BERITA PRESS RELEASE Kerja Sama Gamelab Indonesia dan SMK Sultan Trenggono dalam Uji Kompetensi Keahlian (UKK)

Kerja Sama Gamelab Indonesia dan SMK Sultan Trenggono dalam Uji Kompetensi Keahlian (UKK)

Kerja Sama Gamelab Indonesia dan SMK Sultan Trenggono dalam Uji Kompetensi Keahlian (UKK)

SMK Sultan Trenggono bekerja sama dengan Gamelab Indonesia dalam rangka menguji kompetensi siswa melalui Uji Kompetensi Keahlian (UKK). Yuk simak keseruannya!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Uji Kompetensi Keahlian (UKK) telah dilaksanakan di SMK Sultan Trenggono pada 11-13 April 2022. Dengan menghadirkan expert industri dari Gamelab Indonesia sebagai penguji eksternal, kegiatan ini berjalan dengan lancar. Bagaimana proses pelaksanaan UKK di SMK Sultan Trenggono? Simak yuk artikelnya sampai habis!

Mengenal Uji Kompetensi Keahlian (UKK)

Uji Kompetensi Keahlian (UKK) merupakan cara penjaminan mutu pendidikan dan kompetensi yang biasanya dilaksanakan di satuan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Kegiatan ini berbentuk ujian praktik kejuruan wajib yang bermanfaat untuk mengukur kemampuan dan kompetensi siswa selama menempuh pendidikan.

Tentu, ujian ini dilaksanakan sesuai dengan bidang yang sesuai dengan para siswa tempuh di pendidikan kejuruan. Selain itu, UKK dapat diselenggarakan oleh setiap SMK sesuai dengan peraturan Undang-Undang.

Materi uji yang diberikan pada kegiatan ini biasanya menggunakan standar yang sudah ditetapkan oleh industri atau LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi). Pihak sekolah bisa bekerja sama dengan LSP atau dengan pihak Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI) untuk melaksanakan UKK.

Pelaksanaan UKK di SMK Sultan Trenggono

Kegiatan UKK diikuti oleh para siswa kelas 12 SMK Sultan Trenggono jurusan RPL. Ujian ini sejauh ini berjalan lancar dan seluruh siswa peserta dapat mengikutinya dengan baik.

Uji Kompetensi Keahlian (UKK) yang dilaksanakan adalah UKK Mandiri dari pihak sekolah.  Itu berarti soal dan praktik disediakan dari pihak sekolah, dan Gamelab berperan sebagai penguji eksternal yang turut serta memberikan penilaian terhadap performa siswa di dalam proses pelaksanaan UKK.

Dengan adanya dua pihak penguji, yakni penguji internal dari sekolah, dan penguji eksternal dari industri (Gamelab Indonesia), maka performa siswa dinilai sesuai standar industri. Sehingga, siswa dapat mendapatkan sertifikat capaian kompetensi yang diakui nasional.

Baca Juga : Kerja Sama Gamelab Indonesia dan SMKS NU 05 Kaliwungu Selatan dalam Uji Kompetensi Keahlian (UKK)

Uji Kompetensi Keahlian (UKK) bersama Gamelab

Sekolah yang menyelenggarakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) bersama Gamelab akan mendapatkan keuntungan dan manfaat sebagai berikut:

  • Mengukur pencapaian kompetensi siswa SMK yang telah menyelesaikan proses pembelajaran sesuai kompetensi keahlian yang ditempuh
  • Memfasilitasi siswa SMK yang akan menyelesaikan pendidikannya untuk mendapatkan sertifikat yang telah terverifikasi secara Nasional
  • Mengoptimalkan pelaksanaan sertifikasi kompetensi yang berorientasi pada capaian kompetensi lulusan SMK sesuai Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia
  • Memfasilitasi kerja sama SMK dengan dunia usaha, dunia industri, dan dunia kerja (DUDIKA) dalam rangka pelaksanaan Uji Kompetensi sesuai kebutuhan DUDIKA
  • Materi UKK disusun berdasarkan skema sertifikasi sesuai dengan jenjang kualifikasi peserta uji/asesi yang memuat kemampuan melaksanakan pekerjaan spesifik, operasional, dan/atau penjaminan mutu
  • Ujian dilaksanakan berbasis komputer melalui LMS Gamelab Indonesia dan sertikat kompetensi didapatkan dalam bentuk digital

Tertarik untuk melaksanakan UKK bersama Gamelab seperti SMK Sultan Trenggono? Klik di sini untuk informasi lebih lanjut ya!


Ayu Larasati

Ayu Larasati

Selasa, 12 April 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI