BERITA PROGRAMMING PyGame: Cara Mudah Membuat Game Menggunakan Python

PyGame: Cara Mudah Membuat Game Menggunakan Python

Oleh Fernando Chandra | Jumat, 3 September 2021

PyGame: Cara Mudah Membuat Game Menggunakan Python

PyGame adalah sebuah modul gratis yang dapat digunakan untuk mengembangkan sebuah game dengan mudah menggunakan bahasa Python.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Saat ini perkembangan digital telah berkembang sangat pesat, banyak sekali teknologi yang muncul dalam beberapa dekade ini. Seiring dengan hal tersebut, Bahasa Pemrograman juga tidak mau kalah. Python adalah salah Bahasa Pemrograman yang saat ini banyak digunakan Developer untuk membuat berbagai macam teknologi. Python saat ini menduduki Bahasa pemrograman paling populer di dunia per Agustus 2021 dengan mencapai rasio penggunaan sebesar 31.47% jika dibandingkan dengan seluruh Bahasa pemrograman yang digunakan oleh developer di seluruh dunia.

Apa itu PyGame?

Python dapat digunakan untuk pengembangan Web, Machine Learning, bahkan untuk pengembangan Game. Pengembangan Game dengan Bahasa Python saat ini sangatlah memungkinkan karena adanya sebuah modul yang memudahkan developer dalam membuat game. Modul tersebut bernama PyGame.

PyGame adalah kumpulan dari beberapa modul Python yang khusus dibuat untuk mengembangkan Game. Di dalam PyGame sudah dilengkapi dengan library fungsional SDL (Simple DirectMedia Layer) yang mendukung untuk mengembangkan sebuah game. Library SDL (Smple DirectMedia Layer) adalah library yang memungkinkan developer untuk dapat mengakses audio, keyboard, mouse, joystick, perangkat grafis melalui OpenGL dan Direct3d. Hal ini sangatlah penting untuk menunjang pengembangan sebuah Game.

PyGame adalah open-source module yang dapat digunakan di berbagai platform. Sehingga hal ini memungkinkan kalian untuk membuat game di platform Linux yang notabene sangatlah kekurangan Game jika dibandingkan dengan Windows dan Mac.

Baca Juga : Mengapa Python Menjadi Bahasa Pemrograman Favorit? Berikut Penjelasannya!

Kelebihan PyGame

Sangat portable

Dapat dijalankan di OS Linux, Windows, Windows CE, BeOS, MacOS, Mac OS X, FreeBSD, NetBSD, OpenBSD, BSD/OS, Solaris, IRIX, dan QNX. PyGame juga mendukung penggunaan di AmigaOS, Dreamcast, Atari, AIX, OSF/Tru64, RISC OS, SymbianOS and OS/2. Selain itu PyGame juga dapat dijalankan di perangkat genggam, konsol, dan komputer OLPC (One Laptop Per Child).

Simple dan mudah digunakan

PyGame dapat digunakan oleh berbagai kalangan developer. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa dapat menggunakannya karena kemudahan yang disajikan oleh PyGame. PyGame digunakan di OLPC project dan diajarkan di online kursus yang dapat dipelajari oleh berbagai kalangan.

Penanganan bugs yang cepat

Jika kamu mengalami kendala atau mendapatkan bug saat membangun game menggunakan PyGame, tenang saja. Cukup laporkan bug tersebut maka pihak PyGame akan segera menyelesaikan bug tersebut. Hal ini dikarenakan pihak PyGame yang sangat ingin untuk membantu siapapun mengembangkan game menggunakan modul mereka dengan baik dan tanpa kendala.

Kode yang singkat

Banyak dari kita malas untuk memulai pemrograman adalah karena banyaknya baris kode yang harus diketik untuk bisa membuat sebuah produk. Di PyGame kalian tidak akan menemui hal tersebut. Di PyGame developer tidak akan menemui kode yang tidak terpakai di projectnya. Cukup ketikkan kode penting sesuai dengan fitur dari game yang akan dibuat. Selain itu PyGame juga dilengkapi dengan GUI libraries. Jadi untuk kamu yang terbiasa drag n drop saat mengembangkan sebuah game. PyGame adalah pilihan yang tepat.

Banyak game yang telah dirilis

Sudah banyak developer game saat ini yang menggunakan PyGame dalam proses pengembangan game mereka. Finalis Indie Game Festival, Finalis Australia Game Festival, developer game popular, serta para pengembang open-source game adalah beberapa contoh dari pengguna PyGame. Setidaknya saat ini telah ada lebih dari 660 game yang telah dibuat menggunakan PyGame. Kebanyakan game – game tersebut dirilis melalui website official PyGame. Hal ini dinilai dapat memudahkan para developer baru yang ingin mencoba mengembangkan game menggunakan PyGame. Selain itu kelebihan ini juga dinilai dapat meningkatkan keyakinan terhadap game yang akan kamu buat karena pada website official PyGame pengguna dapat mencoba game yang telah dibuat untuk mengetahui kelemahan dari game tersebut.


Fernando Chandra

Fernando Chandra

Jumat, 3 September 2021

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI