Merancang Kurikulum Pembelajaran dan Pengembangan Media prakerja

Merancang Kurikulum Pembelajaran dan Pengembangan Media

Pelatihan ini dirancang khusus untuk membantu para pendidik, pengembang kurikulum, dan para profesional pendidikan dalam merancang kurikulum pembelajaran yang efektif dengan integrasi media modern. Peserta akan dibimbing untuk memahami konsep merancang kurikulum yang relevan dengan kebutuhan target audience dan okupasi tertentu untuk menjadi spesialis metode pendidikan.

Level

Pemula

Kategori

Personal Development

Durasi

562 Menit


Rp 1.000.000
Kelas ini terdiri dari
topik 3 Topik
assesment 6 Assesment
module 6 Modul
sertifikat Sertifikat

Pelatihan ini menggunakan moda Asinkronus dalam bentuk video pembelajaran dan tugas terstruktur

Okupasi Pelatihan: Spesialis Metode Pendidikan - Perencana Kurikulum

Rujukan Okupasi: COL 2018

Gambaran Pelatihan

Pelatihan ini dirancang khusus untuk membantu para pendidik, pengembang kurikulum, dan para profesional pendidikan dalam merancang kurikulum pembelajaran yang efektif dengan integrasi media modern. Peserta akan dibimbing untuk memahami konsep merancang kurikulum yang relevan dengan kebutuhan target audience dan okupasi tertentu untuk menjadi spesialis metode pendidikan.

Kompetensi yang Dilatih

Peserta akan berlatih mengembangkan media pembelajaran digital dengan menggunakan berbagai aplikasi dan teknologi terkini, termasuk merancang kurikulum, merumuskan Standar Kompetensi, menyusun program pembelajaran, dan merencanakan penyajian materi. Pelatihan ini didesain untuk memperkuat keterampilan praktis dalam menghasilkan materi pembelajaran yang inovatif dan efektif. 

Urutan Pembelajaran

Sesi 1: Merancang Kurikulum dan Peta Kompetensi

Sesi 2: Merumuskan Standar Kompetensi

Sesi 3: Menyusun Program Pembelajaran

Sesi 4: Merencanakan Penyajian Materi.

Sesi 5: Mengembangkan Media Pembelajaran

Pelatihan ini menggunakan moda Asinkronus dalam bentuk video pembelajaran dan tugas terstruktur

Okupasi Pelatihan: Spesialis Metode Pendidikan - Perencana Kurikulum

Rujukan Okupasi: COL 2018

Gambaran Pelatihan

Pelatihan ini dirancang khusus untuk membantu para pendidik, pengembang kurikulum, dan para profesional pendidikan dalam merancang kurikulum pembelajaran yang efektif dengan integrasi media modern. Peserta akan dibimbing untuk memahami konsep merancang kurikulum yang relevan dengan kebutuhan target audience dan okupasi tertentu untuk menjadi spesialis metode pendidikan.

Kompetensi yang Dilatih

Peserta akan berlatih mengembangkan media pembelajaran digital dengan menggunakan berbagai aplikasi dan teknologi terkini, termasuk merancang kurikulum, merumuskan Standar Kompetensi, menyusun program pembelajaran, dan merencanakan penyajian materi. Pelatihan ini didesain untuk memperkuat keterampilan praktis dalam menghasilkan materi pembelajaran yang inovatif dan efektif. 

Urutan Pembelajaran

Sesi 1: Merancang Kurikulum dan Peta Kompetensi

Sesi 2: Merumuskan Standar Kompetensi

Sesi 3: Menyusun Program Pembelajaran

Sesi 4: Merencanakan Penyajian Materi.

Sesi 5: Mengembangkan Media Pembelajaran

Respon Positif dari alumni GAMELAB.ID
  • GameLab adalah program yang luar biasa yang telah sangat membantu saya. Dengan konten berkualitas, pengalaman praktis, dan dukungan profesional, saya merasa lebih siap dan percaya diri untuk mengejar karier dalam industri game. Keuntungan fleksibilitas dan aksesibilitas juga memungkinkan saya untuk mengikuti program ini dengan mudah.

    Abdul Rahman Humaid Rizqi

    SMKN 3 SEKAYU

  • Gamelab telah memberikan materi dan wawasan terutamanya ilmu yang sangat bermanfaat saya ucapkan terimakasih banyak. Sangat memuaskan dan dapat ilmu baru di gamelab ini

    M Ilyas Sidik

    SMK NEGERI 1 KARANGTENGAH

  • Materinya sangat menarik dan gampang dipahami, modul materi tersebut juga dapat membantu siswa - siswi untuk mengetahui tentang penggunaan software yag benar, seperti google drive, gmail, dll.

    Muhammad Attaqi Yurrahman

    SMKN 4 BATAM

  • Setelah saya mengikuti On Boarding Kelas Industri Gamelab saya bisa merasakan manfaat nya terutama di materi Typing Skill, saya bisa belajar mengetik 10 jari walaupun belum lihai tapi saya sangat puas karena dapat ilmu baru.

    Suci Ramadhani

    SMK NEGERI 2 LUBUK BASUNG

  • aku sangat menyukai gamelab ini, karena sangat membantu saya dalam mendalami bidang animasi. Disini saya juga dapat melatih skil saya dengan baik. TIMAAKACIIWWWW>////<

    Yulita Dwi Syahrotin

    SMK MUHAMMADIYAH KRAMAT

  • Kelas ini sangat baik dalam mengajarkan dan mengarahkan kita sebagai pelajar untuk mengetahui bagaimana proses pembuatan sebuah desain buku cerita interaktif anak menggunakan software CorelDraw yang mudah digunakan yang diarahkan oleh Trainer.

    Septio Elson Dharmali

    Institut Informatika Indonesia Surabaya

  • Terimakasih untuk ilmunya, dan dari sini saya bisa memahami corel draw,semoga gamelab bisa maju lagi setiap tahun nya, mentor sangat asik, dan juga baik sekali

    Maulina Agung Lestari

    SMK TUNAS HARAPAN PATI

  • Magang di bidang asset 2D, terutama di industri kreatif seperti animasi, game, dan desain grafis, menawarkan pengalaman yang sangat berharga bagi para mahasiswa dan fresh graduate yang ingin mendalami keterampilan praktis dan mendapatkan wawasan industri yang mendalam. Pengalaman magang ini meningkatkan keterampilan teknis yang esensial, seperti penggunaan perangkat lunak desain Adobe Photoshop, Illustrator, dan mungkin software animasi seperti Toon Boom atau After Effects. Melalui proyek-proyek nyata, peserta magang belajar tentang pembuatan karakter, latar belakang, objek, dan elemen visual lainnya yang diperlukan dalam produksi konten kreatif. Selain keterampilan teknis, magang juga memberikan pemahaman mendalam tentang proses produksi asset 2D. Peserta magang akan mempelajari alur kerja dari konseptualisasi hingga produk akhir, termasuk tahapan pre-produksi, produksi, dan post-produksi. Ini mencakup perencanaan, sketsa awal, review, hingga iterasi berdasarkan feedback. Industri kreatif sangat bergantung pada kolaborasi, sehingga magang di tempat ini mengajarkan peserta bagaimana bekerja dalam tim yang terdiri dari desainer, animator, pengembang, dan manajer proyek. Mereka belajar bagaimana berkomunikasi efektif, menerima dan memberikan feedback, serta menyelaraskan visi kreatif dengan tim. Networking adalah salah satu manfaat terbesar dari magang ini. Selama magang, peserta akan bertemu dengan para profesional di industri ini, yang sangat berharga untuk karier masa depan mereka. Jaringan ini bisa menjadi sumber mentor, rekomendasi, dan bahkan peluang kerja setelah magang selesai. Proyek-proyek yang dikerjakan selama magang juga dapat dimasukkan ke dalam portofolio, yang merupakan salah satu alat utama untuk menunjukkan keterampilan dan kreativitas kepada calon pemberi kerja. Namun, magang di bidang asset 2D juga datang dengan tantangan. Industri kreatif selalu menuntut standar yang tinggi baik dari segi teknis maupun kreativitas. Sebagai magang, peserta mungkin merasa tertekan untuk menghasilkan karya yang sesuai dengan harapan industri, terutama jika mereka masih dalam tahap belajar. Proyek dalam industri kreatif sering kali memiliki deadline yang ketat, sehingga manajemen waktu yang efektif sangat penting untuk memastikan tugas dapat diselesaikan dengan kualitas terbaik dalam waktu yang diberikan. Selain itu, peserta magang mungkin menerima banyak feedback yang mendetail dan terkadang kritis dari supervisor atau tim. Ini adalah bagian dari proses belajar, namun bisa terasa menantang jika belum terbiasa menerima kritik yang konstruktif. Teknologi dan tren dalam industri kreatif juga berubah dengan cepat, sehingga peserta perlu terus belajar dan beradaptasi dengan software dan teknik terbaru. Untuk memaksimalkan pengalaman magang, ada beberapa saran yang bisa diikuti. Peserta harus aktif bertanya dan belajar. Sikap proaktif akan membantu mereka belajar lebih banyak dan lebih cepat. Terbuka terhadap kritik juga penting, karena kritik adalah kesempatan untuk belajar dan berkembang. Manajemen waktu yang baik sangat penting untuk tetap produktif dan menghindari stres akibat deadline yang mendekat. Terlibat dalam proyek tambahan di luar tugas utama bisa memberikan pengalaman ekstra dan menunjukkan inisiatif kepada tim. Membuat jaringan profesional dengan rekan kerja dan mentor sangat membantu dalam karier di masa depan. Fokus pada kualitas karya lebih baik daripada kuantitas, karena beberapa karya berkualitas tinggi lebih dihargai daripada banyak karya yang biasa-biasa saja. Sebagai contoh, magang di sebuah perusahaan animasi terkemuka biasanya dimulai dengan orientasi dan pelatihan. Minggu pertama magang diisi dengan orientasi dan pelatihan, di mana peserta diperkenalkan dengan perangkat lunak dan alat yang digunakan perusahaan, serta diperkenalkan kepada tim dan budaya perusahaan. Mereka mungkin memulai dengan proyek-proyek kecil seperti pembuatan sketsa karakter atau latar belakang sederhana untuk membantu mereka membiasakan diri dengan standar kualitas dan alur kerja perusahaan. Seiring berjalannya waktu, mereka akan lebih terlibat dalam proyek yang lebih besar dan kolaboratif, bekerja sama dengan animator untuk membuat gerakan karakter atau dengan desainer lain untuk mengembangkan konsep visual untuk episode tertentu. Setiap minggu atau setelah menyelesaikan tugas tertentu, mereka akan menerima review dari supervisor atau senior designer. Ini adalah waktu yang baik untuk mendapatkan masukan dan memperbaiki hasil kerja. Di akhir masa magang, mereka mungkin diberi kesempatan untuk mengerjakan proyek yang lebih kompleks secara mandiri dan mempresentasikan hasil kerja kepada tim atau bahkan kepada eksekutif perusahaan. Magang di bidang asset 2D adalah kesempatan yang luar biasa untuk mengembangkan keterampilan teknis, mendapatkan pemahaman mendalam tentang proses produksi, dan membangun jaringan profesional dalam industri kreatif. Meskipun ada tantangan, seperti tuntutan kreativitas tinggi dan deadline yang ketat, dengan sikap proaktif dan terbuka terhadap pembelajaran, peserta dapat memaksimalkan pengalaman magang ini. Fokus pada kualitas pekerjaan, manajemen waktu yang baik, dan keterlibatan aktif dalam proyek-proyek akan membantu mereka mendapatkan manfaat maksimal dari kesempatan magang ini, serta mempersiapkan mereka untuk karier yang sukses di bidang kreatif.

    Muhammad Iqbal Affandy

    Universitas AMIKOM Yogyakarta

  • Setelah mengikuti on boarding saya lebih tau tentang cara smart yang ditanamkan di gamelab,bagaimana cara bertanya dengan trainer dengan sopan , mengisi waktu luang saat menunggu review dari trainer dengan membaca artikel artikel yang ada pada situs game

    Rika Dwi Optarina

    SMK TUNAS HARAPAN PATI

Dengan siapa kamu akan belajar?
Lydia Nuari Dewi

Educa Studio

Fasilitas Tambahan
  • Tanya jawab via Whatsapp Group
  • Akses ke forum dan diskusi kelas
  • e-Sertifikat Kelas
  • CV Digital (khusus langganan)

Yuk, berlangganan dan akses semua kelas

Berlangganan sekarang juga untuk mulai. Pilih skill apapun dan pelajari kapanpun. Dapatkan materi terstruktur, modul praktik berbasis project, plus webinar series rancangan para experts.