BERITA WEB PROGRAMMING Membahas tentang Apa Itu CRUD & Fungsi dari pemograman

Membahas tentang Apa Itu CRUD & Fungsi dari pemograman


Membahas tentang Apa Itu CRUD & Fungsi dari pemograman

Pada artikel ini kami akan membahas tentang apa itu CRUD , dan juga kami akan membahas kegunaan dan fungsi dari CRUD dalam pemograman.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Apa Itu CRUD ? 

Di dalam dunia pemrograman ada banyak jenis dan metode pengembangan yang dilakukan.  Salah satu Fungsi paling umum digunakan adalah CRUD.  CRUD adalah singkatan yang berasal dari Create, Read, Update, dan Delete, Di mana empat istilah tersebut adalah fungsi utama yang akan diimplementasikan dalam database.

Keempat poin menunjukkan bahwa fungsi utama dalam penggunaan database relasional bersama dengan aplikasi yang mengelolanya, seperti Oracle,  MySQL,  SQL Server dan lainnya. Jika dikaitkan dengan Interface , peran CRUD sebagai fasilitator terkait dengan tampilan pencarian dan perubahan informasi dalam bentuk formulir, tabel, atau laporan. Kemudian, itu akan ditampilkan di browser atau aplikasi pada perangkat komputer pengguna.

Fungsi dari CRUD 

Ada 4 Point yang penting dari fungsi CRUD yaitu : 

  1. Create 
  2. Read
  3. Update 
  4. Delete

Create 

Fungsi pertama pada CRUD adalah Create. Yaitu fungsi yang digunakan untuk menambah atau melakukan Insert  kalimat atau pernyataan untuk membuat Record  atau Catatan baru. Proses ini bisa kita dapati saat mendaftar ke halaman website. Data yang kita input selanjutnya akan disimpan ke database.

Read     

Fungsi kedua Read, itu berarti memungkinkan kita untuk mencari atau mengambil data tertentu dalam tabel dengan membaca nilainya. Fungsi Read  memiliki kesamaan dengan fungsi pencarian yang biasanya Anda temukan dalam berbagai perangkat lunak.

Update

Fungsi ketiga adalah Update, yang berfungsi untuk memodifikasi data atau Record yang telah disimpan dalam database. Namun, kita juga perlu mengubah beberapa informasi terlebih dahulu untuk mengubah Record  sesuai dengan kebutuhan kita.

Delete

Fungsi terakhir adalah Delete, di mana ketika kita tidak perlu menggunakan Record  lagi, maka data perlu dihapus. Jadi, kita perlu menggunakan fungsi Delete untuk memproses kegiatan ini.

Kelebihan dari Penerapan CRUD

  • Dapat digunakan dalam berbagai Bahasa Pemrograman
  • Mengoperasikan Pemrograman cukup Mudah
  • Membuat Tampilan lebih responsive

Cara Kerja sistem CRUD

Mengenai metode kerja CRUD di sini, biasanya bekerja sesuai dengan persyaratan sistem dan pengguna yang berbeda juga dapat memiliki metode kerja yang berbeda. Pengguna dapat menggunakan CRUD untuk membuat akun, mengakses akun, dan kemudian kembali ke situs. Pengguna berikut dapat memperbarui data pribadi mereka atau mengubah informasi yang telah dibuat sebelumnya.


Andy Mathew Tandella

Andy Mathew Tandella

Senin, 23 Agustus 2021