BERITA PENDIDIKAN Menumbuhkan Jiwa Rajin Menabung Pada Anak

Menumbuhkan Jiwa Rajin Menabung Pada Anak


Menumbuhkan Jiwa Rajin Menabung Pada Anak

Artikel ini membahas mengenai bagaimana cara menumbuhkan jiwa rajin menabung pada anak khususnya sejak anak usia dini agar anak terbiasa menyisihkan uang saku nya dan tidak hidup boros.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Sebagai orang tua ataupun calon pendidik tentunya kita ingin sekali memiliki anak yang memiliki jiwa hemat dan rajin menabung untuk masa depannya kelak. Namun masih banyak sekali diantara kita yang belum mengetahui bagaimana cara  mendidik ataupun menumbuhkan jiwa rajin menabung pada anak agar menjadi anak yang tidak boros, bisa hidup hemat. Akan tetapi sebelum mengajarkan anak agar anak rajin menabung, alangkah baiknya sebagai orangtua harus bisa menjadi tauladan untuk anak-anaknya. Artinya jika kita menginginkan anak yang gemar menabung berarti kita juga sebagai orangtua harus pandai menabung. Nah disini saya akan menjelaskan bebarapa tips untuk mendidik anak agar gemar menabung dan tumbuhlah jiwa rajin menabung pada anak. Yuk kita simak penjelasannya dibawah ini.

Tips Mendidik Anak Agar Rajin Menabung

Ajarkan Anak Untuk Bersedekah

Sebagai orangtua yang baik dan taat agama, tidak ada salahnya jika kita sudah mulai mendidik anak untuk bersedekah sejak dini karena hal ini tentunya akan menjadi kebiasaan yang baik untuk mereka kedepannya. Beri ia sebuah pemahaman yang jelas  bahwasannya sedikit atau banyaknya harta yang kita miliki saat ini masih ada hak orang lain. Yang mana hak itu harus kita berikan kepada mereka yang membutuhkan. Ajarkan ia untuk selalu konsisten dalam menyisihkan uang sakunya untuk bersedekah misalnya cukup dengan Rp.1000 setiap harinya.

Berikan Anak Pemahaman Mengenai Manfaat Menabung

Berikan pemahaman pada anak bahwasannya banyak sekali manfaat yang akan didapat apabila kita rajin menabung. Beritahu ia bahwa  dengan rajin menabung kita akan mendapatkan banyak sekali manfaat seperti, dengan menabung kita bisa membeli apapun yang kita inginkan, menghindarkan kita dari hidup boros karena boros merupakan salah satu hal yang dibenci oleh Tuhan, selain itu menabung juga dapat melatih kita untuk lebih bijak lagi dalam mengelola keuangan, dan menghargai bahwasannya untuk mendapatkan uang bukanlah hal yang mudah.

Menjadi Teladan Yang Baik Untuk Anak

Sebagai orangtua tentunya kita menjadi role model bagi anak-anak. Sebagai tauladan yang baik bagi mereka kita harus bisa mencontohkan hal hal yang baik seperti tidak hidup boros, dan tidak membeli apa yang tidak dibutuhkan.

Buatkan Kotak Tabungan

Untuk kotak tabungan sendiri alangkah baiknya sebagai orangtua kita memberikan 3 kotak tabungan yaitu tabungan jangka  Panjang (untuk masa depan), tabungan keinginan dan tabungan kebutuhan. Beri pemahaman kepada mereka bahwasannya menabung bukan hanya untuk membeli apa yang kita inginkan melainkan dengan menabung juga kita dapat melanjutkan Pendidikan yang terbaik di masa yang akan datang. Berikut fungsi dari 3 kotak tabungan tadi ;

  • Pertama tabungan jangka panjang, untuk tabungan jangka Panjang ini dapat digunakan untuk masa depan misalnya untuk melanjutkan Pendidikan di masa yang akan datang ataupun untuk dijadikan modal usaha dimasa depannya kelak. Pada kotak tabungan pertama ini ajarkan anak-anak menyisihkan uang jajannya dan disimpannya dalam kotak ini, kemudian kumpulkan dalam waktu 1 bulan dalam kotak tersebut, jika sudah 1 bulan setorkan uang dalam kotak tersebut ke Rekening Tabungan agar aman dan dapat disimpan dalam jangka panjang.
  • Kedua tabungan keinginan, dalam kotak tabungan keinginan ini dapat digunakan untuk membeli apa yang ia inginkan, misalnya ia ingin membeli mainan keluaran terbaru. Setiap anak pastinya memiliki keinginan masing-masing, maka dari itu agar anak tidak selalu meminta kepada orangtua apa yang ia inginkan ajarkan anak agar senantiasa menabung terlebih dahulu untuk membeli apa yang ia inginkan.
  • Dan yang terakhir kotak tabungan kebutuhan, Kotak tabungan kebutuhan ini dapat digunakan untuk membeli apapun yang anak butuhkan seperti kebutuhan sekolah anak membutuhkan buku, sepatu, tas ataupun keperluan lainnya untuk sekolah. Ya memang hal ini masih menjadi tanggung jawab orangtuanya untuk memenuhi kebutuhan tersebut akan tetapi tidak ada salahnya mendidik anak seperti ini karena hal ini menjadi kebiasannya dimasa masa berikutnya.

Membawa Bekal Makanan ke Sekolah

Bawakan ia bekal makanan ke sekolah agar pada jam istirahat ia tidak banyak jajan di luar. Selain bisa lebih hemat hal ini juga dapat menghindari anak dari jajanan yang tidak baik yang tentunya banyak bahan pengawet jika jajan diluar.

Nah itu dia tips menumbuhkan jiwa rajin menabung pada anak sejak usia dini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan khususnya bagi diri saya sendiri. Sekian dan terimakasih.

Sumber : http://www.sisfotenika.stmikpontianak.ac.id/index.php/sindimas/article/view/585/393


VINI NURUL HIKMAH OKTAVIANI

VINI NURUL HIKMAH OKTAVIANI

Minggu, 10 Oktober 2021