BERITA TIPS MAGANG & KARIER Kenapa Ya Siswa SMK dan Mahasiswa Perlu PKL? Yuk Kenali Manfaat PKL!

Kenapa Ya Siswa SMK dan Mahasiswa Perlu PKL? Yuk Kenali Manfaat PKL!

Oleh Ayu Larasati | Jumat, 4 Maret 2022

Kenapa Ya Siswa SMK dan Mahasiswa Perlu PKL? Yuk Kenali Manfaat PKL!

Seperti yang kita tahu, PKL merupakan kegiatan yang wajib diikuti siswa SMK atau mahasiswa sebagai salah satu syarat kelulusan. Lalu, apa saja manfaat PKL?

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Kamu siswa SMK atau mahasiswa? Tentunya sering mendengar PKL (Praktik Kerja Lapangan) atau magang. Sebagai siswa SMK atau mahasiswa, kamu juga harus menjalani PKL sebagai salah satu syarat kelulusan.

Kegiatan yang satu ini berguna untuk mengenalkan dunia kerja dan dunia industri untuk siswa SMK dan mahasiswa. Selain itu, apa saja sih manfaat PKL? Yuk simak baik-baik.

Mengenal PKL/Magang

Sebelum kita membahas mengenai manfaat PKL, mari kita tengok sebentar apa itu pengertian dari PKL. Istilah PKL atau magang umumnya dipakai di kalangan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan perguruan tinggi.

PKL adalah kegiatan pendidikan yang berisi pembelajaran dan pelatihan untuk siswa dan mahasiswa yang dilakukan di dunia industri atau dunia usaha. Kegiatan ini wajib diikuti oleh siswa SMK dan mahasiswa agar dapat lulus.

Selama kurun waktu tertentu, siswa dan mahasiswa akan menjalani aktivitas di tempat PKL layaknya karyawan atau pekerja. Dengan kata lain, siswa akan belajar mengenai dunia kerja atau dunia industri. Harapannya, mereka dapat menerapkan apa yang sudah dipelajari mereka di dunia kerja.

Tujuan penyelenggaraan PKL atau magang sendiri memiliki dasar kuat dalam Permendikbud 50 tahun 2020. Yakni untuk: 1) menumbuhkan dan mengembangkan karakter dan budaya kerja yang profesional pada peserta didik, 2) meningkatkan kompetensi peserta didik sesuai kurikulum dan kebutuhan dunia kerja, dan 3) menyiapkan kemandirian peserta didik untuk bekerja dan atau berwirausaha.

Manfaat PKL

Lalu, mengapa siswa SMK dan mahasiswa harus mengikuti PKL? Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari kegiatan PKL.

Menerapkan Materi yang Didapat

Pada dasarnya, PKL menjadi tempat bagi siswa dan mahasiswa untuk menerapkan materi yang mereka dapatkan selama belajar di sekolah dan kampus. Bisa dibilang, melalui PKL inilah siswa dan mahasiswa ditempa agar dapat menerapkan teori yang mereka dapatkan dan agar menjadi SDM yang siap kerja.

Membentuk Pola Pikir Konstruktif

PKL juga dapat membuat siswa dan mahasiswa memiliki pola konstruktif. Pasalnya, selama PKL, pola pikir mereka akan semakin berkembang dengan baik dan sesuai dengan kondisi kerja yang nyata.

Pola pikir ini sangat berguna buat kamu yang nantinya lulus dari SMK atau perguruan tinggi. Terlebih, untuk siswa SMK yang tujuan utamanya langsung bekerja di dunia industri. Selain itu, pola pikir ini juga akan membantu untuk mengenalkan kamu pada berbagai peluang yang nantinya bisa kamu temui di masa depan.

Melatih Interaksi dan Komunikasi

Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari PKL adalah kamu bisa meningkatkan skill komunikasimu. Pasalnya, kamu akan berkomunikasi dan berinteraksi dengan banyak orang.

Misalnya, sebagai seorang lulusan sekolah atau kampus dengan jurusan Multimedia, kamu tidak hanya mendapatkan ilmu mengenai teknologi multimedia dan konten multimedia. Sebab, kamu juga masih harus berinteraksi orang lain dalam berkoordinasi dan bekerja sama di tempat kerja.

Meningkatkan Etos Kerja Siswa dan Mahasiswa

Selama bersekolah dan berkuliah, tentunya kamu dibekali berupa ilmu, keterampilan, dan keahlian tertentu sebagai dasar. Nah, di saat PKL, kamu akan belajar menerapkan ilmu tersebut di dunia kerja.

Contohnya, kamu bisa menerapkan penggunaan teknologi dan informasi secara langsung di dalam pekerjaan sesuai dengan teori yang sudah kamu dapatkan. Dengan adanya PKL, kamu bisa membentuk dan meningkatkan etos kerja karena semakin terlatih dan terbiasa.

Menyiapkan SDM Berkualitas

Melalui PKL atau magang, siswa dan mahasiswa bisa menerapkan seluruh ilmu yang didapat dari sekolah. Mulai dari bagaimana menggunakan peralatan di tempat kerja, menjalankan kegiatan operasional, hingga menulis laporan PKL.

Melalui berbagai proses tersebut, kamu akan terbentuk menjadi SDM yang berkualitas. Pasalnya, kamu mempunyai ilmu yang mumpuni dan dapat menerapkannya secara cekatan. Di kegiatan PKL juga kamu bisa menerapkan dan meningkatkan keterampilan yang kamu miliki.

Baca Juga : Ekplorasi Game VR dan Animasi, SMK PGRI 1 Ponorogo Kunjungan ke Gamelab Indonesia

Penutup

Itu dia manfaat dari PKL atau magang yang perlu kamu tahu. Kamu siswa SMK atau mahasiswa sedang mencari tempat PKL yang tepat?

Mencari tempat PKL sekarang lebih mudah dengan adanya Gamelab! Kamu bisa PKL secara online dari mana saja. Gamelab Indonesia menyediakan magang/PKL jarak jauh dengan pelatihan yang inovatif. Bahkan, kamu bisa memilih durasi dan akademi sesuai dengan passion-mu lho!

Tertarik untuk PKL/magang di Gamelab? Daftar di sini yuk!

 

 


Referensi:

https://www.merdeka.com/jabar/manfaat-pkl-dan-tujuannya-bagi-siswa-untuk-mengasah-dan-menambah-keterampilan-kln.html 

https://www.ruangpns.com/manfaat-praktek-kerja-lapangan/ 

https://www.gamelab.id/news/119-magang-internship-atau-praktek-kerja-lapangan-pkl 

https://www.jogloabang.com/pendidikan/permendikbud-50-2020-praktik-kerja-lapangan-peserta-didik 

 


Ayu Larasati

Ayu Larasati

Jumat, 4 Maret 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI