BERITA CREATIVE, DESAIN & MULTIMEDIA Tips Anti Ribet Mengubah Warna di Adobe Illustrator

Tips Anti Ribet Mengubah Warna di Adobe Illustrator

Oleh Muhammad Saiful Imam | Jumat, 6 Agustus 2021

Tips Anti Ribet Mengubah Warna di Adobe Illustrator

Untuk mengubah warna sebuah ilustrasi selain mempertimbangkan proporsi palet warna, pemilihan objek yang banyak cukup menguras waktu. Tapi dengan fitur ini, pekerjaanmu akan lebih mudah lho!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Pembuka

Mengolah sebuah ilustrasi tidak jarang membutuhkan banyak alternatif konsep, bentuk, maupun warna. Terutama untuk menyajikan beberapa pilihan warna membutuhkan beberapa palet untuk diaplikasikan pada ilustrasi tersebut. Walaupun sudah ada palet warna, untuk memindahkan susunan-susunan warna ke suatu ilustrasi tidaklah cepat. Perlu diperhatikan juga porsi masing-masing warna agar sesuatu yang ditonjolkan dari ilustrasi tersebut tidak tenggelam oleh objek pendamping.

Adobe Illustrator mempunyai fitur berupa Recolor Artwork, yang memungkinkan anda mengubah warna ilustrasi anda tanpa menyeleksi objek satu persatu. Fitur Recolor Artwork juga dapat menyimpan palet warna favorit anda.

Langkah 1 - Seleksi Objek

Langkah awal yang perlu anda persiapkan adalah buka software Adobe Illustrator, kemudian buka file ilustrasi yang akan diberi warna lain. Jangan lupa juga palet warna sebagai referensi warna kedua.

Palet WarnaPattern vector dibuat oleh freepik

Setelah file terbuka, copy dahulu ilustrasi anda menjadi 2. Seleksi ilustrasi kedua, lalu klik Edit pada menu bar, pilih Edit Color, kemudian Recolor Artwork...

Langkah 2 - Pilih Warna

Masuk pada window Recolor Artwork, di bagian kiri terlihat semua warna yang ada dalam ilustrasi yang kita pilih. Untuk menggantinya, klik pada kotak kecil dibagian new. Klik kotak warna pada kiri bawah. Nantinya, akan muncul window baru.

Pilih warna yang akan diganti

Ganti warna dengan memasukan kode RGB

Nah pada window ini, masukan kode RGB palet warna yang sudah anda siapkan. Misal untuk warna kuning FFA92C. Untuk merubah warna lainnya, ulangi langkah diatas, sehingga 4 warna sebelumnya terganti oleh warna baru.

Langkah 3 - Simpan Pengaturan

Setelah semua warna berubah, klik ok. Maka kita bisa lihat hasil perubahan warna dari ilustrasi kedua dengan pertama.

Masih kurang cepat langkahnya? Mari kita coba cara lain. Ulangi langkah pertama untuk masuk masuk ke menu Recolor Artwork.

Langkah 4 – Menggunakan Fitur Edit

Oke, kita msuk lagi pada menu Recolor Artwork. Sekarang perbedaannya, masuk pada tab edit. Anda akan melihat color wheel disini. Untuk mengganti warnanya cukup mudah tinggal diputar saja warnanya. Tapi sebelum itu, anda harus klik lock dibagian kanan bawah color wheel supaya range warnanya tidak berubah.

Jangan lupa klik lock

Putar color wheel untuk mengganti warna

Baca Juga : Sebuah Tips Lulusan SMK Bisa Tembus Perusahaan IT Multinasional, Berikut 10 Penjelasannya!

Langkah 5 – Review Hasil

Ketika sudah melakukan langkah ke 4, anda mendapat 2 illustrasi baru dengan warna berbeda. Bagaimana, jauh lebih cepat bukan? Setelah ini, anda dapat bereksplorasi lebih banyak warna pada illustrasimu. Tidak usah takut salah memberikan warna, toh anda sudah punya cara cepat untuk merubahnya jika salah.

Tunggu apalagi, ayo dicoba!


Referensi

https://smallbusiness.chron.com/recolor-illustrator-44879.html


Muhammad Saiful Imam

Muhammad Saiful Imam

Jumat, 6 Agustus 2021

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI