BERITA MAGANG Magang (Internship) atau Praktek Kerja Lapangan (PKL)

Magang (Internship) atau Praktek Kerja Lapangan (PKL)

Magang (Internship) atau Praktek Kerja Lapangan (PKL)

Kegiatan Magang atau Praktek Kerja Lapangan menjadi salah satu syarat kelulusan baik untuk mahasiswa maupun siswa SMK. Sebagai salah satu kegiatan yang penting tentunya kalian harus mempersiapkannya dengan baik. Ada hal-hal yang perlu kalian perhatikan un

Dapatkan akses GRATIS untuk kelas animasi, desain, coding, machine learning dan sebagainya hanya untuk HARI INI!

Bagi siswa SMK maupun Mahasiswa kegiatan PKL atau magang tentunya menjadi sebuah kegiatan yang penting. Kegiatan Magang atau Praktek Kerja Lapangan menjadi salah satu syarat kelulusan baik untuk mahasiswa maupun siswa SMK. Tidak main-main, kegiatan magang atau PKL dijadikan sebagai tolak ukur apakah skill ataupun ilmu yang didapat selama menempuh pendidikan di SMK maupun perkuliahan sudah berjalan dengan baik. Tidak hanya skill namun juga etika maupun ettitude dalam bekerja dan bersosialisasi jug adiperhitungkan dalamkegiatan ini.

Sebagai salah satu kegiatan yang penting tentunya kalian harus mempersiapkannya dengan baik. Ada beberapa hal yang perlu kalian persiapkan sebelum mengikuti magang atau PKL.  Tim Game Lab Indonesia akan membantu kalian membuat list, apa saja yang perlu kalian persiapkan sebelum melakukan magang atau PKL.

Gambar : Tujuan dari magang

Tentukan tujuan magang / prakerinmu

Sebelum jauh masuk, hal pertama yang perlu kamu persiapkan adalah tujuan kalian mengikuti magang atau PKL. Tujuan ini bisa berbeda antara siswa 1 denagn siswa lainnya atau mahasiswa 1 dengan mahasiswa lainnya. Semua tujuan yang kalian buat akan berdampak pada hasil magang atau PKL yang akan kalian ikuti. Hal tersebut bisa menjadi sebuah hal yang penting karena menyangkut motivasimu dalam mengikuti magang atau PKL ini.

Misalnya saja jika tujuanmu adalah hanya untuk mendapatkan nilai berapapun itu, maka hasil dari magang tersebut tidak akan maksimal. Meskipun tidak salah jika tujuan kalian mengikuti magang adalah untuk mendapatkan nilai. Namun motivasi kalian tidak akan sebanyak mereka yang memiliki tujuan ingin mengembangkan skill dan benar-benar ingin mengetahui dunia kerja profesional yang sesungguhnya. Meraka yang memiliki tujuan seperti itu biasanya akan lebih bersungguh-sungguh dan maksimal dalam menjalankan magang atau PKL. 

Untuk itu pikirkanlah lagi tujuanmu mengiuti magang atau PKL. Apakah untuk nilai saja atau memang ada maksud lain seperti peningkatan skill dan ingin menambah wawasan serta kenalan di dunia industri? Coba pikirkan lagi tujuan-tujuan itu.

Tujuan kegiatan magang

Survei tempat Magang atau PKL mu

Yang kedua, setelah kalian menentukan menentukan tujuan kalian mengikuti magang tersebut adalah melakukan survei tempat magang. Survei bisa kalian lakukan dengan mencari di Internet atau kalian juga bisa melakukan survei langung dengan bertanya pada customer service perusahaan (apabila ada), namun jika itu cukup banyak menguras energi bisa dilakukan secara online.

Survei yang dilakukan bisa mencakup bidang industri yang dilakukan, lokasi perusahaan, produk perusahaan atau portofolio, hingga kredibilitas perusahaan dengan cara cek pada sosial media yang dimiliki oleh perusahaan. Kumpulkan semua informasi, maka kalian akan mendapatkan perusahaan yang memang cocok dan sesuai dengan yang kalian inginkan.

Pastikan perusahaan yang akan kalian jadikan tempat untuk magang adalah perusahaan yang sesuai dengan kompetensi kalian. Banyak kasus magang diluar sana yang magang hanya untuk sekedar mendapatkan nilai sehingga pemilihan tempat magang tidak menjadi masalah yang pada akhirnya mereka harus melakukan magang yang tidak sesuai dengan kompetensinya, bahkan sangat jauh dari kompetensinya.

Minta pendapat guru atau dosbing

Kalian sudah melakukan survei tempat magang yang kalian inginkan dan sudah sesuai dengan kompetensi kalian, namun masih ragu-ragu untuk mendaftarkan magang di perusahaan tersebut karena beberapa alasan, seperti lokasinya yang jauh sehingga tidak mendapatkan izin dari orang tua, masalah biaya hidup, hingga jadwal magang yang tidak sama dengan lowongan magang di perusahaan tersebut. Jangan terburu-buru mengambil keputusan, semua masih bisa dipikirkan untuk jalan keluarnya.

Jika kamu masih merasa bimbang atau ragu dan juga bingung menetukan pilahan tempat magangmu, cobalah untuk bertanya pada guru atau dosen pembimbingmu. Tidak perlu sungkan utnuk bertanya akan hal tersebut, biasanya guru atau dosen pembimbing akan membantu dan memberikan saran yang baik untuk pilihan tempat magangmu.

Selain guru atau dosen pembimbng kamu jug abisa bertanya kepda kakak kelasmu, dimaan mereka magang dulunya, bagaimana cara mendaftar magang disana, seperti apa cara kerja di perusahaan tersebut. Kalian bisa tanyakan hal tersebut pada kakak kelas kalian, biasanya kakak kelas akan memberi bocoran tentang hal tersebut jika kalian tanyakan baik-baik.

Gambar : Siapkan berkas dan portofolio

Persiapkan dokumen dan alasanmu ikutan magang atau prakerin

Langkah yang selanjutnya setelah kalian bertanya kepada guru atau dosen pembimbing dan sudah memutuskan untukmagang disebuah perusahaan adalah menyiapkan berkas-berkas dan dokumen yang diperluakn utnuk pendaftaran magang. Sebelum menyiapkan berkas-berkas tersebut pastikan kalian sudah memahami alur pendaftaran dan berkas yang diminta dari perusahaan tersebut. Jangan sampai ada yang terlewatkan karena akan menghambat kamu nanti.

Persiapkan berkas-berkas dan dokumen yang diminat dari perusahaan tempatmu magang nanti, kalian juga bisa menambahkan portofolio di berkas yang akan kalian kumpulkan kepada perusahaan. Portofolio akan menjadi nilai plus bagi kalian jika portofolio kalian memang kredibel. Bagi sebagian perusahaan terutama di kota-kota besar biasanya akan meminta untuk mengirimkan portofolio sebagai bahan pertibangan dan penilaian perusahaan tersebut. Karena perusahaan juga ingin mendapatkan anak magang yang sesuai dengan kriteria dan standar di perusahaan tersebut.

Selainmeminta portofolio, sebagian perusahaan juga akan melakuakn test maupun interview meski hanya untuk pendaftaran magang. Sekali lagi hal tersebut untuk memastikan bahwa peserta magang yang ada di perusahaannya memang sudah sesaui dengan standar dan kriteria perusahaan tersebut. Namun kalian tidak perlu khawatir dengan hal tersebut, jika kalian memang sudah mengasah skill dan kemampuan kalian baik itu cara bisa maupun tingkah laku, pasti kalian akan mudah untuk mendapatkan tempat magang yang kalian inginkan.

Namun perlu diingat untuk kebutuhan portofolio, test maupun interview tidak terjadi pada semua perusahaan, namun hanya pada perusahaan-perusahaan tertentu yang memang menghendakinya.

Gambar : Magang untuk menambah skill

Siapkan mental dan skillmu

(sebelum magang perlu menyiapkan bekal skill yang telah kamu pelajari selama belajar di sekolah maupun kampus)

Setelah semua berkas, portofolio dan test maupun wawancara sudah kalian lakukan, maka saatnya menyiapkan mental kalian untuk terjun langsung ke lapangan. Tetap asah skill kalian sebelum memasuki masa magang, pasatikan kamu mendaftar magang jauh-jauh hari agar tidak terburu-buru dan bisa lebih lama mempersiapkan dirimu.

Pastikan kamu mencermati setiap brief yang di berikan dari perusahaan tempatmu magang. Biasanya perusahaan akan menilaimu dari hal-hal kecil termasuk saat kalain menjalankan brief yang sudah perusahaan berikan. Perhatikan hal-hal kecil termasuk tingkah laku dan perbuatan kalian selama kalian magang di perusahaan tersebut karena itu juga akan masuk dalam penilaian perusahaan, apakah kamu termasuk calon pegawai yang kompatibel dengan perusahaan atau tidak.

Nah cukup sekian dulu untuk tips yang harus kalian lakukan sebelum kalian ikut magang atau PKL. Semoga artikel ini berguna bagi kalian semua dan bagi kalian yang sedang mencari tempat magang semog amendapatkan tempat magang yang sesuai dengan keinginan kalian. Jika kalian masih ragu atau bingung mencari tempat magang yang sesuai dengan yang kalian inginkan, tidak terkendala lokasi maupun waktu, cob adaftar magang di Game Lab Indonesia. Magang Online di Game Lab Indonesia sangat fleksibel dan tidak terkendala jarak, yang haru skalian lakukan hanya registrasi dan login di www.gamelab.id.


Sumber :

  • https://www.idntimes.com/life/education/yesaya-galatia-m/tips-ikut-magang-praktik-kerja-lapangan-c1c2/full

 

Dapatkan akses GRATIS untuk kelas animasi, desain, coding, machine learning dan sebagainya hanya untuk HARI INI!

magang smk mahasiswa
Febriani Sari

Febriani Sari

Senin, 23 September 2019