BERITA BIG DATA Implementasi Big Data dan Dampaknya Terhadap Bisnis

Implementasi Big Data dan Dampaknya Terhadap Bisnis

Implementasi Big Data dan Dampaknya Terhadap Bisnis

Big data adalah kumpulan data yang lebih besar dan lebih kompleks, terutama dari sumber data baru. Set data ini sangat banyak sehingga software pemrosesan data tradisional sudah tidak dapat mengelolanya. Sejumlah besar data inipun dapat digunakan untuk me

Dapatkan akses GRATIS untuk kelas animasi, desain, coding, machine learning dan sebagainya hanya untuk HARI INI!

Big data dan manfaatnya untuk bisnis

Big data adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sebuah kumpulan besar data dan kompleks, baik data terstruktur maupun tidak terstruktur. Big data telah digunakan dalam banyak bisnis karena big data dapat digunakan untuk analisis wawasan yang menagarah pada penambilan keputusan dan strategis bisnis yang lebih baik. Hal tersebut yang akan kita bahas lebih dalam lagi yaitu potensi dan manfaat big data yang dapat digunakan untuk kemajuan sebuah bisnis.

Big data sebagai salah satu teknologi yang berpengaruh pada revolusi industri 4.0. Pengaruh tersebut karena big data memiliki fungsi yang dapat menciptakan wawasan bisnis dari sejumlah data yang belum digunakan dalam dunia digital dengan melakukan analisis. Tentu saja hal ini akan sangat berguna bagi pelaku bisnis untuk mencari trend atau inovasi baru yang dapat diterapkan pada bisnis yang sedang dijalani. Namun untuk menghasilkan suatu wawasan bisnis, sesorang harus memahami perubahan data. Perubahan data tersebut meliputi dokumen, foto, musik, dll.

Sebuah studi tahunan IDC yang terbaru tentang dunia digital telah memperlihatkan peningkatan data dua kali lipat setiap 2 tahun sampai 2020. Pada tahun 2020, IDC memprediksi bahwa 62% dunia digital akan berasal dari negara berkembang. Dari data tersebut dapat kita lihat bahwa dari negara-negara berkembang bisa menjadi sumber dari perubahan data yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku bisnis untuk mengembangkan bisnisnya. Atau sebagai sebuah market untuk mendirikan sebuah bisnis yang baru di negara-negara tersebut.

Gambar : Big data proses

Big data sendiri mempunyai 3 komponen utama atau karakteristik yang menyusunnya, sehingga big data maka memberikan solusi bagi para pengusaha atau industri IT untuk mengidentifikasi adanya peluang baru yang mungkin bisa dikelola.

  1. Volume 
    Big data sebagai sebuah kumpulan data yang besar dapat berfungsi sebagai pengumpul data dari berbgai sumber. Data yang terkumpul bsai sangat bervariasi, seperi data transaksi, media sosial, hingga data yang didapat dari sensor otomatis mesin.
  2. Kecepatan 
    Sebagai sebuah kumpulan data dan dengan banyaknya data yang terkumpul, maka membutuhkan arus dengan kecepatan tinggi untuk mengatasi traffic pada data yang masuk. Dari data-data yang masuk tersebut, nantinya akan didistribukan secara tepat  sehingga dapat disajikan secara real-time melalui perangkat.
  3. Variasi
    Banyaknya data yang masuk dan terakumulasi di dalam sebuha big data, tentunya memiliki variasi-variasi tertentu dan unik. Data yang sangat bervariasi tersebut dapat berupa dokumen, foto, video, email, database,dan masih banyak variasi data lainnya yang terdapat dalam sebuah big data.

Baca artikel menarik lainnya : Penerapan Machine Learning pada Periklanan Digital


Gambar : Manfaat Big data

Big data sebagai sekumpulan data, selain memiliki karakteristik seperti diatas, ternyata juga memiliki manfaat yang besar bagi perkembangan bisnis terutama bisanis yang sedang ada saat dan yang akan datang. Dengan adanya kumpulan data yang sebanyak dan bervariasi tersebut, big data berpotensi menjadi sebuah pembuka wawasan untuk bisnis yang tentunya akan bermanfaat. Manfaat penggunaan Big data untuk bisnis meliputi beberapa hal dibawah ini :

Mengenal pelanggan dengan lebih baik

Dengan menerapkan big data, artinya kita mengumpulkan seluruh informasi dari pelanggan yang menggunakan jasa atau bisnis kita. Kumpulan informasi tersebut dapat kita jadikan sebagai acuan untuk kita memahami konsumen, sehingga kita bisa lebih baik lagi dalam menyediakan produk sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka.

Dari data yang terkumpul di big data kita bisa melihat fakta di lapangan seperti apa, bagaimana kecenderungan dari konsumen kita, serta perilaku dan aktivitas mereka seperti apa. Sebuah fakta nyata dan bukan hanya sebuah asumsi yang kita buat berdasarkan perkiraan semata. Karena terkadang dari hasil pengamatan ataupun sebuah quesioner yang dibagikan tidak dijawab dengan benar 100%. Namun dengan big data kita akan mendapatkan data yang lebih valid dari perilaku dan aktivitas konsumen kita. Tentunya dengan mengguankan big data, proses yang dilakukan dapat lebih cepat.

Membangun strategi marketing yang lebih efektif

Dengan seluruh data pelanggan atau konsumen yang kita miliki saat ini tentunya tidak akan sulit untuk membangun sebuah strategi marketing yang efektif dan dapat menjangkau setiap konsumen sesuai dengan market kita. Menggunakan strategi marketing yang tepat akan menghidarkan kita dari adanya penyusutan pangsa pasar yang diakibatkan oleh hubungan yang belum terbangun secara sempurna dengan konsumen kita. 

Terbangunnya hubungan dan kepercayaan konsumen pada bisnis yang kita jalankan juga akan memperngaruhi faktor penyebab risiko yang akan mulai berkurang seiring dengan penerapan strategi yang tepat tersebut. Strategi yang efektif, selain meningkatkan kepercayaan konsumen juga akan meningkatkan pendapatan pada bisnisn yang kita jalankan.

Meningkatkan pengalaman belanja konsumen

Banyaknya data yang tertampung dalam big data, tentunya dapat kita gunakan untuk meningkatkan pengalaman berbelanja dari konsumen kita. Kita dapat menciptakan produk dan layanan dengan melihat dari kebutuhan dan kepuasan pelanggan melalui data-data yang masuk kedalam big data.

Ketika seorang konsumen mengunjungi website kita, bukan berarti mereka hanya akan langsung berbelanja, namu juga mencari-cari insight produk lain yang kria-kira mereka butuhkan. Denagn memiliki data konsumen tersebut, kita sebagai pemilik bisnis dapat memberikan rekomendasi produk yang sesuai dengan yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen melalui riwayat pencariannya. Selain itu, kita juga bisa melakukan analisa data konsumen dari awal mereka mengunjungi website kita hingga keluar dari website.

Meningkatkan inovasi e-commerce

Sebuah inovasi merupakan sebuah keharusan yang perlu dilakukan oleh pelaku bisnis. Inovasi yang dilakukan tentu saja untuk membuat bisnis tetap berjalan dengan fleksibel mengikuti perubahan trend yang ada. Dengan melakukan analisis data dalam big data, pelaku bisnis dapat melihat kecenderungan konsumennnya. Sehingga pelaku bisnis dapat memanfaatkan kecenderungan ini untuk membuat sebuah inovasi baru yang lebih tepat sasaran. 

Kita dapat mengambil contoh untuk inovasi baru dalam dunia bisnis yang bisa bersifat mengikat dan membuat para pelanggan tetap loyal dengan produk kita adalah adanya inovasi dalam pemberian bonus. Pemberian bonus disini dapat berupa cashback, flash sale, hingga kuis atau game menarik yang dilakukan secara rutin oleh pelaku bisnis dalam aplikasi dengan hadiah yang beragam. Menggunakan inovasi ini juga dapat meramalkan kondisi pasar kedepannya dan yang terpenting adalah menjaga konsumen agar tetap loyal terhadap produk kita.

Gambar : Berbisnis dengan big data

Penerapan Big Data pada bisnis 

Sesudah kita mengetahui tentang big data dan manfaatnya untuk bisnis, yang tentunya sangat menguntungkan pelaku bisnis sehingga dapat lebih mengembangkan bisnisnya dan melayani konsumennya dengan lebih baik lagi melalui data-data yang ada di dalam big data perusahaan tersebut.

Penerapan dari manfaaat penggunaan big data tentunya berbeda-beda dari satu bisnis denagnbisnis lainnya. Solusi yang diterapkan berbeda-beda bahkan jika dilihat dari jenis bisnis, konsumen dan daerah bisnis tersebut.  Namun yang pasti adalah manfaat dari penggunaan big data ini sangat bisa dirasakan oleh pelaku bisnis yang dengan jumlah konsumen yang besar.

Mengambil contoh dari salah satu starup transportasi online, Gojek. Gojek merupakan salah satu startup yang berhasil memanfaatkan big data untuk peningkatan pelayanan dan inovasi terhadap pelayanannya. Dari data yang didapatkah Gojek dari konsumennya melalaui big data, Gojek dapat menegetahui aktivitas maupun kecenderungan yang dilakukan oleh pelanggannya, sehingga ia bisa dengan tepat memberikan rekomendasi maupun bonus yang tepat untuk pelanggannya seperti gratis ongkir maupun voucher potonagn harga untuk produk-produknya.

Jika kita perhatikan lebih teliti, pemberian bonus atau potongan harga, voucher dan rekomendasi dari aplikasi Gojek akan muncul setelah kita melakukan sebuah transaksi. Biasanya rekomendasi yang akan diberikan masih berhubungan dengan riwayat transaksi atau penjelajahan kita. Hal itu merupakan salah satu inovasi pelayanan sekaligus pemanfaatan dari adanya big data yang mereka miliki.

Adanya big data ini tentu saja menjadi sebuah angin segar bagi pelaku bisnis, dimana bisa menjalankan sebuah bisnis dengan lebih efektif dan efisien menggunakan kumpulan data pelanggan yang dimilikinya. Sehingga pelaku bisnis dapat dengan mudah untuk menigkatkan pelayanan maupun produknya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelangannya. Hal ini juga tidak menutup kemungkinan big data bisa menjadi sebuah acuan untuk membuka bisnis yang lebih mudah dan efektif untuk menarik dan menajga loyalitas pelanggannya.

 

 


Sumber : 

https://www.soltius.co.id/blog/big-data-dan-manfaatnya

http://www.wantiknas.go.id/2017/02/24/manfaat-big-data-dalam-industri-it/

https://geotimes.co.id/opini/big-data-dan-manfaatnya-bagi-e-commerce/

https://id.techinasia.com/data-science-gojek-untuk-bisnis

Dapatkan akses GRATIS untuk kelas animasi, desain, coding, machine learning dan sebagainya hanya untuk HARI INI!

big data cloud computing industri 4.0
Febriani Sari

Febriani Sari

Jumat, 27 September 2019