BERITA GAMIFICATION Gamifikasi Edukasi Kebakaran Hutan dan Profesi Pemadam Kebakaran

Gamifikasi Edukasi Kebakaran Hutan dan Profesi Pemadam Kebakaran

Gamifikasi Edukasi Kebakaran Hutan dan Profesi Pemadam Kebakaran

Gamification dapat memberikan impact yang positif di berbagai bidang termasuk untuk pendidikan. Salah studio game di Salatiga ini mampu mengemas edukasi kebakaran hutan dan profesi pemadam kebakaran dengan baik lewat game edukasi mobile dan board game.

Dapatkan akses GRATIS untuk kelas animasi, desain, coding, machine learning dan sebagainya hanya untuk HARI INI!

Gamification dapat memberikan impact yang positif di berbagai bidang termasuk untuk pendidikan. Salah studio game di Salatiga ini mampu mengemas edukasi kebakaran hutan dan profesi pemadam kebakaran dengan baik lewat game edukasi mobile dan board game.

Gamifikasi secara singkat

Gambar : Gamfikasi secara singkatGamifikasi adalah penerapan elemen-elemen gaming ke dalam aktivitas yang biasanya tidak terkait dengan game. Gamifikasi bisa diterapkan untuk berbagai tujuan, misalnya : membuat pelayanan customer menjadi lebih menarik, membuat proses bekerja di dalam tim menjadi lebih menyenangkan dan bahkan bisa dipakai untuk proses belajar mengajar yang lebih menyenangkan. Dengan menerapkan elemen-elemen gaming, maka orang yang ada di dalam proses akan merasa lebih bahagia dan berkompetisi secara positif layaknya di dalam game.

Ada beberapa alasan yang dapat Anda jadikan dasar untuk membuat suatu aktivitas menjadi lebih menyenangkan dan menarik, dimana prosesnya dapat digunakan untuk belajar dan mengajar secara lebih menyenagnkan.

  1. Dalam sebuah perusahaan maupun instansi, penerapan gamifikasi dapat meningkatkan revenue sekaligus menekan cost yang dikeluarkan.
  2. Meningkatkan kebahagiaan dan kepuasan dalam bekerja maupun melakukan aktivitas yang dilakukan dengan memanfaatkan gamifikasi ini.
  3. Jika dalam suatu perusahaan, penerapan gamifikasi bisa membantu owner atau HRD utnuk mengukur progress secara nyata.

Pemanfaatan gamifikasi dapat diterapkan dalam segala aktivitas, misalnya saja Gamifikasi Program Pemerintah Untuk Generasi Remaja Berencana, berupa game edukasi yang akan tujuannya untuk mengukur tingkat kesiapan dan pola pikir remaja. Contoh lainnya adalah implementasi gamifikasi terhadap suatu profesi guna mengenalkan profesi tersebut kepada anak misalnya gamifikasi Marbel Pemadam Kebakaran, untuk lebih lengkapnyakan dijelaskan dibawah ini.

Implementasi Gamifikasi Edukasi Profesi Pemadam Kebakaran

Gambar : Belajar memadamkan api di hutan melalui permainan Marbel Pemadam Kebakaran

Salah satu contoh implementasi yang gamifikasi yang dapat dimanfaatkan untuk edukasi anak contohnya profesi pemadam kebakaran. Profesi sebagai pemadam kebakaran merupakan profesi yang sangat mulia, anak-anak perlu dikenalkan dengan profesi ini agar mereka mengetahui cara kerja dan tugas pemadam kebakaran itu seperti apa dan apa saja. Jika sebelumnya anak hanya mengenal pemadam kebakaran dari televisi atau media streaming lainnya, maka yang di dapat oleh anak adalah sebatas tahu tanpa mendapatkan pengalaman yang nyata. Untuk itu perlu adanya gamifikasi ini untuk menunjukkan pada anak seperti apa tugas dari pemadam kebakaran itu.

Implementasi pemadam kebakaran kedalam bentuk gamifikasi sangatlah beragam. Salah satunya dibuat dalam bentuk game smartphone dan boardgame yang berjudul Marbel Pemadam Kebakaran. Marbel Pemadam Kebakaran sendiri memiliki alur game, pemain bertindak sebagai pemadam kebakaran dan harus menyelesaikan beberapa tugas yang mucul dalam game tersebut untuk mendapatkan poin kemenangan.

Salah satu tugas yang harus diselesaikan pemain adalah memadamkan api yang menyebar di hutan dan menyelamatkan hewan-hewan yang terjebak api untuk dipindahkan ke tempat yang aman. Setelah menyelamatkan hewan dan memindahkannya ke tempat yang aman, anak masih harus memadamkan semua api di hutan dengan cara mengarahkan selang air dari helikopter kearah api. Anak akan mendapatkan poin apabila berhasil menyelamatkan hewan dan memadamkan seluruh api di hutan.

Gambar : Edukasi game Marbel Pemadam Kebakaran menyelamatkan hewan di hutan

Gamifikasi semacam ini akan membuat anak untuk berpikir logis sekaligus meningkatkan kepekaan terhadap lingkungan sekitarnya. Anak bisa belajar cara memahami suatu pekerjaan secara lebih menyenangkan dengan menyelipkan isu-isu sosial seperti kita harus menjaga hutan kita dan menyelamatkan hewan-hewan yang ada dalam kesusahan. Hal-hal seperti dalam dikemas menjadi sebuah game melalui metode gamifikasi. 


Baca juga artikel lainnya : Gamifikasi Program Magang di Educa Studio


Harapan dan Hasil Implementasi

Setelah kita membuat sebuah game dengan metode gamifikasi tersebut tentunya ada harapan-harapan yang kita inginkan, agar hal tersebut dapat membawa dampak baik bagi target yang memainkan hasil dari gamifikasi tersebut. Beberapa harapan yang akan kita dapatkan dari Gamifikasi dengan tema edukasi tentang kebakaran hutan dan profesi pemadam kebakaran adalah sebagai berikut.

  1. Anak mengetahui tugas Pemadam Kebakaran
    Dengan adanya gamifikasi ini anak menjadi lebih memahami tugas dan kewajiban dari pemadam kebakaran. Tidak hanya memahami namun anak juga merasakan bagaimana menjadi seorang pemadam kebakaran dan mengetahui tindakan apa yang harus dilakukan oleh seorang pemadam kebakaran.
  2. Anak dapat menjaga lingkungan disekitarnya
    Setelah mengetahui tugas dan kewajiban sebagai seorang pemadam kebakaran, anak diharapkan dapat menjaga lingkungan sekitarnya agar tidak terjadi kebakaran. Hal tersebut bisa dilakukan dengan tidak bermain-main dengan api dan tidak membuang sampah sembarang terutama sampah yang mudah terbakar
  3. Melatih pola pikir anak menjadi lebih logis
    Melatih pola pikir anak untuk selalu waspada terhadap segala sesuatu yang dikerjakannya. gamifiaksi berupa game juga dapat melatih pola pikir anak untuk mengikuti perintah dan mengambil tindakan sesuai dengan game pemadam kebakaran tersebut.
  4. Melatih motorik pada anak
    Memainkan game tentunya akan melatih motorik anak, terutama game tersebut memiliki banyak interaksi yang harus dilakukan guna menyelesaikan permainan. Misalnya mengarahkan selang dengan cara mengusap pada layar, kemudian memutar tuas untuk menaikan atau menurunkan kandang hewan, dan masih banyak lagi interaksi yang menyebabkan motorik anak semakin berkembang.
  5. Melatih kepekaan anak terhadap lingkungan sekitar
    Setelah anak memainkan game Marbel Pemadam Kebaran, diharapkan anak menjadi semakin peka dengan lingkungannya dan terhadap hewan-hewan yang ada disekitarnya. Bahkan diharapkan anaka-anak yang telah memainkan game tersebut akan lebih mencintai hutan dengan ikut membantu menanam pohon-pohon yang hutannya terbakar.

Nah itu tadi gamifikasi dengan tema mengambil isu kebakaran hutan dan pemadam kebakaran. Masih banyak tema yang dapat diambil untuk di buat gamifikasinya, tidak terbatas pada hal-hal yang setiap hari dilakukan namun dapat diimplementasikan pada hal-hal yang kurang umum disekitar kita juga, contohnya adalah memadamkan kebakaran hutan tersebut. Dari artikel ini juga dapat disimpulkan dengan menggunakan gamifikasi, pesan atau informasi yang disampaikan bisa lebih mengena pada target audience, karena metode yang digunakan lebih menyenangkan danmemiliki tantangan. Cukup sekian artikel hari ini, semoga bisa bermanfaat dan bisa diterapkan pada kehidupan sehari-hari. 

Dapatkan akses GRATIS untuk kelas animasi, desain, coding, machine learning dan sebagainya hanya untuk HARI INI!

gamification education gamebasedlearning
Andi Taru

Andi Taru

Rabu, 25 September 2019