BERITA PROGRAMMING Flowchart: Pengertian, Jenis, dan Manfaat

Flowchart: Pengertian, Jenis, dan Manfaat

Flowchart: Pengertian, Jenis, dan Manfaat

Apa itu flowchart dan jenis-jenisnya? Apa saja manfaat flowchart dalam membuat program?

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Flowchart adalah salah satu bagian dalam pembuatan program yang penting keberadaannya. Dengan adanya flowchart, proses pemrograman menjadi lebih mudah dan efisien, serta meminimalisir kesalahan. Dalam penggunaannya, flowchart dibagi dalam beberapa jenis sesuai kebutuhan tertentu dengan aturan penggunaan simbol-simbol khusus yang memiliki fungsi masing-masing. 

Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas setiap poin satu per satu!

Pengertian Flowchart

Flowchart atau bagan alir adalah salah satu cara penyajian algoritma pemrograman dengan menggunakan bagan/skema, simbol-simbol, dan garis penghubung. Flowchart memuat tahapan atau langkah-langkah dalam proses pemrograman, prosedur/kerangka acuan pengambilan sebuah keputusan, serta komponen-komponen terlibat baik teknis maupun non-teknis, seperti peralatan yang digunakan, orang yang menjalankan, dsb.

Flowchart dibuat dengan tujuan untuk menjadi gambaran yang sederhana, rapi, jelas, dan ringkas tentang semua proses penyelesaian masalah, serta menjadi acuan pelaksanaan teknis proses kerja. 

Jenis-jenis Flowchart

1. Flowchart Sistem

Flowchart Sistem berisi semua tahapan kerja dan prosedur pengambilan keputusan dalam sistem secara menyeluruh. Flowchart Sistem menyajikan semua data (input dan output), komponen-komponen terkait, dan proses pengolahan data baik online (yang terhubung langsung dengan komputer), maupun offline (yang tidak terhubung langsung dengan komputer).

2. Flowchart Program

Flowchart Program berisi tahapan kerja dan prosedur secara lebih rinci dengan langkah-langkah praktis. Flowchart Program sering disebut notasi algoritma karena menjadi patokan listing/penulisan program ke dalam bahasa komputer. Flowchart Program dibagi menjadi program logic flowchart dan detailed computer program flowchart.

3. Flowchart Dokumen 

Flowchart Dokumen atau disebut juga paperwork flowchart memuat alur suatu dokumen laporan/formulir, bagaimana dokumen laporan/formulir tersebut diproses, dicatat, dan disimpan. Flowchart Dokumen menjadi gambaran keseluruhan isi dan pengolahan dokumen agar mudah dipahami, dan ditelusuri saat evaluasi atau bila ada kesalahan.

4. Flowchart Proses 

Flowchart Proses  biasanya digunakan untuk pengembangan produk. Selain memuat proses yang berlangsung, flowchart ini juga digunakan untuk menganalisis sistem produksi dan langkah-langkah selanjutnya yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas.

5. Flowchart Skematik 

Isi dalam Flowchart Skematik kurang lebih sama dengan Flowchart Sistem. Perbedaanya hanya pada penggunaan simbol dan gambar.  Flowchart Skematik menyertakan gambar-gambar yang lebih jelas untuk mempermudah pemahaman konsep.

Manfaat Penggunaan Flowchart

  • Menjadi pedoman pembagian tugas dan koordinasi dalam organisasi
  • Menjaga arah pelaksanaan kerja agar tetap terfokus
  • Menghindari pekerjaan yang tidak perlu
  • Sebagai benchmark
  • Mempermudah indentifikasi masalah
  • Menjadi pedoman pelatihan/training 

Membuat Flowchart

Syarat utama untuk membuat flowchart adalah memahami penggunaan simbol-simbol dan fungsinya masing-masing. Dalam pembuatan flowchart tidak ada aturan atau langkah-langkah khusus  yang perlu ditempuh, melainkan tergantung pada preferensi dan kebutuhan. Secara umum, pembuatan flowchart terdiri dari 3 bagian utama yaitu:

  • Input: bahan-bahan yang diperlukan 
  • Proses: langkah dan prosedur untuk mengolah bahan
  • Output: hasil akhir dari proses pengolahan bahan

Flowchart yang baik adalah yang dapat dengan mudah dimengerti, namun tetap lengkap memuat semua informasi dan instrumen yang diperlukan dalam ketiga bagian di atas, serta dapat menjadi gambaran yang jelas tentang keseluruhan konsep kerja. 

Baca Juga : Permudah Pekerjaan Web Developer dengan 10 Ekstensi Google Chrome Ini!

Kesimpulan

Flowchart sebagai bagian yang tidak boleh hilang dari pembuatan program memberi banyak manfaat untuk mempermudah proses pemrograman. Sebagai seorang programmer, selain mempelajari coding dan bahasa pemrograman, penting juga bagi kamu untuk mahir dalam membuat flowchart yang dapat dimengerti dirimu sendiri maupun tim kerjamu.  

Demikian sedikit penjelasan tentang flowchart dalam pemrograman. Semoga bisa bermanfaat terutama buat kamu ingin menjadi seorang programmer.


Sumber Referensi:


Yemima Kristina Kolondam

Yemima Kristina Kolondam

Kamis, 16 Desember 2021

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI