BERITA PROGRAMMING 7 Manfaat Belajar Coding untuk Anak, Sudah Tahu Belum?

7 Manfaat Belajar Coding untuk Anak, Sudah Tahu Belum?

Oleh Ayu Larasati | Senin, 6 Juni 2022

7 Manfaat Belajar Coding untuk Anak, Sudah Tahu Belum?

Bisakah coding diajarkan pada anak-anak? Ternyata bisa! Lalu, apa saja manfaat belajar coding untuk anak? Yuk simak penjelasan lengkapnya dari Gamelab!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Coding atau kemampuan bahasa pemrograman menjadi salah satu kunci sukses untuk bersaing di era digital. Dengan penggunaan teknologi digital di segala sektor, banyak lapangan pekerjaan yang memerlukan jutaan talenta digital, khususnya di bidang pemrograman.

Untuk itulah anak-anak perlu belajar coding sejak dini sebagai bekal untuk menghadapi era teknologi yang sangat pesat. Lalu, apa saja manfaat belajar coding untuk anak? Berikut ulasan lengkapnya.

Manfaat Belajar Bahasa Pemrograman untuk Anak

Coding memang bukan hal yang mudah untuk dipahami, apalagi jika kita mencobanya untuk pertama kali. Belajar coding tidak hanya mengenai keahlian untuk menguasai bahasa pemrograman. Tetapi, juga untuk mengasah sejumlah keterampilan.

Berikut beberapa manfaat belajar coding untuk anak yang perlu kamu tahu.

Mendorong Perkembangan Kognitif

Ketika belajar coding, misalnya seperti membuat sebuah game sederhana, kemampuan kognitif anak akan berkembang. Aspek kognitif tersebut mencakup kemampuan dalam memecahkan masalah, kemampuan berpikir logis, kemampuan berpikir kritis, dan sistematis bisa terasah.

Mengasah Computational Thinking

Computational thinking atau pemikiran komputasional adalah kemampuan untuk menyampaikan dan mengkomunasikan pikiran secara logis dan terstruktur. Nah, kemampuan ini akan makin terasah jika anak-anak belajar coding sejak dini.

Dengan belajar coding, anak-anak dapat meningkatkan kemampuan dalam memahami konsep algoritma. Jadi, mereka dapat belajar menyelesaikan masalah akan berkembang dengan pesat. Lalu, mereka dapat memecahnya menjadi beberapa langkah nyata yang dapat diaplikasikan.

Meningkatkan Kreativitas

Mempelajari coding dapat meningkatkan kreativitas anak-anak. Apalagi, berbagai proses dan variasi dalam mencari solusi dalam proses coding mendorong anak untuk berpikir out of the box.

Mereka dipacu untuk menggunakan imajinasi dalam mengembangkan sebuah game atau aplikasi. Misal saat belajar untuk memunculkan gambar, atau bahkan bisa membuat sebuah inovasi pengembangan aplikasi. Hal inilah yang dapat memicu kreativitas mereka.

Melatih Kegigihan, Kesabaran, dan Keberanian

Anak-anak juga dapat belajar mengenai kegigihan, kesabaran, dan keberanian untuk mencoba sesuatu yang baru dalam proses pembuatan aplikasi. Dalam setiap pembuatan aplikasi, merupakan sebuah hal yang wajar jika setiap orang melakukan kesalahan.

Nah, dengan kemampuan seperti berpikir sistematis, logis, dan kreatif, anak-anak juga dapat lebih gigih dalam mencoba membuat sesuatu yang baru dan memecahkan masalah yang ada. Kemampuan-kemampuan ini merupakan paket kemampuan soft skills yang dapat anak-anak dapatkan ketika belajar coding.

Tentunya, soft skills ini sangat bermanfaat untuk proses tumbuh kembang anak. Selain itu, juga dapat menjadi bekal yang baik untuk menjalani hidup.

Melatih Skill Komunikasi

Manfaat lain dari belajar coding sejak dini adalah dapat melatih skill komunikasi anak. Proses mengerjakan coding membuat anak akan terbiasa bekerja dalam tim, apalagi jika harus membuat keputusan secara kolaboratif.

Walaupun sepintas terlihat mudah, tidak semua orang bisa melakukan komunikasi dengan tepat dan baik. Maka, skill komunikasi perlu diasah sejak dini.

Nah, dengan belajar coding, skill komunikasi anak akan terasah. Mengingat setiap anak menciptakan karya, dia bisa menjelaskan ide-ide kompleks dengan bahasa yang sederhana. Komunikasi jenis verbal dalam coding bisa diakukan dengan story telling, yakni menceritakan kembali mengenai karya yang sudah dia buat.

Meningkatkan Daya Saing

Kemampuan di bidang coding juga bisa meningkatkan daya saing individu di era teknologi yang sangat kompetitif. Individu yang mempunyai skill coding tentu memiliki nilai yang lebih. Maka dari itu, tidak ada salahnya membekali anak dengan skill coding sejak dini. Dengan begitu, anak-anak kelak memiliki kesempatan kerja yang lebih baik.

Mengajarkan Ketekunan pada Anak

Belajar bahasa pemrograman juga mengajarkan anak untuk tekun dalam mempelajari dan menciptakan sesuatu. Terlebih, belajar coding merupakan sesuatu yang menantang dan rumit.

Ketika melakukan coding, tentu anak akan menemui masalah dan kesalahan yang bisa jadi membuatnya bingung dan frustrasi. Namun, di sisi lain, coding akan membuat anak-anak lebih gigih saat menghadapi tantangan dan masalah tersebut.

Baca Juga : Tips Praktis! Mempelajari Coding untuk Pemula

Penutup

Itu dia manfaat belajar coding untuk anak yang perlu kamu tahu. Dengan sejumlah manfaat tersebut, tentu tak ada keraguan lagi untuk mengajarkan coding untuk anak-anak.

Untuk itulah Gamelab Indonesia hadir dengan program Coding Kids. Program ini menjadi pilihan tepat untuk mengisi liburan siswa SD kelas 4-6 yang ingin belajar coding sejak dini.

Dengan mengikuti program Coding Kids, anak-anak bisa belajar membuat game sendiri dengan cara yang edukatif dan menyenangkan. Selain itu, juga bisa meningkatkan kemampuan memecahkan masalah, menumbuhkan kreativitas, dan mengasah logika. Yuk bergabung dengan program Coding Kids sekarang juga!

 


Referensi:

https://www.orami.co.id/magazine/manfaat-belajar-bahasa-pemrograman 

https://www.kompas.com/edu/read/2021/11/16/111044571/manfaat-belajar-coding-untuk-anak-anak-salah-satunya-berpikir-logis?page=all 


Ayu Larasati

Ayu Larasati

Senin, 6 Juni 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI