BERITA SMK Kerjasama Kelas Industri SMK Telkom Lampung dengan Gamelab Indonesia

Kerjasama Kelas Industri SMK Telkom Lampung dengan Gamelab Indonesia


Kerjasama Kelas Industri SMK Telkom Lampung dengan Gamelab Indonesia

Kabar baik dan kabar gembira, SMK Telkom Lampung sepakat bekerjasama dengan Gamelab Indonesia untuk pembentukan kelas industri Digital Art & Illustration untuk kompetensi kelahlian Animasi.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Kabar baik telah terjalin kerjasama resmi antara SMK Telkom Lampung dengan Gamelab Indonesia, PT Educa Sisfomedia Indonesia. Kerjasama yang dimaksud adalah pembentukan kelas industri yang terdiri dari guru tamu, penyelarasan kurikulum dan pengembangan lab standar industri.

Rabu, 28 Juli 2021, salah satu Sekolah Menengah Kejuruan yang berada dibawah naungan Yayasan Pendidikan Telkom dan satu – satu nya Telkom School – SMK Telkom yang ada di Lampung, mengadakan sinkronisasi kurikulum bersama Gamelab Indonesia, PT Educa Sisfomedia Indonesia (Educa Studio). Adapun Gamelab Indonesia merupakan mitra industri SMK Telkom Lampung.

Sinkronisasi Kurikulum SMK

Kegiatan ini merupakan bagian dari pelaksanaan kerjasama kedua belah pihak. Sinkronisasi kurikulum dilaksanakan secara daring karena situasi sedang kurang kondusif. Dihadiri oleh yang terhormat Kepala Sekolah SMK Telkom Lampung, Bapak Rosyanto, M.Pd. beserta Kepala Program Studi, Bapak Imam Suhendri, S.Kom, Waka Bagian Kurikulum, Bapak Dedi Eko Cahyono dan Guru Mata Pelajaran Gambar dan Sketsa, Bapak Ricky Helmi Arif, S.Pd. Dari Gamelab Indonesia hadir Septi Yuliana sebagai koordinator program kelas industri.

Sinkronisasi kurikulum ini bertujuan merencanakan, membuat kesepakatan dan memastikan nantinya seluruh kegiatan proses pengimplementasian kurikulum industri dimiliki oleh mitra industri (PT Educa Sisfomedia Indonesia - Gamelab) pada kurikulum sekolah berjalan lancar.

Kerjasama SMK dan Industri

SMK Telkom Lampung dan PT Educa Sisfomedia Indonesia (Educa Studio dan Gamelab Indonesia) sebagai mitra industri telah menjalin kerjasama sinergis di beberapa bidang yaitu: 

  • Pembentukan kelas industri jurusan Animasi
  • Sinkronisasi dan Pengembangan Kurikulum
  • Pengembangan lab standard industri
  • Guru tamu dan pengajar dari industri
  • Kelas industri Gamelab Digital Art & Illustration

Kelas Industri Digital Art & Illustration

Laboratorium SMK Telkom Lampung

Sesuai dengan kesepakatan bersama, kelas industri Gamelab di SMK Telkom Lampung berfokus pada kompetensi keahlian Animasi khususnya pada profesi Digital Art & Illustration, Desain Grafis dan Illustrasi Vektor. Pengalaman perusahaan induk Gamelab yaitu PT Educa Sisfomedia Indonesia (Educa Studio) yang bergerak di bidang komik, games dan animasi akan sangat bermanfaat untuk mengarahkan para peserta kelas industri untuk menjadi ilustrator yang handal sebelum lulus. 

Mengenal SMK Telkom Lampung

SMK Telkom Lampung adalah Sekolah Menengah Kejuruan yang berada dibawah naungan Yayasan Pendidikan Telkom dan satu – satu nya Telkom School – SMK Telkom yang ada di Lampung. SMK Telkom Lampung (Stella) hadir untuk memfasilitasi putra – putri terbaik lulusan SMP/Sederajat untuk melanjutkan pendidikan di sekolah yang berbasis ICT. Dengan menerapkan Sistem Pendidikan yang berkualitas dan berkarakter di Bidang Teknologi Informasi dalam Nuansa yang Religius.

SMK Telkom Lampung memiliki kurikulum bestandar Telkom Schools yang menerapkan pendidikan berbasis ICT. Hal ini menjadi pembeda Telkom School Lampung menjadi sekolah favorit dibandingkan sekolah lain pada umumnya.

SMK Telkom Lampung menerapkan pendidikan berbasis Full ICT untuk menunjang kegiatan belajar siswa dalam mempersiapkan kompetensi untuk Industri 4.0.

Manajemen SMK Telkom Lampung berkomitmen untuk memberikan pelayanan jasa pendidikan yang bermutu tinggi dengan melibatkan seluruh komponen sekolah yang ada dengan mengembangkan kepribadian yang memiliki jiwa CARE (Character, Adaptable, Responsible, Educative)

SMK Telkom Lampung memiliki empat kompetensi keahlian yang bisa kalian pilih. Keempat kompetensi keahlian ini saling berkaitan satu sama lain. Sehingga dengan dukungan guru-guru kami yang keren nantinya kalian bisa mempelajari semuannya.

1. Rekayasa Perangkat Lunak

Mempelajari seluruh aspek produksi software seperti aplikasi web dan aplikasi mobile.

2. Teknik Komputer dan Jaringan

Mempelajari cara merakit, instalasi, dan perbaikan komputer, instalasi jaringan Local Area Network (LAN) dan Wide Area Network (WAN), serta Internet of Things (IoT).

3. Teknik Jaringan Akses Telekomunikasi

Pada kompetensi keahlian ini, para siswa SMK dituntut untuk bisa memahami, mengoperasikan hingga memelihara berbagai perangkat utama dan pendukung jaringan telekomunikasi yang digelar oleh berbagai operator telekomunikasi maupun perusahaan-perusahaan pengguna sarana telekomunikasi sebagai infrastruktur pendukung core business-nya. Jangkauan yang harus mereka (para siswa SMK dengan kompetensi keahlian Teknik Jaringan Akses) kuasai meliputi Jaringan Lokal Akses Tembaga, Jaringan Lokal Akses Fiber Optik, dan Jaringan Lokal Akses Radio (Wireless).

4. Animasi

Pada kompetensi keahlian ini, akan mempelajari gambar bergerak dari sekumpulan objek atau gambar yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar atau obyek tersebut dapat berupa gambar makhluk hidup, benda mati, ataupun tulisan. Saat ini banyak industri yang menggunakan cara promosi atau marketing dengan menggunakan animasi untuk mengenalkan produk mereka kepada masyarakat

Tentang Gamelab Indonesia

Gamelab Indonesia fokus pada pendidikan vokasi, khususnya SMK. Berdiri pada tahun 2018 di bawah PT Educa Sisfomedia Indonesia (Educa Studio). Educa Studio sendiri berdiri pada tahun 2011 yang fokus pada pengembangan media pembelajaran interaktif seperti edugames, animasi dan komik. 

Gamelab memiliki berbagai program pendidikan dan pelatihan seperti: 

  • Magang Online, termasuk integrasi program kampus merdeka
  • Kelas industri dan Teaching Factory untuk SMK dan Perguruan Tinggi
  • Program Kartu Prakerja, program pelatihan dari pemerintah

Pembukaan Kelas Industri dan Teaching Factory

Akhir kata, apabila ada SMK yang tertarik untuk melakukan kerjasama dengan industri bisa menghubungi tim Gamelab Indonesia untuk kami bantu fasilitasi dan realisasi. Program-program di Gamelab Indonesia fokus dan menyesuaikan kebutuhan pendidikan vokasi SMK yang terdiri dari: 

  • Kelas Industri dan Teaching Factory (selengkapnya)
  • Magang Siswa dan Guru (selengkapnya)
  • Sinkronisasi dan Pengembangan Kurikulum
  • Job Matching dan Program Karir lulusan (selengkapnya)
  • Uji Keahlian Kompetensi Siswa SMK

Dea Vinta Permata Efendi

Dea Vinta Permata Efendi

Jumat, 13 Agustus 2021