BERITA TIPS MAGANG & KARIER Critical Thinking, Soft Skill yang Berguna untuk Persiapan Masuk Dunia Kerja, Siswa SMK Wajib Tahu!

Critical Thinking, Soft Skill yang Berguna untuk Persiapan Masuk Dunia Kerja, Siswa SMK Wajib Tahu!

Oleh Arif b | Kamis, 9 Desember 2021

Critical Thinking, Soft Skill yang Berguna untuk Persiapan Masuk Dunia Kerja, Siswa SMK Wajib Tahu!

Apa itu critical thingking? Apa manfaatnya bagi siswa SMK yang mau masuk dunia kerja?

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Bagi sebagian dari kita pasti masih asing bukan dengan istrilah critical thinking. Padahal secara tidak langsung kita sudah memiliki dan mempraktikkan soft skill satu ini, lho.

Namun, karena ketidaktahuan kita soal critical thinking, soft skill yang satu ini jadi kurang terasah. Padahal, critical thinking berguna lho bagi siswa SMK yang mau terjun ke dunia kerja.

Direktur Jenderal (Dirjen) Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Wikan Sakarinto, sendiri sempat mengatakan bahwa anak didik atau pelajar di SMK harus ditanamkan soft skill.

Wikan yakin dengan soft skill yang baik, nantinya para lulusan SMK akan memiliki value lebih dalam membangun karir baik sebagai wirausahawan maupun dalam perusahaan.

Pesan ini disampaikan Wikan saat berkunjung ke SMK Negeri 2 Yogyakarta, Selasa (22/9/2020).

"Jadi disamping hard skill yang diajarkan kepada anak didik, soft skill lebih utama yang harus diajarkan tenaga pendidik ke anak didik," ungkap Wikan dalam keterangannya, seperti yang dilansir dari Kompas.com.

Wikan pun menyampaikan kepada para tenaga pendidik di SMK Negeri 2 Yogyakarta agar bisa meyakinkan para siswanya kalau pilihan mereka tidak salah.

"Jadi kalian harus katakan dengan bangga, kalau siswa SMK di sini tidak salah pilih untuk melanjutkan pendidikan," tegas dia.

Hal ini tak lepas dari kurikulum yang diterapkan di SMK sudah disesuaikan dengan kebutuhan industri.

Apalagi dengan menguasai soft skill, siswa SMK diyakini bisa bersaing dengan lulusan lain di dunia kerja.

Salah satu soft skill yang bisa dipelajari adalah critical thinking.

Apa itu critical thinking?

Istrilah critical thinking mungkin terdengar tidak familiar bagi sebagian besar orang. Namun, ternyata kita secara tidak sadar sudah mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari lho.

Melansir dari laman binus.ac.id, critical thinking atau berpikir kritis adalah kemampuan berpikir seseorang secara logis dalam membuat keputusan tentang apa yang harus dilakukan atau apa yang harus dipercaya.

Critical thinking melibatkan kemampuan untuk terlibat dalam pemikiran reflektif dan mandiri sesuai informasi yang didapat dan diolah.

Manfaat critical thinking

Setelah kita tahu definisi critical thinking  tentu soft skill satu ini memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari, bukan. Apa saja?

  1.  Paham hubungan antara logika dan gagasan
  2. Mengidentifikasi, membangun, dan mengevaluasi argumen
  3. Mendeteksi ketidakkonsistenan dan kesalahan umum dalam bernalar
  4. Menyelesaikan masalah secara sistematis
  5. Mengidentifikasi relevansi dan pentingnya gagasan
  6. Merenungkan sebuah pembenaran keyakinan dan nilai-nilai dalm diri seseorang.
Baca Juga : GAMELAB dan SMKS Pelita Al-Qur'an Gelar Seminar Industri untuk Tingkatkan Keterampilan Siswa

Ciri-ciri orang dengan critical thinking

  • Apa saja sih ciri-ciri orang dengan critical thinking, yuk mari kita cari tahu.
  • Yang pertama, dia orang dengan rasa keingintahuan yang tinggi.
  • Yang kedua, dia adalah orang yang memiliki kreativitas.
  • Yang ketiga, dia pasti orang yang tekun.
  • Yang keempat, seseorang yang objektif dalam menilai suatu hal.
  • Penerapannya di dunia kerja

Setelah tahu definisi dan manfaat critical thinking, pasti kamu penasaran kan bagaimana dengan penerapannya di dunia kerja nanti.

Setidaknya ada 3 contoh penerapan critical thinking di dunia kerja.

Observasi Masalah

Penerapan critical thingking yang sudah jelas adalah untuk mengobservasi suatu masalah. Pasalnya, orang yang memiliki kemampuan critical thinking mampu berpikir rasional dan logis sehingga bisa memutuskan suatu masalah dengan alasan jelas.

Tentu kamu akan diuntungkan karena bisa mengantisipasi hal-hal buruk.

Meningkatkan Kreativitas

Critical thinking tidak hanya sebuah proses berpikir secara mendalam, namun juga kemampuan untuk mengenali diri sendiri. Sehingga dengan critical thinking kamu diharapkan bisa menemukan ide-ide baru dan melakukan evaluasi jika ada kekurangan.

Kemampuan Adaptasi

Dalam perkembangan zaman seperti sekarang, setiap orang dituntut untuk cepat tanggap dalam menghadapi masalah baik dalam relasi hubungan kerja atau beban kerja itu sendiri.

Di sinilah kemampuan critical thingking berguna untuk membantu kamu beradaptasi. Seperti yang sudah disebutkan di atas, selain jadi berpikir logis kamu juga bisa mengenali potensi yang tidak terpikirkan oleh orang.

Yuk, belajar critical thinking di kelas online Critical Thinking: Meningkatkan Kualitas Hidup Dengan Berpikir Kritis di Gamelab! GRATIS LHO!!!


Arif b

Arif b

Kamis, 9 Desember 2021

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI