BERITA SMK Apa Itu Jurusan RPL dan Apa Saja Keunggulan Jurusan RPL?

Apa Itu Jurusan RPL dan Apa Saja Keunggulan Jurusan RPL?


#RPL #SMK #vokasi
Apa Itu Jurusan RPL dan Apa Saja Keunggulan Jurusan RPL?

Pada era digital ini, jurusan RPL bisa menjadi salah satu pilihan cerdas bagi mereka yang ingin terus maju mengikuti perkembangan zaman. Apa itu jurusan RPL dan apa saja keunggulannya? Kita akan bahas pada artikel kali ini.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY harga lebih murah, bisa belajar kapan saja dan di mana saja. Kelas ditulis oleh professional dari industri berkolaborasi dengan praktisi pendidikan. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dikenal memiliki banyak program studi yang bermanfaat untuk mengasah skill dan kemampuan siswa dari segi praktek kerja. Oleh sebab itu, banyak orang memilih masuk SMK karena mereka ingin bisa langsung bekerja setelah lulus. Pada era digital ini, jurusan RPL bisa menjadi salah satu pilihan cerdas bagi mereka yang ingin terus maju mengikuti perkembangan zaman. Apa itu jurusan RPL dan apa saja keunggulannya? Kita akan bahas pada artikel kali ini.

Apa Itu Jurusan RPL?

RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) merupakan salah satu jurusan yang ada di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). RPL mempelajari dan mendalami semua cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembangan perangkat lunak, dan manajemen kualitas. Bukan hanya itu, RPL juga berkaitan dengan software komputer mulai dari pembuatan website, aplikasi, game dan semua yang berkaitan dengan pemrograman dengan menguasai bahasa pemrograman tertentu.  Intinya RPL tidak akan jauh-jauh dari tiga hal yaitu Coding, Desain dan Algoritma yang akan menjadi kunci keberhasilan rekayasa perangkat lunak tersebut. 

Mengenal Mata Pelajaran RPL

Untuk meningkatkan kompetensi siswa, tentunya harus didukung dengan mata pelajaran yang sesuai dengan jurusan yang diambil. Berikut beberapa mata pelajaran pada jurusan RPL :

1. Web Dinamis

Mata pelajaran ini mempelajari cara pembuatan sebuah website. Di sini akan dipelajari teknik membuat website melalui berbagai aplikasi dan juga belajar mengenai bahasa pemrograman.

2. Pemrograman Berorientasi Objek

Mata pelajaran ini sering disingkat PBO. Mata pelajaran PBO membahas mengenai penulisan coding atau paradigma yang berorientasi pada objek serta berbagai konsep seperti objek, enkapsulasi, abstraksi, dan konsep-konsep lain.

3. Pemrograman Desktop

Pemrograman desktop adalah pemrograman dengan cara memanipulasi elemen visual dan dilakukan dengan satu komputer tunggal. Pengoperasian pemrograman ini tidak bergantung pada komputer lain yang ada pada jaringan atau web.

4. Basis Data

Basis data atau database merupakan elemen dasar dari semua pembuatan aplikasi yang berfungsi untuk menyimpan seluruh data yang masuk ke dalam aplikasi tersebut. Pelajaran ini akan membahas mengenai elemen dasar aplikasi tersebut.

5. Pemrograman Dasar

Seperti namanya, pelajaran ini mempelajari mengenai dasar-dasar pemrograman dengan program yang cukup sederhana. 

6. Pemodelan Perangkat Lunak

Mata pelajaran RPL selanjutnya adalah pemodelan perangkat lunak. Mata pelajaran ini akan mempelajari mengenai pembuatan desain aplikasi sebelum mengerjakan aplikasi tersebut.

7. Coding

Coding mempelajari berbagai macam bahasa pemrograman. Bahasa-bahasa pemrograman tersebut antara lain pemrograman bahasa pascal, pemrograman bahasa java, pemrograman bahasa delphi, pemrograman web server, pemrograman bahasa C, pemrograman PHP dan MySQL, dan bahasa-bahasa pemrograman lain.

8. Desain

Mata pelajaran desain ini membahas mengenai teknik desain visual dengan menggunakan berbagai software desain, seperti photoshop, corel draw, atau web design. Selain itu, pada pelajaran ini juga akan belajar ilmu mengenai video editing.

9. Algoritma

Pelajaran algoritma membahas mengenai segala hal yang berkaitan dengan algoritma. Materi-materi dalam pelajaran algoritma diantaranya algoritma dasar, algoritma tingkat lanjut, Microsoft access, gerbang logika, DFD, dan masih banyak lagi.

10. Teknik Elektronika

Pelajaran teknik elektronika membahas mengenai segala hal yang berhubungan dengan teknik elektronika serta cara penerapannya, baik itu secara analog maupun secara digital.

Keunggulan Jurusan RPL

Setiap program studi memiliki keunggulannya tersendiri, begitu juga jurusan RPL. Berikut adalah beberapa keunggulan dari jurusan RPL :

1. Siap Kerja

Keunggulan nomor satu dari mengambil program studi RPL adalah menjadi lulusan yang siap kerja. Sebab selama masa sekolah, siswa tidak hanya diberikan bekal ilmu tetapi juga skill praktek yang menjadikan siswa mumpuni untuk bekerja sebagai programmer pasca lulus sekolah.

Siswa juga bisa memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk diterima bekerja, sebab sudah memiliki skill praktek lapangan dibandingkan pelamar lainnya yang belum berpengalaman.

2. Memahami Seluk Beluk Komputer

Keunggulan kedua dari jurusan RPL yakni siswa sudah memahami seluk-beluk tentang komputer, PC dan software-softwarenya. Sebab di masa sekolah sudah belajar mulai dari cara memasang sebuah PC hingga memahami fungsi setiap komponen komputer. Alhasil jika ingin bekerja ataupun melanjutkan studi, siswa sudah memiliki kemampuan di atas rata-rata rekan yang lain.

3. Memiliki Tugas yang Fleksibel

Jurusan RPL dikenal memiliki tugas-tugas yang bersifat santai, mudah dan fleksibel. Hal ini dikarenakan tugas dari jurusan RPL mayoritas dikerjakan menggunakan laptop dan koneksi internet, sehingga tugas dan belajar bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja.

4. Mudah Melanjutkan Kuliah

Saat ini, lulusan SMK sudah bisa melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Memilih jurusan RPL menjadi langkah terbaik jika ingin meneruskan ke kuliah ilmu komputer atau teknik informatika karena materi pembelajarannya yang bersifat lanjutan.

Peluang Atau Prospek Kerja RPL

Lulusan RPL memiliki peluang kerja yang cukup besar dan beragam. Berikut beberapa peluang atau prospek kerja lulusan RPL yang bisa menjadi referensi :

1. Developer IT

Pekerjaan Developer IT adalah untuk mengembangkan software-software sesuai dengan kebutuhan dan keinginan dari klien yang memintanya. Software-software tersebut misalnya software game atau software untuk bisnis. 

2. Programmer

Programmer adalah orang yang bekerja untuk membuat sebuah program atau software komputer tertentu untuk memudahkan suatu pekerjaan. Programmer merupakan pekerjaan yang pasti dibutuhkan di hampir seluruh perusahaan. 

3. IT Konsultan

Salah satu bidang pekerjaan yang banyak dibutuhkan saat ini adalah IT konsultan. IT konsultan berperan mulai dari proses perancangan hingga evaluasi suatu penerapan IT pada sebuah perusahaan. 

4. System Analyst

System analyst adalah orang yang menganalisa suatu sistem. Hasil analisa sistem ini nantinya akan digunakan oleh seorang programmer. System analyst juga harus bisa membandingkan kelebihan dan kekurangan dari sebuah sistem yang hendak dirancang.

5. Database Engineer

Peluang atau prospek kerja RPL yang saat ini juga terbuka lebar adalah menjadi database engineer. Database Engineer adalah orang yang bertugas untuk membuat desain serta memonitor suatu database yang cukup kompleks. 

6. Web Engineer

Web engineer adalah orang yang bertugas untuk merancang serta membangun sebuah website. Ia juga bertanggung jawab atas layanan dan kemudahan dari website tersebut. 

7. Game Developer

Game developer merupakan bidang pekerjaan yang mengkhususkan orang tersebut untuk merancang dan membuat sebuah software khusus game atau permainan. 

8. Data Communication Engineer

Data communication engineer atau sering juga disebut computer network adalah pekerjaan untuk merancang jaringan komputer hingga perawatan dan pengelolaan jaringan tersebut untuk suatu instansi atau perusahaan.

9. Intelligent System Developer

Software-software yang harus dirancang dan dikembangkan oleh seorang intelligent system developer adalah software-software yang khusus berkaitan dengan intelijen, misalnya image recognizer.

10. Software Tester

Software tester merupakan bidang pekerjaan dimana Kamu akan memiliki peran khusus untuk menguji sebuah software atau perangkat lunak. 

Dari sini dapat kita lihat bahwa meskipun terlihat rumit dan "njlimet", namun jurusan RPL  sebenarnya memiliki keunggulan dan prospek kerja yang sangat bagus, khususnya pada era digital saat ini. 


Maria Margareta Bayu Hadiarsi

Maria Margareta Bayu Hadiarsi

Selasa, 10 November 2020