BERITA BISNIS & ADMINISTRASI 5 Alasan Pentingnya Belajar Digital Marketing!

5 Alasan Pentingnya Belajar Digital Marketing!

Oleh Meisilia Febrianti Maliasa | Jumat, 9 September 2022

5 Alasan Pentingnya Belajar Digital Marketing!

Bagi kamu yang ingin belajar Digital Marketing, yuk! simak dulu 5 alasan pentingnya belajar Digital Marketing dalam artikel ini.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Di era digital seperti sekarang, tren dunia bisnis terus beralih ke arah digitalisasi. Hampir semua aktivitas bisnis melibatkan faktor digital, mulai dari pemasaran, publikasi, sistem kerja, dan banyak lagi.

Digital marketing menjadi strategi pemasaran yang menjadi andalan banyak perusahaan. Dengan digital marketing, perusahaan bisa memasarkan ke orang yang tepat dan di waktu yang tepat. Yuk simak artikel ini sampai selesai untuk tahu lebih banyak tentang Digital Marketing.

Apa Itu Digital Marketing?

Menurut Ridwan Sanjaya dan Josua Tarigan (2004), Digital Marketing adalah kegiatan pemasaran, termasuk branding, yang menggunakan beberapa media berbasis web, misal email, adword, media sosial, dan blog.

Digital Marketing merupakan kunci sukses dalam memasarkan sebuah brand di dunia digital. Terlebih dengan adanya pandemi Covid-19, mau tidak mau perusahaan harus mulai memaksimalkan penerapan digital marketing di strategi pemasaran mereka.  

Saat ini banyak sekali perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan untuk posisi Digital Marketing. Tetapi, perusahaan tentu tidak akan sembarangan memilih orang untuk menempati posisi ini.

Oleh karena itu, mempelajari digital marketing sangatlah penting.

5 Alasan Pentingnya Belajar Digital Marketing

photo by pixabay

1.  Pengguna Internet Mobile yang Terus Meningkat

Internet telah masuk ke daftar kebutuhan pokok generasi sekarang. Smartphone atau mobile phone semakin mudah didapatkan. Menurut DataReportal, per Januari 2022, jumlah pengguna internet Indonesia mencapai 204,7 juta orang. Adapun, tingkat penetrasi internet di Indonesia mencapai 73,7 persen dari total populasi.

Dengan mengintegrasikan pemasaran secara keseluruhan maka pemasaran digital bisa menjangkau target konsumen di seluruh platform online, melalui situs web, email, media sosial, dan aplikasi. 

2.  Belajar Digital Marketing untuk Masa Depan

Tidak ada kata terlambat untuk belajar Digital Marketing. Digital Marketing merupakan salah satu spesialisasi yang sangat dicari oleh banyak perusahaan saat ini. Jika kamu menguasai Digital Marketing, maka peluangmu mendapatkan pekerjaan akan lebih besar.

Banyak penawaran untuk posisi digital marketer, internet marketer, online marketing specialist, SEO expert, content production, digital marketing consultant, dan sebagainya. Artinya, prospek Digital Marketing sangat bagus untuk masa depan.

3.  Metode Pemasaran Digital Lebih Efektif

Metode pemasaran secara digital jauh lebih efektif daripada pemasaran secara konvensional. Misalnya, saat ini sudah banyak media massa cetak yang beralih ke media online. Media massa tidak perlu lagi mencetak berita, sehingga bisa menghemat biaya percetakan. Selain itu, media digital juga mudah untuk disebarluaskan. 

Dengan perkembangan digital juga, saat kamu ingin beriklan, kamu bisa menentukan target audiens yang lebih spesifik. Mulai dari usia, jenis kelamin hingga demografinya. 

4. Bersaing dengan Kompetitor

Setiap pebisinis pasti ingin lebih unggul dibandingkan dengan kompetitornya. Saat ini hampir semua pelaku usaha bisnis beralih menggunakan digital marketing untuk mempromosikan produk atau brand mereka, mulai dari pelaku usaha kecil sampai dengan pelaku usaha besar. Dengan menggunakan Digital Marketing mereka akan mampu menjangkau target pasar dengan baik. 

Digital marketing sangat berperan dalam pembentukan personal branding dan identitas bisnis di dunia digital. Strategi Digital Marketing yang tepat mampu mengantarkan bisnis ke reputasi bisnis yang valuable, memiliki kualitas, dan dipercaya oleh konsumen.

5.  Belajar Digital Marketing Itu Mudah

Saat ini sudah banyak situs-situs yang membuat artikel tentang pembelajaran Digital Marketing. Kamu juga bisa mempelajari via e-book yang berformat PDF, sehingga kamu bisa mempelajarinya kapan saja dan di mana saja dengan mudah. 

Selain itu, kamu juga bisa belajar Digital Marketing via online course. Belajar melalui online course akan membantumu belajar dengan lebih efektif. Online course merupakan pilihan yang tepat bagi siapa pun yang ingin belajar mengenai Digital Marketing, baik pemula maupun yang sudah berpengalaman.

Gamelab memiliki beberapa kelas yang berkaitan dengan Digital Marketing. Jadi, jika kamu ingin belajar Digital Marketing untuk membangun bisnis online, kamu bisa mengambil kelas Business, Marketing, dan Management di Gamelab.id.

Selain itu, bagi kamu siswa SMK atau mahasiswa yang ingin mempelajari Digital Marketing, kamu juga bisa mengikuti magang secara online di Gamelab.id.

Baca Juga : Membedah 10 Skill Digital Marketing yang dibutuhkan di Tahun 2024!

Penutup

Jadi, itulah beberapa alasan pentingnya belajar Digital Marketing. Dengan belajar Digital Marketing, kamu punya peluang lebih besar untuk berkarir di bidang ini.  Ada banyak sekali profesi yang berhubungan dengan Digital Marketing, mulai dari bidang SEO, Social Media, Iklan, Email, Website, dan banyak lagi.

Artikel ini merupakan tulisan dari peserta magang di Gamelab Indonesia. Isi dari artikel ini tidak mewakili pandangan tim Gamelab.


Meisilia Febrianti Maliasa

Meisilia Febrianti Maliasa

Jumat, 9 September 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI