BERITA BIG DATA Dampak Big Data pada Sistem Pemerintahan

Dampak Big Data pada Sistem Pemerintahan

Dampak Big Data pada Sistem Pemerintahan

Kemajuan teknologi dan meningkatnya jumlah informasi mengubah cara bisnis dilakukan di banyak industri, termasuk pemerintah. Proses administrasi di sistem pemerintahan terus terjadi setiap hari dan tanpa henti. Pembentukan data yang begitu banyak dan besa

Dapatkan akses GRATIS untuk kelas animasi, desain, coding, machine learning dan sebagainya hanya untuk HARI INI!

Kemajuan teknologi dan meningkatnya jumlah informasi mengubah cara bisnis dilakukan di banyak industri, termasuk pemerintah. Proses administrasi di sistem pemerintahan terus terjadi setiap hari dan tanpa henti. Pembentukan data yang begitu banyak dan besar mengakibatkan banyaknya tenaga dan effort yang dibutuhkan. Namun dengan adanya perkembangan teknologi saat ini, proses penanganan data tersebut bisa menjadi lebih cepat dan efisien. Big data sebagai salah satu peluang yang dapat digunakan untuk membuat beragam kebijakan dengan lebih cepat, akurat dan murah.

Big data dan Sistem Pemerintahan

Dari pembahasan sebelumnya tentang Big data, kita ketahui bahwa pemanfaatan Big data untuk keperluan bisnis saat ini sudah banyak digunakan bahkan penggunaan big data sebagai salah satu pembuka wawasan untuk menaikkan omset dari sebuah bisnis. Sudah terbukti dengan menggunakan big data mempercepat proses dan menikkan omset perusahaan secara efektif dan cepat dengan biaya yang lebih murah. 

Big data selain fungsinya yang dimanfaatkan oleh pelaku bisnis untuk menaikkan penawaran dan omset mereka, namun juga bisa dilakukan oleh sistem pemerintahan , untuk mempercepat pengerjaan program pemerintah. Beberapa manfaat yang mungkin dapat diambil dari analitik big data di pemerintah dapat berupa pemanfaatan utnuk program pemerintah, memberdayakan warga untuk meningkatkan transparansi dan partisipasi semua pemangku kepentingan.

Gambar : Proses Big data menjadi sebuah keputusan

Pemanfaatan big data ini sudah di terapkan di beberapa negara seperti Inggris, Amerika Serikat, dan Uni Eropa pad sektor pemerintahan. Para pemimpin dari beberapa negara di Asia seperti Korea Selatan, Singapura, dan Jepang telah meluncurkan beragam inisiatif pada big data dan sudah memulai banyak proyek termasuk pada ranah pemerintahan.

Big data pada sistem pemerintahan dapat menciptakan beragam kebijakan yang lebih cepat, akurat dan murah dengan berbagai institusi di pemerintahan. Penggunaan big data yang menggunakan informasi dengan menggunakan pendekatan analitik, sehingga hasilnya menjadi lebih terstruktur. Peran big data bagi pemerintahan atau layanan publik sangat penting karena dengan menggunakan analitik dari big data sehingga bisa mentransformasikan data eskternal tersebut menjadi sebuah fakta. Kemudian menerjemahkan fakta tersebut menjadi sebuah kebijakan yang akan membantu performa pemerintahan. 

Banyaknya data yang terkumpul dalam big data dapat diolah sehingga akan menunjukkan fakta-fakta dilapangan, fakta yang terjadi di masyarakat sehingga pemerintah dapat menjadikannya sebuah dasar untuk membentuk sebuah kebijakan yang akan menunjang kinerja pemerintah menjadi lebih baik lagi. Dengan fakta-fakta yang didapat dari big data tersebut pemerintah dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat terutama dalam membuat sebuah kebijakan yang tentunya sudah diukur secara analitik dan benar-benar dibutuhkan oleh masyarakatnya.

Menurut lembaga riset Gartner, big data analytics pada tahun 2020 akan meningkat sebanyak 70%, hal tersebut disebabkan karena munculnya kesadaran akan pentingnya penggunaan analytics di berbagai fungsi bisnis dan pemerintahan. Untuk itu perlu adanya sosialisasi untuk menjelaskan tentang pentingnya penggunaan big data bagi solusi pengambilan keputusan di pemerintahan. Pengumpulan data merupakan tugas penting bagi pemerintah karena diterima dari berbagai departemen, lintas kementerian dan berbagai data sumber-sumebr lainnya yang merupakan sebuah tantangan bagi pemerintah sendiri

Sebuah big data akan semakin berpotensi apabila memiliki semakin banyak data yang tersimpan di dalamnya, sehingga akan dapat diolah instansi manapun.  Pengelolaan big dat ajug atidak bisa sembarangan, perlu adanya sumber daya profesional dan teknologi komputasi terbaru yang mendukungnya melakukan penyimpanan, persiapan, eksplorasi, menyediakan analytics, membagi data masif, hal tesebut memerlukan solusi terintegrasi menggunakan pemahaman y ang mendalam mengenai big data analytics.


Baca artikel lainnya : Implementasi Big Data dan Dampaknya Terhadap Bisnis


Gambar : Big data pada sektor publicDampak Big Data terhadap Pemerintahan

Big data dalam pemerintahan menimbulkan beberapa fakta yang dapat mempengaruhi pemerintahan, baik itu terhadap peningkatan pendapatan negara, menignkatkan kinerja pemerintah, maupun menignkatkan kesejahteraan penduduk. 

Kinerja pemerintah menjadi lebih meningkat

Dampak yang paling terasa saat menggunakan big data sebagai analitik untuk program pemerintah adalah meningkatnya kinerja pemerintah. Peningkatan kinerja pemerintah ini tidak lain disebabkan oleh adanya efisiensi kerja yang dilakukan karena dengan menggunakan big data secara otomatis pekerjaan konvensional menjadi berkurang. Pemanfaatan big data pun menjadi sebuah angin segar untuk masalah pendanaan yang ada di pemerintahan. Dengan menggunakan big data proses pendanaan bisa dipangkas dengan lebih banyak. Selain itu pada sektor pemerintah yang yang memanfaatkan big data sebagai salah satu analytics yang dipakainya juga akan memberikan dampak untuk lebih efisien dengan memanfaatkan data-data yang ada.

Dengan meningkatnya kinerja pemerintah diharapkan akan membawa dampak yang baik bagi kelangsungan hidup negara dan rakyatnya. Dimana pemerintah bisa dengan cepat, mudah, akurat dan murah untuk menentukan kebijakan-kebijakan yang sesuai dengan kebutuhan rakyatnya melalui kumpulan data-data yang ada di dalam big data tersebut.

Peningkatan pendapatan negara

Penggunaan big data dalam sistem pemerintahan jug aakan menimbulkan dampak seperti meningkatkan pendapatan suatu negara. Hal ini disebabkan oleh beberapa alasan seperti penggunaan big data mengurangi effort pada infrastruktur sehingga akan mengurangi jumlah pengeluaran negara. Malah sebaliknya dengan menggunakan big data, pemerintah dapat mingkatkan pendapatan dengan mmeberikan kebijakan-kebijakan yang sesuai dengan rakyatnya sehingga rakyat sejahtera dan pendapatan negara meningkat, hal ini berhubungan dengan pajak negara.

Selain itu, dengan menggunakan data-data dalam big  data dan melakukan analytics terhadap data-data tersebut juga akan bermanfaat pada berbagai sektor pemerintahan seperti ekport import, pertanian, perdagangan, bahkan pariwisata, yang membawa dampak meningkatnya pendapatan negara. Dalam sektor pariwisata, hal ini sangat berguna sekali untuk melakukan mapping terhadap strategi apa yang akan digunakan oleh pemerintah sehingga dapat memajukan sektor pariwisata di negaranya. Dengan bantuan big data, sebuah negara dapat mencari sebuah strategi marketing yang tepat untuk mendukung pariwisata agar lebih berkembang sehingga dapat meningkatkan pendapatan negara.

Gambar : Cara kerja big data analytics

Transparansi pada semua sektor pemerintahan

Dampak penggunaan big data dalam sektor pemerintahan adalah adanya transparansi pada data-data yang disajikan. Hal ini akan sangat berguna bagi masyarakat untuk mengetahui secara lebih transparan data-data yang mengenai pemerintahan yang berguna untuk kesejahteraan rakyat. Selain dari tingkat kesejahteraan rakyat hal ini juga akan berdampak pada pada meningkatnya pendapatan negara.

Misalnya kita ambil contoh untuk transparansi pajak yang harus dibayarkan oleh rakyat kepada negara. Pajak menjadi salah satu masalah yang harus dihadapi sebuah negara, dimana banyak dari warganya yang mangkir saat membayar pajak hal ini menyebabkan kesejahteraan rakyat menurun begitu pula dengan pendapatan negara. Dengan memanfaatkan big data kita dapat memberikan visualisasi yang sangat detail seperti silsilah keluarga, jenis dan barang kekayaan apa saja yang dimiliki, serta jenis pajak dan status apakah sudah membayar pajak atau belum. Sehingga harapan dari pemanfaatan big data ini, rakyat menjadi semakin sadar untuk membayar pajak tepat waktu.

Hal lain yang dapat menerima dampak dari penggunaan big data alah sektor kesehatan. Kedua sektor tersebut tentunya memiliki peran penting dalam pemerintahan, khususnya di Indonesia. Pada sektor kesehatan, penggunaan big data ditujukan untuk mengetahui prediksi suatu penyakit dan tingkat kesehatan penduduk tanah air. Melalui data-data yang ada di big data semua informasi kesehatan penduduk akan menjadi terpusat sehingga untuk melakukan analytics akan menjadi lebih mudah. Termasuk untuk menentukan kebijakan yang akan diambil dari hasil analytics tersebut kepada masyarakat sehingga masyarakat juga akan lebih waspada terhadap kesehatan

Penggunaan teknologi wearable 

Masih berhubungan dengan sekotor pariwisata, dengan memanfaatkan big data dengan mencari strategi marketing yang tepat dapat meningkatkan jumlah wisatawan di sebuah negara. Salah satunya dengan memanfaatkan big data untuk pengalaman berkendara atau perjalanan yang menyenangkan menggunakan teknologi wearable. Dengan menggunakan big data, kita dapat memetakan dan memberikan saran untuk tempat tujuan wisata terdekat ataupun tempat wisata yang serupa kepada wisatawan. Penggunaan big dat atersebut dapat diaplikasikan pada sebuah aplikasi yang dapat digunakan khusus untuk wisatawan yang direkomendasikan langsung oleh dinas pariwisata. Tujuanhya tentu saja agar tempat-tmepat wisata bagus namun kurang dikenal dapat menjadi alternatif untuk wisatawan.

Kembali lagi pada dampak yang akan muncul adalah pengalaman berwisata yang mudah dan menyenangkan sehingga akan menigkatkan pendapatan negara dan meningkatkan turis asing di negara yang menyebabkan negara akan semain dikenal di laur negeri. Namun hal tersebut tentu saja tidak bisa berdiri sendiri, tetap ada bantuan dari sektor lain untuk mewujudkan hal tersebut menjadi sebuah hal yang nyata.

Nah itu tadi dampak penggunaan big data terhadap sistem pemerintahan. Dengan memanfaatkan teknologi big data tersebut akan membawa dampak yang besar bagi sistem dan kinerja pemerintah. Disisi lain penggunaannya yang lebih efisien dan cepat, big data juga membutuhkan seorang profesional untuk menjalankannya. Untuk itu, merupakan tugas dari pemerintah untuk mencetak sumber daya profesional yang dapat menjalankannya dengan baik, sehingga dapat berdampak baik bagi pemerintahan dan negara.

 


Sumber :

  • https://marketeers.com/apa-peran-big-data-bagi-pemerintah/
  • https://www.kompasiana.com/lilyindahsetyowati6528/5b88f4f36ddcae51537530c7/dampak-big-data-pada-sistem-pemerintahan?page=all
  • https://id.techinasia.com/pemanfaatan-teknologi-big-data-di-indonesia

Dapatkan akses GRATIS untuk kelas animasi, desain, coding, machine learning dan sebagainya hanya untuk HARI INI!

big data cloud computing industri 4.0
Andi Taru

Andi Taru

Senin, 30 September 2019