BERITA GAMIFICATION Gamifikasi Manajemen Sumber Daya Melalui Game Simulasi

Gamifikasi Manajemen Sumber Daya Melalui Game Simulasi

Gamifikasi Manajemen Sumber Daya Melalui Game Simulasi

Pengetahuan tentang manajemen sumber daya sangatlah penting, terutama bagi kita yang berada pada posisi manajerial atau menjadi seorang entrepreneur. Saat ini gamifikasi manajemen sumber daya sudah banyak melalui game simulasi.

Dapatkan akses GRATIS untuk kelas animasi, desain, coding, machine learning dan sebagainya hanya untuk HARI INI!

Pengetahuan tentang manajemen sumber daya sangatlah penting, terutama bagi kita yang berada pada posisi manajerial atau menjadi seorang entrepreneur. Saat ini gamifikasi manajemen sumber daya sudah banyak melalui game simulasi. Game simulasi dinilai dapat memberikan impact yang lebih baik untuk mengedukasi seseorang, karena konteksnya yang lebih detail dan terkesan nyata bagi penggunanya. Jika kalian belum mengetahui tentang game simulasi, akan kami jelaskan sedikit tentang apa itu game simulasi dan manfaatnya.

Game Simulasi 

Game simulasi adalah salah satu genre game yang mementingkan unsur real seperti kehidupan sehari-hari. Dalam game simulasi pemain akan diajak untuk  merasakan secara langsung baik itu tindakan ataupun pilihan yang mereka pilih untuk menyelesaikan game tersebut. Banyak hal yang perlu diperhatikan dalam permainan simulasi ini seperti tindakan apa saja yang harus dilakukan, komunikasi yang seperti apa yang akan dipilih, ikuti perintah yang ada pada game, seperti itulah cara kerja sebuah game simulasi.

Gambar : Simulasi pesawat terbang

Dari game simulasi ini pemain akan merasakan secara nyata dan dapat belajar dari perolehan skor yang ia dapatkan. Game Simulasi sangat banyak sekali macamnya tergantung dengan tema dan konten yang sedang dibawakan. Selain manfaat tersebut masih ada manfaat lainnya yang dapat kit arasakan dari memainkan game simulasi.

  1. Mengasah daya ingat para pemain
    Game simulasi ini sendiri adalah salah satu game yang memiliki banyak button atau tombol yang memungkinkan pemain untuk memilih berbagai aktivitas atau tindakan sesuai dengan alur game. Dalam beberapa game simulasi juga memiliki alur cerita yang memungkinkan pemain harus mengikuti alur cerita tersebut, sehingga di setiap scene juga akan terdapat berbagai macam tombol dengan berbagai fungsi masing-masing. Sehingga untuk mencapai skor akhir game ini perlu mengingat semuanya. Otomatis pemain game pun mengasah kemampuan otaknya dalam mengingat.
  2. Membantu mengenal fungsi aneka peralatan sehari-hari
    Bagi sebagian pemain, tentu akan banyak belajar mengenal peralatan maupun benda-benda baru yang ada di game simulasi. Game simulasi banyak digunakan untuk simulasi dengan tema dankonten masing-masing, seperti bengkel, rumah sakit, bank, dan lain sebagainya. Pemain yang memaikan game simulasi tersebut tentu saja akan mulai belajar dan memahami berbagai macam peralatan yang ada untuk memenangkan permainan.
  3. Membantu mengasah nalar atau logika
    Game jenis simulasi ini ternyata juga baik untuk mengasah logika lho, sehingga game ini juga baik digunakan untuk sebuah test. Salah satu contohnya adalah game simulasi kendaraan. Banyak sekali game simulasi kendaraan yang terdapat di market app, salah satunya adalah simulasi untuk memarkirkan kendaraan.
    Dalam simulasi ini pemain harus mengatur kontrol setir yang digunakan dengan memperhitungkan posisi mobil agar dapat terparkir dengan baik. Dalam hal ini penalaran pemain akan diuji, pemain bisa pula mendapatkan skot yang tinggi dengan kebiasaan memainkan game simulasi ini. Dampaknya saat pemain mengaplikasikannya di dunia nyata tidak akan mengalami kesulitan.
  4. Lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan
    Mengapa game ini disebut sebagai game simulator? Tampilan dalam game jenis ini dibuat dan disesuaikan dengan yang ada di dunia nyata, sehingga utnuk simulasi pemain tidak ada ubahnya seperti melihat divisual dunia nyata. Kondisi ini membuat Anda belajar mengenai kondisi di sekitar secara mendetail dan ketika dimainkan maka wajib beradaptasi dengan kondisi tampilan tersebut. Nantinya akan sangat bermanfaat saat bersosialisasi dengan orang sekitar maka banyak orang bisa hidup lebih berkualitas setelah memainkan game simulator ini.

Gambar : Game simulasi kendaraan

Beberapa manfaat dari bermain game simulasi dapat membawa manfaat dan dampak yang baik bagi pemainnya. Karena dampak yang dihasilkan tersebut, game simulasi mulai banyak dimanfaatkan untuk proses training maupun sebagai peningkatan sumber daya oleh bagian manajemen. Dalam sebuah game simulasi yang digunakan untuk peningkatan sumber daya tentunya menggunankan environment game yang sudah disesuaikan dengan keaadan di dunia nyata, hingga ke bagian detail peralatan dan situasi yang dialami dibuat semirip mungkin dengan yang ada di dunia nyata. Sehingga akan menghasilkan dampak yang baik bagi pemain.


Baca juga artikel lainnya : Gamifikasi Edukasi Kebakaran Hutan dan Profesi Pemadam Kebakaran


Peningkatan manajemen sumber daya

Meningkatkan sumber daya satu training bagi sebuah perusahaan tentunya menjadi hal yang sangat penting, mengingat semua yang ada saat ini selalu berkembang dan terus berkembang seiring dengan banyaknya teknologi yang selalu dihasilkan. Peningkatan sumber daya pada suatu perusahaan merupakan sebuah kewajiabn yang harus dijalankan oleh perusahaan. Sudah pasti untuk peningkatan sumber daya ini tidak membutuhkan biaya yang sedikit mengingat jumlah dan belum lagi trainer yang harus di hire untuk melakukan training pada para karyawannya.

Hal ini kemudain memunculkan sebuah masalah tersendiri bagi perusahaan. Dimana pengeluaran yang besar untuk training ini sebenarnya bisa dialokasikan untuk pendaaan pada bidang yang lainnya. Dengan adanya perubahan arah revolusi industri saat ini, dimana semua sudah berpusat pada internet dan kecerdasan buatan, tentu saja untuk masalah peningkatan sumber daya ini juga dapat dibuat lebih efisien dengan biaya yang lebih sedikit. Salah satunya adalah menggunakan metode gamifikasi dengan menggunakan Game Simulasi untuk meningkatkan sumber daya di perusahaan.

Gambar : Game simulasi kerja

Gamifikasi Manajemen sumber daya melalui game simulasi

Pemanfaatan gamifiaksi dengan game simulasi sudah menjadi hal yang biasa di era serba digital saat ini. Dimana efisiensi dengan biaya yang seminimal mungkin dengan memanfaatkan sistem cloud computing dan big data menjadi sebuah hal yang mulai banyak dilirik. Tentu saja dengan memanfaatkan teknologi tersebut akan berdampak besar pada pengeluaran perusahaan, dengan menggunakan teknologi tersebut perusahaan sudah lebih hemat 50 % daripada melakuakn training secara konvensional.

Pnggunaan game simulasi dalam peningkatan sumber daya diharapkan dapat menjadi sebuah alternatif baru, diaman karyawan dapat merasakan situasi-situasi tertentu yang akan dihadapi saat melakukan pekerjaannya dan tindakan apa yang harus ia ambil untuk mengahadapi situasi tersebut. Hal itu semua saat ini sangat mungkin sekali dilakukan dengan game simulasi.

Sebagai contohnya sebuah rumah sakit ingin meningkatkan kemampuan karyawannya dalam berbagai aspek, seperti pelayanan, penanganan kondisi darurat, hingga situasi dalam sebuah ruangan operasi. Game simulasi semacam ini dapat diakses dengan menggunakan smartphone maupun pc, ada juga yang menerapkannya dengan menggunakan AR/VR untuk membuat situasi tersebut terlihat lebih nyata. Karyawan rumah sakit tersebut akan diminta untuk memainkan game tersebut hingga akhir dan poin kemenangan bisa menjadi sebuah acuan penilaian tentang bagaimana kinerja dari karyawan tersebut. Penggunaan game simulasi juga bisa digunakan untuk proses belajar karyawan untuk mengambil tindakan seperti apa yang benar.

Banyak dari perusahaan yang sudah menerapkan sistem in idalam meningkatkan kemmapuan karyawannya. Dengan memberikan gambaran nayata dari siuasi-situasi nyata yang mungkin akan dihadapi oleh karyawan sehingga karyawan bisa memberikan solusi dan pemecahan terhadap situasi yang saat itu ia hadapi. 

 

 


Sumber :

  • https://www.proweb.co.id/articles/hrm/training_dengan_simulasi.html
  • https://game.kapanlagi.com/berita/10-kategori-game-dan-manfaatnya/game-simulator.html
  • http://produktekno.com/ternyata-game-simulator-membawa-4-manfaat-menarik-berikut-ini/

Dapatkan akses GRATIS untuk kelas animasi, desain, coding, machine learning dan sebagainya hanya untuk HARI INI!

gamification manajemen simulation industri 4.0
Febriani Sari

Febriani Sari

Kamis, 26 September 2019