan genre-genre ini biasanya banyak ditemukan pada game yang mengusut tema peperangan, atau tembak-menembak. FPS merupakan game dengan memakai perspektif orang pertama, atau seperti pandangan manusia asli pada umumnya. Sedangkan TPS menggunakan perspektif pandangan orang ketiga.

FPS vs TPS GameBerkat adanya 3D, desain, visualisasi pada karakter dan juga tampilan pada game tersebut dapat terlihat semakin nyata dan juga detail.

#3 Fungsionalitas

Penerapan 3D pada game tidak lagi dipungkiri dapat memberikan efek grafik dan animasi yang luar biasa. Tentu juga dengan adanya 3D, funsgi-fungsi pada game dapat digunakan dan diterapkan dengan semestinya. Contohnya adalah gerakan visual pada karakter seperti, berlari, melompat, menembak, memanjat, melakukan serangan, dan masih banyak lagi.  Dengan 3D, animasi visualisasi tersebut dapat lebih disesuaikan dan digerakkan sesuai keinginan sehingga hasil yang diberikan pun dapat terlihat lebih halus.

#4 Penutup

Perkembangan dunia game tentu saja bergantung dengan teknologi dan juga permintaan dari para pemain. Kehadiran 3D pada saat ini sudah sangat membantu dalam aspek-aspek kehidupan manusia, dalam arti sebagai media pembelajaran, media hiburan, pekerjaan, dan lain-lain. Namun, apakah 2D atau 2 dimensi sudah tidak digunakan? jawabannya adalah tidak, 2D tetap bisa digunakan tergantung dengan situasi dan kondisi yang diinginkan. Artikel ini diharapkan dapat membantu pembaca untuk mengetahui mengenai perkembangan dan efek yang ditimbulkan dari adanya 3D pada dunia game. Sekian dan terima kasih sudah membaca.


Sumber :  https://www.techradar.com/news/gaming/the-evolution-of-3d-games-700995 


Marvel Arkha Tania

Marvel Arkha Tania

Kamis, 10 Juni 2021